Tips

Bosan Ac dirumah anda sering bocor, temukan solusi service ac terdekat

Kebocoran pada unit AC dirumah anda merupakan masalah yang sering terjadi pada unit pendingin ruangan. Sehingga bisa dibilang hampir semua pengguna pendingin ruangan pernah mengalami hal yang sama dan berulang ulang, hal ini tentunya membuat para custumer sering kali merasa ketidak nyamanaan dari faslitas yang digunakan oleh mereka dan sering kali kerap mencari teknisi service ac terdekat untuk memperbaiki problem tersebut.

1.Tersumbat nya Saluran pembuangan ac dikarenakan kotoran
tentunya seiring dengan digunakannya AC tersebut, hal ini membuat AC menjadi kotor. Kotoran seperti debu maupun partikel kecil lainnya akan menempel dibagian evaporator, kemudian akan mengalir bersama air dari proses pendinginan melalui saluran pembuangan.
hal ini Lama kelamaan akan terjadi penumpukan kotoran dan berakhir pada terjadinya menyumbat saluran pembuangan, sehingga air tidak bisa mengalir dan terbuang lewat saluran pembuangan yang sudah dipasang.

service ac terdekat

Apabila sudah sepert ini Solusinya adalah..
yang harus kita lakukan adalah membersihkan saluran pembuangan tersebut agar semua kotoran yang menyumbatnya terbuang keluar. Caranya bisa dengan mengunakan alat semprotan air bertekanan tinggi ke lubang saluran pembuangan.

2. Posisi pipa pembuangan kurang rendah
agar aliran air pembuangan mengalir dengan lancar, pastikan ujung pipa pembuangan air dibuat semakin rendah dari pusat saluran pembuangan yang ada di unit indoor.
Dan jika saluran pembuangan menggunakan selang, harap pastikan tidak ada bagian selang yang ‘ketekuk’.
Karena hal tersebut sering mengakibatkan proses pembuangan air AC tidak lancar dan menyebabkan AC bocor air dibagian unit indoor.

Apabila sudah seperti ini Solusinya adalah..
penyelesaikan masalah ini, tentunya diawal pemasangan kita harus membuat instalasi pembuangan degan standarisasi posisi yang melandai. Artinya, ujung pipa atau selang pembuangan harus semakin rendah dari pusat pembuangan yang berada di unit indoor.
Pastikan juga tidak ada selang pembuangan yang ter tekuk’, dan hindari pemasangan instalasi pipa pembuangan yang tertalu banyak belokan.
apabila yang terjadi adalah saat ini posisi pemasangan sudah salah sejak awal, maka minta lah teknisi untuk melakukan reposisi ulang secara tepat kepada teknisi ac
yang anda percaya.

3. Bagian belakang Talang AC kemungkinan kotor
unti ac biasanya menampung tetesan air dari evaporator sebelum dialirkan ke saluaran pembuangan, AC menggunakan dua talang di unit indoor.
dan biasanya talang tersebut tepatnya berada di sisi depan dan belakang. Karena talang ini di fungsikan sebagai penampung dan mengalirkan air, lama kelamaan tentunya kotoran seperti debu akan terus mengendap di situ.

Untuk talang di sisi depan mungkin akan lebih mudah dibersihkan ketika AC di servis. Namun, untuk yang sisi belakang ini tidak bisa dibersihkan apabila posisi AC masih terpasang di dinding, Karena hal ini tidak bisa dibersihkan, lama kelamaan kotoran tersebut akan mengendap, lalu menyebabkan air tidak bisa mengalir ke lubang saluran pembuangan dan akhirnya luber keluar.

Apabila sudah seperti ini Solusinya adalah..
Apabila fixed anda menemukan AC bocor dikarenakan pada bagian talang belakang kotor, maka ini diperlukan tindakan teknis untuk melakukan servis besar (overhaul). Di mana unit indoor tentunya harus diturunkan, kemudian langkah berikutnya bongkar semua lalu dibersihkan satu per satu.

4. AC Unit bocor dikarenakan kondensasi
Ketika terjadinya proses pendinginan berlangsung, biasanya akan terjadi proces yang disebuth kondensasi dibagian pipa yang telah di instalasi, di mana ia akan mengeluarkan embun atau bintik-bintik air.
Air yang suda menjadi embun akan diserap oleh spon pembungkus (armaflex) pipa. Seiring dengan lamanya AC digunakan daya serap pembungkus pipa juga akan menurun.
Yang terjadi, karena ‘armaflex’ sudah tidak lagi bisa menyerap air maka akan mengakibatkan kondensasi, kemudian air akan menetes jatuh ke lantai.

Apabila sudah seperti ini Solusinya adalah..
apabila terjadi khasus seperti ini, tentunya anda perlu mengganti ‘armaflex’ tersebut dengan yang baru. Kemudian kita balut menggunakan dactipe lem atau lakban sampai benar-benar rapat, agar kondensasi dpat normal dan kebocoran tidak terjadi lagi,apabila anda tidak dapat menangani secara teknis anda dapat memangil teknisi alexteknik yang merupakan jasa layanan service ac jakarta pusat.

