Info Kedokteran

Waspadai Hewan Peliharaan Yang Membawa Penyakit Di Rumah

Bagi penggemar hewan peliharaan, suatu hal yang menyenangkan jika bisa memiliki dan memelihara hewansecara ekonomis atau hanya sebagai sekedar hobi pemelihara hewan rumahan. Contoh hewan ternak misalnya sapi, kambing, berbagai jenis unggas, dan contoh hewan peliharaan rumahan (pets) misalnya berbagai jenis reptil, berbagai jenis unggas, monyet, hamster, anjing, kucing dan masih banyak lagi lainnya.

Bagi yang memiliki hobi memelihara hewan peliharaan, banyak hal yang harus dilakukan untuk menjaga dan merawat hewan peliharaannya. Bagi yang hobi berternak secara ekonomis, pasti hewan peliharaan yang dimilikinya harus dijaga agar tidak memberikan kerugian, sehingga bisa memberikan keuntungan maksimal ketika dijual kembali. Bagi yang memelihara hewan hanya sebagai hobi pemeliharaan, di samping sebagai perwujudan kasih sayang kepada hewan-hewan tersebut, perawatan diberikan kepada hewan peliharaan bertujuan untuk memelihara estetika atau kecantikan hewan yang dimilkinya tersebut. Dan hal utama yang benar-benar harus diperhatikan dalam memelihara hewan adalah faktor kesehatannya, agar hewan peliharaan tidak sakit atau bahkan menularkan penyakit berbahaya bagi pemiliknya.

Sebagai pemelihara binatang, harus senantiasa menjaga kewaspadaan terhadap kemungkinan jenis penyakit yang mungkin bisa diakibatkan hewan peliharaan. Berhati-hatilah karena binatang kesayangan yang dipelihara bisa menimbulkan penyakit bagi pemiliknya bahkan keluarga yang tinggal di dalamnya. Menurut pernyataan dari American Academy of Pediatrics, terdapat beberapa jenis hewan peliharaan yang harus diwaspadai karena dimungkinkan membawa penyakit yang bisa ditularkannya kepada sang pemeliharanya:

  1. Jenis reptil

Beberapa jenis reptil sering digunakan sebagai hewan peliharaan, di antaranya iguana, kadal, ular, hingga kura-kura kecil. Jenis hewan reptil tersebut banyak dianggap sebagai hewan peliharaan yang cukup unik bagi penggemarnya, serta butuh nyali tinggi karena faktor bahaya terhadap keganasannya. Perlu juga diwaspadai adalah pada bahaya kesehatan, karena pada beberapa jenis reptil tersebut merupakan media berkembangnya bakteri salmonella. Mikroorganisme salmonella ini merupakan penyebab sekaligus pemicu penyakit pada usus, dan bahkan bisa berujung bahaya kematian pada anak-anak.

  1. Hamster

Seperti yang sudah banyak diketahui, hamster merupakan binatang yang imut, mungil dan menggemaskan. Pemeliharaan hamster harus diwaspadai dan harus dirawat secara higienis, karena juga membawa mikroorganisme salmonella yang berbahaya untuk organ usus. Selain itu, hamster juga sebagai pembawa virus penyebab radang otak yang bisa mengakibatkan kerusakan syaraf permanen.

  1. Landak

Bakteri salmonella ternyata juga bisa dibawa melalui perantara hewan landak. Hewan ini memang memiliki ciri khas unik dengan badannya yang banyak duri. Selain durinya yang cukup tajam, ternyata juga membahayakan yang mampu menularkan penyakit infeksi jamur pada kulit manusia.

  1. Jenis monyet dan primata

Monyet juga banyak dipelihara, karena hewan ini memang lucu dengan makanan khasnya berupa pisang. Jenis monyet dan primata harus diwaspadai karena juga mampu menularkan beberapa jenis penyakit kepada manusia. Monyet jenis macaque bisa menularkan virus herpes B yang bisa menyebabkan radang selaput otak atau yang juga dikenal dengan istilah meningitis. Monyet juga bisa menyebarkan bakteri penyebab tubercolosis atau penyakit TBC.

  1. Jenis unggas

Beberapa jenis unggas yang seringkali dipelihara adalah jenis ayam, jenis burung, jenis bebek. Berbagai jenis unggas ini ternyata bisa sebagai media berkembangnya bakteri salmonella yang harus diwaspadai manusia.

  1. Rakun, kucing besar, anjing dan binatang buas lainnya

hewan peliharaan yang harus diwaspadai

Binatang jenis ini yang sering ada di rumah untuk dipelihara adalah beberapa jenis anjing dan kucing. Banyaknya species anjing dan kucing dengan ciri khas bentuk tubuh mereka membuat banyak orang gemas dan ingin memeliharanya. Pada kebanyakan anjing dan kucing memang menyebarkan beberapa penyakit seperti toksoplasmosis, penyakit pada usus serta luka cakaran.

Memiliki hewan peliharaan di rumah memang menyenangkan bagi yang suka aktivitas ini. Namun, dengan adanya resiko kesehatan, harusnya membuat lebih waspada terhadap kesehatan diri sendiri. Memelihara hewan kesayangan tidak harus dihentikan namun, harus lebih berhati-hati dan lebih menjaga kebersihan ketika selesai memegang hewan peliharaan tersebut, misalnya dengan mencuci tangan setelah bermain dengan mereka. Penting juga untuk membawanya ke dokter hewan agar mendapatkan pemeriksaan atau jadwal imunisasi.

0
0%
like
2
66%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
1
33%
angry

Comments

comments

To Top