Tips Kesehatan

Waspada Penyebab Dan Cara Menghilangkan Biang Keringat Dengan Mudah

 Waspada Penyebab Dan Cara Menghilangkan Biang Keringat Dengan Mudah

Masalah biang keringat sering dialami oleh anak-anak. Berbagai cara menghilangkan biang keringat dengan mudah pun sudah banyak dibahas. Biang keringat sendiri merupakan gangguan pada kulit, menyebabkan munculnya ruam kecil kemerahan dan gatal. Biang keringat yang menjalar bisa menyebabkan sensasi perih dan terasa menyengat. Faktor biang keringat bisa akibat cuaca dan kelembapan udara. Kemunculannya bisa di area tubuh yang tertutup pakaian seperti leher, punggung, paha, dada atau bisa juga di wajah.

Waspada Penyebab Dan Cara Menghilangkan Biang Keringat Dengan Mudah

Sponsor: cream perawatan wajah

Apa penyebab biang keringat?

Penyebab utama kemunculnya biang keringat di kulit adalah infeksi bakteri Staphylococcus epidermidis. Jarang mandi ditambah sering berkeringat bsa menimbulkan bakteri berkembang. Berada di lingkungan tak bersih ditambah tempat yang banyak didiami bakteri ini merupakan hal yang bisa sebabkan biang keringat.

Sesaat setelah itu kulit akan mengalami iritasi akibat bercampurnya bakteri dengan keringat. Tak jangan kulit akan merasakan gatal, ruam bahkan tampak melepuh. Kondisi lain bisa terlihat seperti muncul bintik-bintik kecil dengan rasanya yang seperti ditusuk. Tersumbatnya saluran keringat bisa sebabkan keringat keluar berlebih, sehingga jadi salah satu penyebab biang. Di musim panas dan lembab, keringat berlebih bisa muncul.

Waspada Penyebab Dan Cara Menghilangkan Biang Keringat Dengan Mudah

Lantas bagaimana cara menghilangkan biang keringat?

Meski tampaknya biang keringat bukanlah masalah serius tetapi jika tak segera diatasi bisa menimbulkan rasa perih dan tidak nyaman. Beberapa langkah atasi biang keringat dibawah ini bisa Anda coba, diantaranya dengan menghindari cuaca panas berlebih atau tempat-tempat yang lembab. Berada di tempat yang panas dan lembab membuat tubuh lebih mudah berkeringat sehingga bisa memicu risiko munculnya ruam. Untuk itu, pastika mencari tempat teduh atau sejuk dan tambah dengan minum banyak air.

Pentingnya meminum banyak air saat cuaca panas selain bisa cegah dehidrasi juga bisa mengurangi produksi keringat. Kulit pun juga terasa lebih dingin dengan berendam atau mandi guna menghindari keringat muncul berlebih. Mandi air dingin juga ampuh membuat tubuh lebih segar. Jangan lupa gunakan pakaian yang sangat longgar, tidak ketat, dan terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat. Bisa pilih bahan pakaian dari serat sintetis misal poliester atau nilon yang lebih mudah menyerap panas dan keringat.

Jika perlu konsumsi obat antihistamin yakni obat yang berguna meredakan gejala ruam seperti gatal atau bintik-bintik.  Untuk bisa menggunakan obat ini, biasakan berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter apakah cocok dengan obat ini. Solusi lainnya yakni dengan memakai krim hidokortison. Krim ini efektif mengatasi kulit gatal atau iritasi akibat biang keringat. Jangan lupa tes terlebih dahulu apa krim ini cocok dengan kulit. Terakhir bisa pakai lotion calamine yang bayak dijual bebas di toko obat atau apotik. Fungsi krim ini sebagai pereda gatal dan iritasi kulit akibat biang keringat.

Inilah hal-hal seputar biang keringat dan langkah mengatasinya. Jangan lupa untuk selalu rajin membersihkan diri, minimal mandi dua kali sehari supaya bebas dari infeksi bakteri biang keringat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top