5. Posisi unit indoor tidak sejajar
Lubang pembuangan air pada AC umumnya memiliki dua lubang yang dibuat, daan posisi selalu berada di sisi kanan dan kiri. Kita bisa menentukan lubang pembuangan mana yang akan dipakai, sesuai kebutuhan dan lokasi AC akan dipasang.

contohnya lubang pembuangan bagian sisi kanan yang akan kita pakai, maka yang bagian sisi kiri harus kita tutup. Apabila ketika pemasangan unit indoor sisi kanan lebih tinggi dari sisi kiri, maka hal ini tentunya akan menyebabkan saluran pembuangan tidak lancar dan akan terjadi kebocoran.

Apabila sudah seperti ini Solusinya adalah..
apabila anda menemukan posisi indoor yang tidak sejajar, maka untuk awal anda mengecheknya harus mengunakan alat waterpass untuk memastikan unit indoor apakah sudah sudah terpasang dengan posisi yang tepat,dan tentunya agar pembuangan air mengalir lebih lancar, andaa harus membuat sisi lubang pembuangan yang digunakan lebih rendah sedikit. Contohnya: lubang pembuangan sisi kanan yang akan dipakai, maka sisi kanan indoor AC harus lebih rendah sedikit dari sisi kiri.

6. Pipa pembuangan tersumbat es
yang terjadi pada proses pendinginan pada unit ac proces pendingannya mengunakan bahan pendingin gas refrigerant (freon), dan Setiap unit AC juga memiliki takaran tekanan freon berbeda-beda, biasanya sesuai dengan besar kecilnya kapasitas (PK) AC tersebut.

Apabila setelah anda chek tekanan freon sudah tidak sesuai dengan standarisasi dan mengalami penurunan maka yang sering terjadi adalah akan terjadinya pengumpalan bunga es, tentunya jika dibiarkan, bunga es ini lama kelamaan menumpuk dan menjadi es yang akhirnya menyumbat saluran pembuangan, Alhasil, AC bocor air kemudian juga kurang dingin,pada bunga es terjadi apabila tekanan freon berada dikisaran tekanan 30-50 PSI untuk jenis refrigerant R22.

Apabila sudah seperti ini Solusinya adalah..
sebaik nya untuk mengambil langkah perbaikan, tentunya harus dipastikan dulu apakah freon berkurang tersebut karena masih wajar, atau karena ada kebocoran,
Jika ketika dichek terjadi kebocoran freon, maka di cari dulu di mana titik bocornya, lalu diperbaiki kemudian baru bisa di isi freon kembali.
tetapi yang harus diperhatikan, jika berkurangnya ini masih dalam batas wajar, bisa langsung dilakukan penambahan gas refrigerant.

Pertanyaan nya Bolehkah unit AC bocor tetap dinyalakan?

Dalam kasus ini anda harus melihat seberapa parah bocor air pada AC tersebut. Jika bocornya hanya berupa tetesan kecil, tentunya masih dalam batas wajar jika AC tetap dinyalakan.

Namun sebagai catatan, jika terjadi kebocoran yang sudah parah dan sampai mengenang di lantai, tentunya kami akan lebih menyarankan untuk tidak digunakan dan segera lakukan tindak perbaikan, Karena sangat dikwatirkan hal ini menyebabkan konsleting di unit indoor, dan malah memperparah kerusakan AC tersebut.

Anda Juga Harus Tau Resiko Apabila Unit AC Tetap Anda Nyalahkan
kondisi bocor tentunya akan memiliki resiko yang harus anda tangung yang harus anda pahami secara bijak:

  • Tembok dinding akan basah
  • Wallpaper dinding bisa rusak, sayang kan apabila wallpaper anda pasang dengan harga mahal
  • Lantai jadi becek dan banyak genangan air, tentunya akan membuat anda kerepotan kerap harus membersihkan permasalahn ini.
  • Hordeng pada jendela basah, anda harus menjemur dan membersihkan nya
  • dan Paling parahnya lagi, mengakibatkan konsleting di unit indoor jika bocornya sudah parah, ngak mau kan resiko ini terjadi pada anda

Dan berikut Tips dan langkah cepat agar kebocoran pada unit ac indoor AC tidak netes air Agar AC di rumah tidak bocor, sebaiknya lakukan tips berikut ini:

  1. Secara Rutin Rawatlah AC dengan melakukan servis ac secara berkala setiap minimal tiga bulan sekali.
  2. Pastikan pemasangan instalasi ac baru dipastikan terpasang dengan standarisasiyang tepat.
  3. Pastikan pada saat pemasangan unit indoor posisi harus sejajar dan presisi, dan buatlah bagian lubang pembuangan sedikit lebih rendah.
  4. Pilihlah teknisi atapun jasa servis atau pemasangan AC yang profesional dan berkompeten dibidangnya.
  5. Pilihlah teknisi ataupun jasa servis Ac dan yang memberikan jaminan garansi, sehingga apabila terjadi kebocoran berulang setelah di servis Anda bisa klaim garansi tetap daapat dijamin dan tanpa anda harus mengeluarkan biaya lagi.

Di atas sudah kami sampaikan apa saja yang jadi penyebab AC bocor air, di mana ini bisa akibakan oleh beberapa faktor. Sehingga untuk memastikan bocor karena apa, tentu juga diperlukan pemeriksaan secara langsung.

dan sebagai rekomendasi dari tips dokter cantik tentunya kami memberikan saran untuk menemukan layanan dari penyedia jasa servis ac terpercaya yang terdekat dari rumah anda sepert alexiteknik.com yang merupakan perusahaan berkompeten di bidang perawatan dan perbaikan mesin pendingin khusunya Ac.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
$(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });