Entertaiment

Wisata pantai kenjeran Surabaya yang semakin kekinian

Surabaya merupakan kota yang secara letak berbatasan langsung dengan selat madura. Untuk itu tidak jarang orang menyebut Surabaya sebagai kota pelabuhan. Bahkan pelabuhan tanjung perak yang ada di Surabaya menjadi salah satu icon kota pahlawan ini. Sebagai kota pesisir pantai, maka bukan hal yang aneh apabila Surabaya memiliki wisata pantai. Siapa yang tidak tahu wisata pantai kenjeran Surabaya? Mustahil bagi anda yang berdomisili di Surabaya dan sekitarnya untuk tidak mengetahui wisata pantai yang satu ini.

Wisata pantai kenjeran Surabaya

Sponsor produk pemutih wajah

Wisata pantai kenjeran bisa dikatakan sebagai tempat wisata legend di kota surabaya. Dikenal oleh seluruh warga surabaya bahkan Indonesia. Pantai kenjeran berada di wilayah Surabaya Timur. Nama pantai kenjeran sempat di lupakan oleh warga Surabaya, namun kembali teringat ketika peresmian jembatan Suramadu yang juga terletak tidak jauh dari pantai kenjeran. Jembatan yang menghubungkan surabaya dengan pulau madura ini begitu mencengangkan nasional karena merupakan jembatan pertama yang menghubungkan antar pulau yakni pulau jawa dan pulau madura.

Sempat terlupakan, pantai kenjeran kembali muncul dalam ingatan warga surabaya. Namun seiring berjalannya waktu rupanya kenangan manis pantai kenjeran itu dijatuhkan oleh keadaan pantai kenjeran yang jauh dari ekspektasi keindahan warga Surabaya. Nyatanya pantai kejeran perna mendapatkan predikat pantai yang kotor, kumuh dan jauh dari kata menarik. Bukan hanya dari wisatawan luar daerah, bahkan dari warga surabaya sendiri banyak yang menyatakan demikian.

Kekecewaan warga surabaya terhadap pantai kenjeran dikarenakan dulu pengelolaan pantai kenjeran oleh pemerintah kota surabaya ini tidak dapat dikatakan baik. Malah pantai yang menjadi ikon kota surabaya ini tidak mendapat perhatian yang cukup oleh pemkot surabaya. Dampaknya pantai yang semula indah menjadi kotor dan kumuh. Wajar bila orang-orang menjadi enggan untuk berliburan di sana. Mereka pada akhirnya lebih memilih mengunjungi pantai di malang atau madura meskipun sebenarnya jarak yang harus ditempuh menjadi lebih jauh. Semua karena pantai kenjeran menjadi buruk rupa.

Sempat mengalami pengalaman pahit, rupanya pantai kenjeran kini mulai berbenah. Semenjak Pemerintah Kota Surabaya di pimpin oleh Walikota yang sangat mempedulikan lingkungan, pantai kenjeran mendapatkan perhatian lebih untuk bersolek diri. Berbagai inovasi yang bertujuan untuk mempercantik paras kawasan pantai kenjeran ini diberikan oleh pemkot. Lantas apa sajakah yang keren dari pantai kenjeran saat ini?

Kampung warna warni

Pernah tahu kampung Jodi Pani di Malang, yang memiliki rumah padat namun indah di pandang mata? Nah rupanya kampung yang senada dengan jodi pani bisa anda temukan di kawasan pantai kenjeran. Di sini ada kampung yang juga dicat berwarna warni mirip seperti jodi pani. Dari kejauhan nampak gugusan kotak warna warni yang saling berhimpitan. Sangat bagus sekali untuk dijadikan latar belakang foto anda. Selain itu bila anda berjalan-jalan lebih jauh dam masuk ke kampung ini, anda akan bisa menemukan banyak sekali spot-spot yang instagramable banget. Tidak kalah indahnya dengan jodi pani. Dari pada jauh-jauh harus ke malang untuk menikmati indahnya kampung warna warni, lebih baik anda melancong kesini.

Air mancur menari

Selain kampung warna warni, kawasan wisata pantai kenjeran juga diperindah dengan air mancur menari. Air mancur menari ini merupakan ide langsung dari pemkot Surabaya. Air mancur menari ini bisa anda lihat pada malam hari. Namun memang tidak setiap malam menampilkan air mancur menari. Air mancur menari ini inovasi air mancur yang bisa seakan-akan terlihat sedang menari. Diiringi pula dengan berbagai lagu yang membuat air mancur ini seakan menari mengikuti alunan lagu tersebut. Air mancur ini juga dilengkapi dengan berbagai cahaya lampu berwarna warni menambah keindahan pantai kenjeran di malam hari. Di Indonesia, rasanya baru pantai kenjeran saja yang memiliki air mancur menari.

Air mancur menari ini terletak di sepanjang jalan di tepi pantai kenjeran. Anda bisa menikmati pemandangan indah air mancur menari saat tenga melaju di sepanjang jalan ini. Bahkan tidak jarang orang menyempatkan untuk berhenti di tepi jalan dan melihat indahnya air mancur menari ini.

Pantai yang bersih

Bila beberapa waktu lalu pantai kenjeran di kesankan sebagai pantai yang kotor, rupanya image tersebut dilunturkan dengan kondisinya yang sekarang. Perhatian Pemkot surabaya terkait kawasan wisata pantai kenjeran tidak hanya tertuju pada pembangunan infrastruktur fisik semata. Namun kebersian dan kelestarian pantai kenjeran juga mendapat perhatian yang cukup besar. Bila dahulu pemandangan indah pantai kenjeran ternodai dengan banyaknya sampah, namun kini hal tersebut tidak lagi dijumpai di pantai kenjeran. Pantai kenjeran saat ini berubah menjadi pantai yang bersih dan indah untuk dinikmati. Apabila dulu orang-orang enggan bermain-main dan berjalan-jalan di sekitar pantai, kini setiap pagi maupun sore hari anda bisa melihat banyak wisatawan yang berjalan-jalan menikmati indahnya pemandangan pantai kenjeran di sini.

Namun keindahan pantai kenjeran maupun seluruh tempat wisata alam di Indonesia tidak akan mampu bertahan lama tanpa adanya sikap penjagaan dari kita sebagai masyarakat Indonesia. Bila kita tidak menjaga kelestarian alam Indonesia, sudah pasti anak cucu kita tidak akan mampu menikmati indahnya alam Indonesia.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top