Manfaat Tanaman

Wheatgrass, Rumput Yang Bisa Dibikin Jus

Jika tanaman biasa dianggap penganggu dan harus dicabut, tidak dengan tanaman yang satu ini. Namanya wheatgrass, tanaman yang cukup popular dijadikan jus menyehatkan. Wheatgrass adalah tanaman yang tergolong rerumputan dan kini mulai banyak dibudidayakan melalui cara hidroponik. Tanaman ini saat ini tengah banyak diminati dan bernilai ekonomis. Tak hanya itu saja, wheatgrass rumput yang bisa dibikin jus sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh secara alami.

Wheatgrass, Rumput Yang Bisa Dibikin Jus

Sponsor: produk pemutih wajah

Fakta seputar wheatgrass si tanaman gandum muda

Wheatgrass lebih dikenal sevagai tanaman gandum muda ini rupanya sudah lama dikonsumsi oleh masyarakat dalam upaya menjalankan hidup sehat. Tanaman ini juga diduga berasal lebih dari 5000 tahun silam dan digunakan oleh bangsa mesir kuno guna menjaga vitalitas kesehatan mereka. Jus wheatgrass adalah superfood yang bernilai tinggi untuk kesehatan karena mengandung nutrisi seperti serat, vitamin, mineral, enzim dan asam amino. Dalam dunia modern, wheatgrass kini sudah banyak dijadikan suplemen herbal.

Wheatgrass, Rumput Yang Bisa Dibikin Jus

Kandungan nutrisi tanaman wheatgrass

 Tanaman rumput gandum ini menandung sejumlah nutrisi dan mineral berupa protein, vitamin A, tiamin, niacin, riboflavin, vitamin C, vitamin B6, folate, vitamin E, selenium, calcium, magnesium, iron, dan zinc atau zat besi. Berdasarkan table testing penelitian, kandungan vitamin C pada 100 gm wheatgrass sangat tinggi yaitu mencapai 214.5 mg, disusul tiamin dan vitamin A. Kadar protein nya juga cupuk banyak yakni sebanyak 25% dari kebutuhan harian.

  • Menyehatkan Pencernaan

Tubuh yang sehat dimulai dari pencernaan yang sehat. Beberapa jenis makanan tertentu dipercaya sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Salah satu jenis asupan makanan yang menyehatkan pencernaan adalah wheatgrass atau rumput gandum. Rumput gandum ini dipercaya kaya akan kandungan magnesium. Magnesium bermanfaat untuk melancarkan pencernaan serta mencegahnya dari berbagai masalah pencernaan seperti diare dan masalah pencernaan lainnya. Dengan mengkonsumsi segelas jus wheatgrass dapat menghindarkan berbagai masalah dalam pencernaan Anda sehingga pencernaan menjadi lebih sehat.

  • Menurunkan Berat Badan

Jika Anda sedang menjalankan program diet tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi jus wheatgrass sebagai menu diet alami yang menyehatkan. Salah satu manfaat dari rumput gandum ini adalah kemampuannya untuk merangsang produksi kelenjar tiroid dimana kelenjar ini bermanfaat untuk menurunkan nafsu makan Anda. Jika nafsu makan Anda menurun sudah dapat dipastikan perut akan terhindar dari rasa lapar dan akan mengurangi konsumsi makanan. Konsumsi makanan yang mudah terkontrol akan memudahkan Anda untuk menurunkan berat badan sehingga wheatgrass sangat dianjurkan sebagai menu diet sehat.

  • Mencegah Kanker

Seperti telah diketahui kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya dan sangat beresiko menyebabkan kematian. Penyakit kanker dapat dicegah dan diobati menggunakan jus wheatgrass. Kandungan nutrisi dan vitamin yang terdapat dalam rumput gandum ini dipercaya mampu menekan pertumbuhan sel kanker yang ada di dalam tubuh sehingga penyakit kanker perlahan-lahan dapat disembuhkan. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh American Cancer Society tahun 2002, tanaman wheatgrass dapat membantu meringankan efek samping pengobatan kemoterpi kanker payudara dengan cara meningkatkan system imunitas tubuh dan menyingkirkan racun.

  • Menyehatkan Mata

Mata adalah indra penglihatan manusia yang harus selalu dijaga kesehatannya. Manfaat dari jus rumput gandum yang lainnya adalah kemampuannya dalam menyehatkan mata. Kandungan vitamin serta nutrisi yang terdapat dalam wheatgrass dipercaya sangat ampuh menjaga kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi jus ini secara rutin mata menjadi lebih tajam serta terhindar dari berbagai masalah penglihatan termasuk mencegah rabun mata.

  • Meningkatkan Produksi Hemoglobin

Manfaat lain si hijau ini adalah mampu meningkatkan produksi hemoglobin atau sel darah merah. Hemoglobi adalah senyawa yang membawa oksigen dalam tubuh. Jika oksigen dalam tubuh berada pada batas normal, maka metabolism dalam tubuh akan bekerja secara baik.

  • Mengatasi Masalah Kulit dan Rambut

Wheatgrass dikenal sebagai obat tradisional untuk pengobatan berbagai macam penyakit kulit seperti gatal-gatal, bisul, luka bakar, kulit bersisik dan eskim. Sedangkap pada pengobatan rambut, wheatgrass sangat baik untuk mengatasi ketombe dan rambut beruban. Tak hanya itu, wheatgrass mampu melawan efek samping menopause pada wanita, yang menjadi penyebab masalah rambut rontok.

Wheatgrass, Rumput Yang Bisa Dibikin Jus

Efek samping wheatgrass

Meski memiliki manfaat cukup banyak, tetapi Anda harus tetap berhatihati dalam mengkonsumsinya. Hal tersebut dikarenakan wheatgrass memiliki efek samping yaitu pusing, gatal, pembengkakan dan sakit kepala. Bagi mereka yang sensitif, maka wheatgrass mampu mengakibatkan pembengkakan pada saluran kerongkongan yang menjadi pertanda alergi. Jika reaksi alergi terjadi, maka dapat membahayakan tubuh.

Cara Aman Mengkonsumsi Wheatgrass

Untuk mengambil manfaat dari wheatgrass, mengkonsumsi jus sangat baik sebelum perut terisi. Bahkan ahli gizi menyarankan untuk mengkosumsi jus ini satu jam sebelum makan besar. Kebiasaan keliru yang sering dilakukan oleh masyarakat yaitu meminum jus setelah makan. Padahal, meminum jus lebih disarankan sebelum makan agar nutrisi dapat diserap lebih optimal oleh system pencernaan. Kemudian memilih wheatgrass yang ditaman pada tanah berair sangat rentan terkontaminasi bakteri dan jamur. Oleh karena itu, lebih baik mencucinya dahulu sebelum sip dikonsumsi. Wheatgrass organik dan mentah jauh lebih bermanfaat khasiatnya, tetapi untuk wanita hamil dan menyususi lebih baik menghindari jus wheatgrass mentah. Agar nutrisi lebih kompleks, sertakan pula buah dan sayuran lain. Mengkonsumsi wheatgrass selama 18 bulan tidak disarankan karena khawatir efek yang buruk untuk tubuh.

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top