Kulit ku

Waspadai Tanda Tanda Penuaan Dini

Setiap orang pasti akan beranjak tua dan itu adalah hal yang normal. Tapi apakah mungkin kita dapat terlihat tua sebelum waktunya? Tentu saja hal tersebut dapat terjadi dan biasa disebut dengan penuaan dini. Tanda-tanda penuaan dini akan mulai muncul pada umur 20 hingga 30 tahun. Penuaan dini dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti polusi, kurang tidur, stres, dan radikal bebas dari paparan sinar matahari secara terus menerus. Tanda-tanda penuaan dini ternyata tidak hanya ditemui pada area wajah saja, namun dapat terjadi di bagian tubuh lainnya. Apa saja tanda tanda penuaan dini tersebut? Simak ulasan di bawah ini.

Tanda Tanda Penuaan Dini

sponsor: perawatan wajah terbaik.

Tanda Tanda Penuaan Dini

  1. Perubahan pigmen kulit

Perubahan pigmen atau warna kulit merupakan salah satu tanda yang biasa terjadi ketika anda mengalami penuaan dini pada kulit. Ketika warna kulit Anda tiba-tiba berubah menjadi gelap, pucat, kusam, dan muncul bintik atau flek hitam, mungkin saja Anda mengalami penuaan dini. Jika Anda mengalami hal yang seperti ini, penting bagi Anda untuk menjaga dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari agar dampak buruk dari sinar matahari dapat berkurang.

  1. Lingkaran hitam dan kantung mata

Lingkaran hitam dan kantung mata memang sangat mengganggu penampilan. Hal ini dapat terjadi karena berbagai sebab, diantaranya adalah kurang tidur, kelelahan, infeksi, dan dehidrasi. Jangan pernah mengabaikan lingkaran mata dan kantung hitam yang biasa muncul ketika kurang tidur. Karena jika dibiarkan secara terus-menerus, hal ini akan membuat wajah Anda menjadi kusam, tidak segar, dan terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

  1. Kulit kendur dan kering

Walaupun telah menggunakan pelembap secara rutin namun kulit masih saja kering dan tidak elastis, maka Anda harus mewaspadainya. Ketika pelembap sudah tidak dapat melembapkan kulit Anda dengan baik, mungin saja hal tersebut adalah salah satu tanda awal dari penuaan dini.

  1. Penumpukan lemak

Tanda tanda penuaan dini juga terjadi pada tubuh Anda seperti proses metabolisme atau pencernaan yang menjadi lebih lambat dan tidak lancar. Hal tersebut akan berdampak pada proses pembakaran lemak yang kurang maksimal, sehingga akan memicu penumpukan lemak pada bagian perut dan lengan.

  1. Pori-pori membesar

Ketika usia semakin bertambah, maka pori-pori kulit terutama pada wajah juga akan semakin membesar dan menyebabkan penumpukan sel kulit mati. Pori-pori kulit yang membesar juga salah satu dari berbagai tanda-tanda penuaan dini. Jadi Anda harus mewaspadai hal ini dan segera lakukan perawatan yang baik untuk kulit, terutama pada wajah agar Anda terhindar dari penuaan dini.

  1. Mudah lelah dan sering lupa

Jika pada usia yang masih muda Anda merasa mudah lelah dan sering lupa, maka Anda harus mewaspadai hal ini. karena hal tersebut adalah tanda utama dari menurunnya kinerja otak yang merupakan salah satu tanda dari penuaan dini. Apalagi jika Anda memiliki pola tidur yang kurang baik, kebiasaan buruk seperti merokok, sering mengonsumsi makanan cepat saji, dan semisalnya, maka dapat melemahkan kinerja otak dan meningkatkan risiko penuaan dini.

  1. Kerutan pada dahi dan kelopak mata

Kerut yang muncul pada dahi dan ujung kelopak mata ketika tertawa adalah hal yang normal. Namun ketika Anda dalam keadaan diam masih terdapat kerutan tersebut, bisa jadi kerutan tersebut adalah salah satu tanda dari penuaan dini yang muncul pada wajah. Selain itu, riasan eyeshadow dan eyeliner yang terlihat pecah-pecah dan tidak halus juga merupakan pertanda bahwa area sekitar mata Anda dalam keadaan kering dan kurang lembap.

Demikian tanda tanda penuaan dini yang harus Anda ketahui dan waspadai. Selalu rawat kulit dan seluruh tubuh Anda dengan baik dan benar agar Anda terhindar dari penuaan dini. Semoga bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top