Wajah ku

Waspadai Kesalahan Saat Mencuci Wajah

Kesalahan saat mencuci wajah– Sudahkah Anda mencuci wajah setiap hari secara rutin? Mencuci wajah memang suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, bukan berarti Anda boleh melakukan sembarang cara untuk mencuci wajah. Karena, Anda tidak akan mendapatkan manfaat apapun ketika melakukan kesalahan saat mencuci wajah.

Kesalahan Saat Mencuci Wajah

sponsor: dr rochelle skin expert.

Tata cara mencuci wajah bukanlah suatu hal yang penting bagi sebagian orang. Mereka beranggapan bahwa, mencuci wajah menggunakan sabun sudah cukup untuk membersihkan semua kotoran dan debu yang menempel pada kulit wajah. Padahal ada beberapa kesalahan saat mencuci wajah, baik sebelum ataupun sesudah yang menyebabkan mencuci wajah menjadi hal yang sia-sia. Akibatnya, kulit wajah akan mengalami banyak gangguan seperti jerawat, minyak berlebih, dan komedo. Benarkah demikian? Simak ulasan dibawah ini!

  1. Mencuci wajah tanpa membersihkan telapak tangan

Ini adalah suatu kebiasaan yang paling sering dilakukan oleh setiap orang. Tanpa membersihkan telapak tangan terlebih dahulu, kita langsung mengambil sabun pencuci wajah dan mengoleskannya pada tangan hingga berbusa. Kemudian, mengusapkannya pada wajah secara merata.

Telapak tangan adalah bagian kulit yang paling sering melakukan kontak dengan berbagai macam benda sepanjang hari. Berbagai kotoran dan bakteri akan berkumpul dan menumpuk menjadi satu pada telapak tangan Anda.

Ketika Anda membersihkan wajah tanpa mencuci telapak tangan terlebih dahulu, justru akan menambah kotoran baru. Kotoran yang menumpuk pada telapak tangan karena aktivitas sepanjang hari, akan berpindah pada wajah Anda. Hal ini tentu akan memicu munculnya masalah baru seperti jerawat, komedo, dan sebagainya. Maka dari itu penting untuk membersihkan telapak tangan sebelum Anda mencuci wajah.

  1. Mencuci wajah terlalu sering atau hanya sekali sehari

Mencuci wajah terlalu sering bukan merupakan suatu hal yang baik, begitu juga jika jarang membersihkan wajah. Jarang Mencuci wajah akan menimbulkan penumpukan sel kulit mati pada wajah, sehingga wajah terlihat menjadi lebih kusam dan menimbulkan jerawat.Sedangkan jika terlalu sering mencuci wajah, maka dapat menyebabkan kulit wajah Anda menjadi kering dan dehidrasi yang menyebabkan produksi minyak meningkat.

Maka dari itu, mencuci wajah sebaiknya dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari, yaitu di pagi hari, dan malam hari setelah beraktivitas. Pada saat Anda terlelap di malam hari, sel-sel kulit Anda telah aktif membelah diri untuk membentuk sel baru atau disebut juga regenerasi. Jadi ketika Anda bangun di pagi hari, maka akan ada beberapa tumpukan sel kulit mati yang harus dibersihkan. Oleh sebab itu, cucilah wajah Anda di setiap pagi hari secara rutin.

  1. Mencuci wajah tanpa membersihkan make up

kesalahan saat mencuci wajah yang selanjutnya adalah tidak membersihkan make up terlebih dahulu. Bagi Anda para wanita yang rutin memakai make up, maka harus membersihkannya terlebih dahulu saat akan mencuci wajah. Namun, sebagian besar orang tidak melakukannya dan memilih untuk mencuci wajah secara langsung.

Memang wajah akan terlihat bersih, tapi hanyalah sebagian dari permukaan kulit. Hal ini karena, pori-pori pada wajah Anda masih tertutup dan tersumbat oleh sisa make up. Padahal, poin penting dalam mencuci wajah adalah agar dapat membersihkan kotoran yang menumpuk di dalam pori-pori.

Sebaiknya Anda membersihkan dahulu semua make up yang ada hingga benar-benar bersih sebelum mencuci wajah. Anda dapat membersihkannya dengan make up removal dan dapat mencuci wajah dengan sabun setelahnya.

  1. Mencuci wajah dengan air yang terlalu panas atau terlalu dingin

Temperatur air yang baik digunakan untuk mencuci wajah adalah air yang hangat. Air hangat mampu membuat otot dan kulit wajah menjadi lebih rileks, pori-pori akan terbuka, sehingga sabun pencuci wajah akan lebih maksimal bekerja untuk membersihkan wajah Anda.

Jangan menggunakan air yang terlalu panas, karena dapat mengakibatkan pembuluh kapiler pecah dan akan membuat kulit menjadi kering dan iritasi. Sedangkan air yang terlalu dingin dapat membuat pori-pori menyempit, sehingga kotoran justru akan terperangkap di dalamnya dan tidak dapat dibersihkan oleh sabun pencuci wajah.

  1. Gerakan mencuci wajah yang sembarangan

Gerakan mencuci wajah yang sembarangan hanya akan membersihkan sekitar area wajah tanpa memberikan manfaat lainya. Padahal, jika Anda mengetahui gerakan yang benar dan melakukannya secara baik dapat memberikan manfaat berupa kulit wajah yang tidak hanya bersih namun juga sehat.

Anda dapat melakukannya dengan gerakan memutar dengan sedikit pijatan yang lembut. Mulailah mencuci wajah dari bagian tengah, kemudian ke atas, samping, dan diakhiri pada bagian bawah. Mencuci wajah dengan gerakan seperti ini dapat membersihkan, sekaligus merawat dan menjaga kesehatan kulit dengan baik.

Gerakan tersebut juga dapat merangsang pengeluaran getah bening yang dapat membawa kotoran keluar dari wajah dan dapat mengurangi kantung mata.

  1. Gunakan handuk khusus untuk mengeringkan wajah

Sebaiknya Anda memiliki handuk khusus untuk wajah, dan jangan menggunakan handuk badan untuk mengeringkannya. Pilihlah handuk khusus dengan tekstur yang halus dan lembut untuk wajah. Selain itu, dengan menggunakan handuk yang berbeda antara handuk wajah dan badan maka dapat mengurangi risiko penyebaran bakteri dan kuman ke wajah Anda.

Kesalahan lain yang selalu dilakukan adalah tidak pernah mengganti handuk secara berkala. Gantilah handuk Anda yang sudah digunakan selama seminggu, dengan handuk bersih yang telah dicuci. Handuk yang tidak pernah diganti selama berminggu-minggu dapat menyebabkan penyakit kulit karena penyebaran bakteri dan kuman.

Tujuan utama dari mencuci wajah adalah untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajah. Namun, jika kita melakukannya dengan cara yang kurang tepat juga tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh sebab itu, hindari melakukan kesalahan saat mencuci wajah seperti di atas.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top