Rambut ku

Waspadai Penyebab Kerusakan Rambut

Setiap wanita selalu menginginkan rambut yang tebal, berkilau, rapi dan lembut. Anda tentu saja bisa mendapatkan rambut yang demikian, asalkan rambut dirawat dengan cara yang benar. Namun jika saat ini rambut terasa kasar, mudah rontok, dan rusak, mungkin ada beberapa kebiasaan yang dapat menjadi penyebab kerusakan rambut Anda. Karena itu waspadai penyebab kerusakan rambut dibawah ini.

Waspadai Penyebab Kerusakan Rambut

sponsor: kezia skin expert.

  1. Membiarkan rambut yang bercabang

Rambut yang bercabang dapat menghambat pertumbuhan rambut, sehingga harus segera diatasi. Potonglah ujung rambut yang bercabang. Anda juga dapat pergi ke salon secara berkala untuk melakukan perawatan rambut jika perlu.

  1. Keramas setiap hari

Hindari untuk keramas setiap hari, karena terlalu sering keramas justru dapat membuat rambut menjadi kering. Jika rambut Anda memiliki minyak yang berlebih, Anda dapat memberikan sampo pada kulit kepala, fokuslah hanya pada bagian akarnya saja. Anda juga harus menghindari produk sampo dengan kandungan sodium lauryl sulfate, karena dapat membuat rambut Anda menjadi semakin kering.

  1. Kebiasaan memakai alat-alat panas

Suhu yang terlalu panas dapat merusak kesehatan rambut. Jika Anda memiliki kebiasaan memakai alat-alat bersuhu panas untuk menata rambut, maka kurangilah kebiasaan tersebut. Anda juga dapat menggunakan produk heat protector atau pelindung panas khusus untuk rambut Anda, dan juga gunakan temperatur panas yang paling rendah saat memakai alat-alat panas tersebut.

  1. Menyisir rambut saat basah

Apakah  Anda pernah mengalami rambut yang rusak secara tiba-tiba dan tidak mengetahui penyebabnya? Mungkin yang menjadi penyebabnya adalah kebiasaan menyisir rambut saat basah. Rambut akan menjadi lebih lemah dalam keadaan basah, jadi hindari menyisir rambut saat basah. Kalau Anda terpaksa untuk merapikannya, gunakan sisir dengan rongga yang besar atau cukup rapikan dengan jari-jari tangan Anda.

  1. Tidak memakai kondisioner

Penyebab kerusakan rambut yang tidak kita sadari adalah melupakan pemakaian kondisioner. Mungkin sebagian dari kita berpikir bahwa keramas saja sudah cukup, namun tidak demikian. Biasakan untuk memakai kondisioner setelah keramas, cara ini adalah cara yang paling mudah untuk menambah kelembaban dan kelembutan rambut. Hindari produk sampo yang menawarkan fungsi all in one, karena fungsi dari sampo adalah untuk membersihkan kotoran, sedangkan kondisioner berfungsi untuk menjaga kelembaban dan kelembutan rambut. Anda dapat menggunakan kondisioner seminggu dua kali atau sesuai dengan kebutuhan.

  1. Melupakan kulit kepala

Jika kulit kepala dalam keadaan sehat, maka rambut pun demikian. Jadi jangan melupakan kulit Anda saat keramas, pijatlah secara lembut dan perlahan pada area kulit kepala Anda. Anda juga dapat menggunakan produk-produk khusus untuk kesehatan kulit kepala.

  1. Cara pengunciran rambut yang salah

Kuncir kuda adalah cara menguncir rambut yang paling mudah dan selalu dilakukan. Namun Anda juga harus memperhatikan ikat rambut yang digunakan. Jangan menguncirnya telalu ketat dan kencang. Karena selain menimbulkan rasa sakit, kunciran rambut yang terlalu kencang dapat memicu kerontokan. Bayangkan saja, setiap helai rambut tertarik terus-menerus setiap hari. Maka, bukan tidak mungkin rambut akan menjadi lemah dan mudah rontok. Yang terahkir, jangan menguncir rambut ketika sedang tidur.

  1. Menggosok rambut dengan handuk

Kebiasaan yang sering dilakukan adalah menggosok rambut yang basah dengan handuk saat selesai keramas. Tanpa Anda sadari gesekan antara handuk dan rambut, dapat memicu kerusakan pada rambut.

  1. Mewarnai rambut dengan berbagai warna

Setiap cat rambut terdapat kandungan kimia yang tidak kita ketahui dampak buruknya. Untuk itu jangan mewarnai rambut dengan banyak warna. Jika memang ingin dilakukan, maka sebaiknya bicarakan dulu dengan ahli atau pakar rambut, sehingga hal-hal buruk dapat dihindari. Jangan lupa untuk melakukan perawatan secara rutin.

  1. Model rambut yang tidak pernah berubah

Mengganti gaya rambut secara berkala dapat menurunkan risiko kerusakan rambut. Anda dapat melakukan hal-hal yang sederhana namun memiliki manfaat yang besar seperti memotong rambut yang bercabang, mengubah arah sisiran rambut, atau mengubah arah poni.

Itulah tadi 10 kebiasaan yang dapat menjadi penyebab kerusakan rambut. Apakah Anda pernah melakukan kebiasaan tersebut? Atau sampai saat ini masih sering melakukannya? Mulai saat ini hindarilah kebiasaan tersebut, dan jangan lupa lakukan perawatan secara rutin untuk rambut Anda. Semoga bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top