Entertaiment

Yang Harus Dihindari di Usia Muda Agar Tak Menyesal Kelak

Narkoba, free sex, minum-minuman keras sudah menjadi hal biasa di kalangan anak muda. Berita sekarang rasanya tak henti-henti memberitakan kenakalan remaja. Padahal usia muda adalah masa di mana seharusnya mempersiapkan diri guna menjalani gerbang kehidupan selanjutnya. Ada beberapa hal yang harus dihindari di usia muda.

Yang harus dihindari di usia muda

Sponsor: perawatan wajah

Sebaliknya, lakukan persiapan-persiapan yang matang seperti kepribadian yang lebih baik, rencana karir, bukan justeru berbuat tidak jelas. Terlebih bila sampai terjebak dalam pergaulan yang buruk.

Sebab apa-apa yang kamu lakukan saat ini, akan berdampak pada masa selanjutnya. Semakin baik, semakin membentuk kedewasaan yang bagus pula. Namun jika kamu melakukan kegiatan tiada guna, kehidupanmu ke depan pun akan memburuk. Lalu apa saja yang wajib kamu hindari?

  1. Tidak Punya Impian

Tidak jarang anak muda mempunyai persepsi ‘biarkan hidup mengalir apa adanya. Padahal sesuatu yang mengalir terkadang tidak baik. Iya kalau mengalirnya ke tempat jernih, bagaimana seandainya mengalir ke kolam keruh? Sudah pasti hidupmu ikut keruh.

Orang yang membiarkan hidupnya dibiarkan mengalir biasanya tidak memiliki impian dalam hidupnya. Karena impian membuat kita terus berusaha, di tengah kesulitan sekalipun. Seperti kompas, impian menjadi arah hidu. Kamu ingin hidup yang seperti apa, karir apa yang harus dipilih, dan langkah-langkah apa saja yang harus dicapai, semua tergantung dengan impian hidupnya.

Tidak ada tujuan, hidup juga tidak jelas, seperti dalam sebuah perjalanan tidak ada tempat yang dituju di jalan pasti lontang-lantung tidak jelas. Itulah mengapa wajib setiap orang mempunyai cita-cita atau impian dalam hidup.

Apalagi anak muda, yang mana mempunyai waktu serta tenaga cukup untuk menggali potensi lebih lagi. Saat punya impian, sejak muda bisa dibuat mencari skill pelan-pelan. Sehingga ketika dewasa nanti banyak keahlian yang kita miliki.

Jadi, kalau kamu saat ini belum memputuskan cita-cita, segera putuskan, dan buat rencana. Jangan lupa lakukan juga, ya.

  1. Gegabah dalam Membuat Keputusan

Harus disadari usia muda bukan lagi anak-anak yang masih diatur orang tua. Khususnya di masa dewasa kelak, kamu akan menjadi manusia seutuhnya. Dimana apa yang terjadi, akan ditanggung oleh dirimu sendiri.

Kesalahan paling kerap terjadi di diri anak muda adalah gegabah dalam membuat keputusan. Gegabah dalam arti hanya berdasarkan emosional. Padahal dalam memutuskan perlu banyak pertimbangan, dan harus berpikir jangka panjang. Pun butuh keberanian dalam menerima semua konsekuensi pilihan.

Keputusan yang dihasilkan karena gegabah (hanya emosi sesaat) biasanya tidak akan baik di masa mendatang, lalu menyesal di kemudian hari.

  1. Tidak Segera Fokus

Ini juga yang sering menjadi kesalahan di usia muda. Menghabiskan waktu untuk kegiatan tak berguna. Memang waktu muda pasti enak jika dihabiskan dengan bersenang-senang. Tapi perhatikan dampaknya. Ingat, apa yang terjadi esok hari adalah hasil dari apa yang kau lakukan hari ini. Jika kamu belajar, besok pasti pandai. Kalau kamu berusaha sekarang, masa depanmu tentu sukses.

Mulai sekarang kurangi waktu untuk kegiatan tidak bermanfaat. Waktumu terlalu singkat untuk disia-siakan. Cobalah fokus pada tujuanmu. Tiap detik akan berdampak pada kondisi hidupmu saat dewasa nanti.

Tentukan apa yang ingin kau capai, lalu rencanakan jalan yang mesti ditempuh.

  1. Boros

Kamu boros? Jika iya, hindari mulai sekarang, kemudian mulailah menabung. Sebab menabung untuk hari tua tidak usah menunggu saat kamu sudah berkeluarga. Tidak ada yang tahu mengenai kejadian esok, sehingga dapat saja hal tak terduga datang.

Dengan menabung, sewaktu waktu kamu butuh uang lebih, kamu bisa menggunakan uang tersebut. Kamu akan punya uang yang dapat dipakai untuk kebutuhan mendadak di esok hari

Sehingga mulai saat ini menabunglah. Tidak perlu banyak, sedikit demi sedikit juga boleh.

  1. Tidak Mencoba Pengalaman Kerja

Meskipun mungkin saat ini kamu belum tamat dari pendidikan, tidak ada salahnya cari pengalaman dengan coba bekerja part time. Setidaknya menjadi pengalaman dan lahan latihan sebelum kamu masuk dunia kerja sepenuhnya. Beberapa manfaat mencoba kerja part-time:

  • mendapat pengalaman berkerja
  • mendapat teman banyak
  • mendapat banyak link. Jika seandainya pendidikanmu sudah tamat, kamu telah mempunyai link untuk bekerja penuh waktu. Sehingga link/kenalan sangat membantumu.

Namun jangan sampai pendidikanmu berantakan, ya. Kamu harus bisa mengatur waktu pendidikan dan bekerja. Sebab bagaimanapun pendidikan tetap yang utama.

  1. Tidak Ada Salahnya Mencoba Berwirausaha

Berwirausaha? Why not! Karena jaman sekarang sulit sekali mencari pekerjaan, maka lebih baik kalau kamu ngga mengandalkan menjadi karyawan. Atau barangkali wirausaha dapat menjadi plan utamamu sejak dulu? Itu jauh lebih bagus.

Merintis usaha sedari usia muda juga melatihmu supaya lebih mandiri, lho. Selain itu kamu akan mulai belajar sejak usia muda. Saat ini banyak entrepreunur sukses di usia muda. Kamu bisa mengikuti jejak mereka. Belajar dari usaha mereka, lalu jadikan mereka contoh dalam berkarya.

Dan, berwirausaha di usia muda, berarti kamu sudah bisa mendapat uang. Jadi, tidak perlu merepotkan orang tua terus menerus, bukan?

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top