Inspiration

Pelajaran Berharga Yang Anda Dapatkan Setelah Lulus Sekolah

Pelajaran Berharga Yang Anda Dapatkan Setelah Lulus Sekolah

Perjalanan berharga setelah lulus sekolah. Ada orang yang menyebut jika sekolah bukanlah satu-satunya jalan menuju sukses. Hampir semua mata pelajaran yang didapat di sekolah bisa saja tidak terpakai saat lulus nanti. Tetapi apakah Anda selalu berpatok pada hal ini? Belum tentu. Pelajaran yang didapat selama disekolah, sedikit atau banyak memang tidak sepenuhnya terpakai, namun setidaknya belajar bisa mengajarkan seseorang cara pandai yang lebih modern dan bijaksana. Meski sekolah bukan patokan kesuksesan karir, berikut ini pelajaran hidup paling berharga yang baru dan akan Anda peroleh setelah lulus dari sekolah, dimana pelajaran ini tidak atau belum pernah guru Anda ajarkan.

Pelajaran Berharga Yang Anda Dapatkan Setelah Lulus Sekolah

Sponsor: cream pemutih wajah

1. Buku atau orang tak bisa memberi jawaban

Yang dimaksud adalah buku atau orang tidak akan bisa memberikan jawaban yang pasti pada semua masalah Anda. Jadi mulailah bergantung pada pemikiran diri dan percaya bahwa Anda sanggup menyelesaikannya. Sah-sah saja meminta saran atau pendapat dari orang lain, namun perlu diketahui bahwa terlalu banyak menggantungkan hidup dengan orang lain justru bisa membuat kecewa. Boleh saja meminta bantuan sekali atau dua kali, tetapi jangan terlalu berlebihan sebab tanpa sadar Anda akan merasakan bahwa setiap orang semakin hari pasti memiliki kesibukannya masing-masing. Artinya, Anda harus siap menyibukkan diri dengan masalah sendiri, berusaha bangkit dan menyelesaikannya tanpa harus menunggu orang lain tiba.

Pelajaran Berharga Yang Anda Dapatkan Setelah Lulus Sekolah

2. Harus selalu banyak belajar

Belajar itu memang penting, jika Anda sudah menyelesaikan pendidikan bukan berarti melupakan belajar. Justru, belajar lebih banyak melalui kehidupan yang Anda lalui. Ujian sekolah bukan akhir dari masalah, sebaliknya Anda akan menemukan banyak tantangan yang membuat Anda lupa bagaimana rasanya ujian sekolah. Justru tantangan dan masalah hidup jauh lebih besar.

Pelajaran Berharga Yang Anda Dapatkan Setelah Lulus Sekolah

3. Anda saja lah yang membuat hidup tumbuh

Sukses tidaknya seseorang, ditentukan oleh seberapa kuatnya tekad yang dimiliki. Dan yang membuat Anda tumbuh hingga sejauh ini tentu adalah diri Anda sendiri. Jika bukan karena dorongan dan motivasi diri tentu kesuksesan sulit diraih. Bukan orang lain yang melakukan kesuksesan Anda. Disamping itu, mereka memiliki kesibukan masing-masing. Jika orang lain punya masalah, bukan Anda bukan yang menyelesaikannya? Jadi, setiap orang memiliki tanggungjawab sendiri atas tindakan dan kehidupannya. Anda harus peduli dengan diri sendiri dan cari cara untuk mengembangan kemampuan diri. Karena bukan orang lain yang melakukannya, tapi Anda!

Pelajaran Berharga Yang Anda Dapatkan Setelah Lulus Sekolah

4. Sekolah bukan satu-satunya jalan sukses

Meski Anda belum bisa sekolah sampai tinggi, bukan jadi alasan untuk bersedih. Hal itu juga bukan akhir dari segalanya sebab di dunia ini telah memberi Anda banyak pintu kesempatan dan jalan yang terbuka lebar untuk mencapai kesuksesan. Jadi, persiapkanlah dirimu sebaik mungkin sebab sukses bukan untuk mereka yang menyerah walaupu keadaan terlihat mustahil dilakukan. Selalu ada keajaiban dalam hidup Anda.

Pelajaran Berharga Yang Anda Dapatkan Setelah Lulus Sekolah

5. Tidak dihargai, bukan berarti Anda berhenti

Dunia ini memang terlihat kejam. Seberapa besar perjuangan Anda, tetap saja ada orang-orang yang tidak suka dan tidak mau menghargai Anda. Tapi itu bukan akhir yang memaksa Anda harus berhenti melakukan kebaikan. Bukanya tidak adil, tetapi kebaikan itu tak butuh dihargai dari orang banyak. Namun kebaikan itu membutuhkan ketulusan. Menyebarkan kebaikan dimanapun itu adalah kesuksesan yang kesekian. Anggaplah orang yang mengejek atau merendahkan kerja keras anda hanyalah sekumpulang orang-orang yang peduli. Dengan kritikan yang mereka lontarkan, sedikit banyak bisa jadi motifasi untuk terus berkarya.

Pelajaran Berharga Yang Anda Dapatkan Setelah Lulus Sekolah

6. Kesuksesan berasal dari pandangan Anda bukan orang lain

Dimanapun bumi dipijak, disitulah langit dijinjing. Dimanapun Anda berada, maka cobalah untuk selalu menyesuaikan diri dengan kebiasaan ditempat tersebut. Sama seperti kesuksesan, dimanapun Anda berada, ia akan tiba jika Anda berusaha menjadi orang yang bisa menyesuaikan diri. Untuk bisa mencapai kata sukses baik karir atau kehidupan lainnya, maka janganlah hanya terpaku pada kesuksesan yang orang lain miliki, karena kesuksesan itu bukan milik kita. Orang lain memiliki pandangan tersendiri untuk kesuksesannya. Justru jika Anda terlalu yakin untuk mengikuti kesuksesan orang lain, justru akan membuat Anda kelelahan. Jadi, mulailah menentukan kesuksesan Anda sendiri dan gapailah.

        Pelajaran Berharga Yang Anda Dapatkan Setelah Lulus Sekolah

7. Menyerah berarti sia-sia

Memiliki keinginan untuk sukses harus bisa dilakukan dengan berbagai cara. Setelah Anda memilih apa yang akan dicapai, maka mulailah untuk meraihnya. Jangan hanya diam dan memandangi deretan list keinginan yang baru ditulis. Menurut hukum alam, pilihan tersebut harus dilakukan bukan untuk dipandang. Dan bila Anda merasa menyerah dengan pilihan tersebut, maka percuma akan menjadi sia-sia. Berkali-kali mencoba dan gagal, bukan saatnya untuk menyerah ditengah jalan. Gagal itu bisa terjadi saat Anda tak melakukan apa pun demi kesuksesan.

Itulah tujuh dari sekian banyak pelajaran berharga dalam hidup yang tidak Anda dapatkan di pelajaran sekolah. Jangan lupa untuk selalu berfikir bahwa sukses tidaknya Anda, tergantung pada seberapa besar pandangan Anda dan bukan orang lain. Dan terpenting adalah memikirkan keinginan untuk menyerah justru akan membuat Anda lebih merasa bersalah. Sebab piluhan tanpa tindakan itu pasti akan sia-sia. Belajarlah menjadi orang yang bijak menghadapi masalah hidup dan pekerjaan demi meraih kesuksesan. Semoga menginspirasi.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top