Inspiration

Wajib Diperhatikan Bagi Orang Tua! 3 Tips Najwa Shihab Agar Anak Gemar Membaca

Tips Najwa Shihab Agar Gemar Membaca

Tips Najwa Shihab agar gemar membaca. Miris mungkin adalah satu kata yang paling tepat untuk menggambarkan minat baca orang Indonesia. Hal tersebut bukannya tanpa alasan. Karena menurut salah satu survey, Negara Indonesia berada di urutan terbawah dari seluruh Negara di Asia dalam hal minat baca. Sesuatu yang tentunya hanya akan menimbulkan decak kekhawatiran bagi banyak orang. Karena seperti yang diketahui bahwa Negara yang maju diawali dari para warga negaranya yang memiliki minat baca yang baik. Karena dengan memiliki minat baca yang baik maka warga negaranya juga akan memiliki sudut pandang dan pengetahuan yang lebih baik. Sesuatu yang tentunya akan sangat berguna untuk memajukan Negara itu sendiri. Sesuatu yang sayangnya masih belum dimiliki oleh penduduk di Negara Indonesia. Sehingga tidak heran apabila kemudian banyak polemik yang dialami oleh Indonesia juga tidak lepas karena masih rendahnya minat baca. Salah satu yang paling mendapatkan fokus adalah mudahnya tersebar berita maupun informasi hoax. Padahal efek dari hoax sendiri tidak pernah bisa dipandang sebelah mata. Dimana hal tersebut tentunya tidak akan terjadi apabila orang-orang Indonesia memiliki minat baca yang baik sehingga dapat kritis terhadap setiap informasi yang diterima. Namun seperti yang diketahui bahwa menginspirasi seseorang untuk bisa gemar membaca seringkali bukanlah pekerjaan mudah. Untuk itulah, Najwa Shihab akan memberikan tips mudah bagi orang tua yang ingin mengajarkan anaknya gemar membaca seperti berikut ini:

  1. Ciptakan Target Membaca

Tips Najwa Shihab Agar Gemar Membaca

sponsor: halo jasa.

Yang perlu pertama diketahui adalah bahwa Najwa Shihab memiliki kapasitas yang lebih dari cukup untuk menjelaskan hal ini. Hal tersebut bukannya tanpa alasan. Karena Najwa Shihab merupakan duta baca Indonesia. Pemilihan Najwa Shihab sebagai duta baca Indonesia tentunya bukan tanpa pertimbangan. Alasan pertama yang paling utama sekaligus yang paling mutlak adalah karena Najwa Shihab memiliki minat baca yang tinggi. Hal tersebut terbukti dari rumahnya yang memiliki perpustakaan pribadi. Dan mengingat pentingnya membaca untuk seluruh generasi maka Najwa Shihab memiliki niat baik untuk menularkan virus membaca bagi banyak orang. Khusus untuk orang tua yang ingin menularkan sifat gemar membaca maka Najwa Shihab memberikan tips dengan cara menciptakan target membaca. Dimana yang dimaksud dengan menciptakan target membaca adalah menargetkan setiap jenjang waktu tertentu maka anak harus menyelesaikan target bacaan yang diinginkan. Bisa dimulai dengan satu buku selama satu minggu atau satu bab selama satu hari. Hal ini berguna untuk melatih kedisplinan anak dalam membaca buku. Agar nantinya termindset di dalam pikirannya untuk terus membaca buku dan tidak ingin melewatkannya. Hal ini sendiri berguna untuk memotivasi anak. “Anak bisa didorong dengan target membaca, misalnya seperti sehari berapa lembar atau sebulan berapa buku.” Jelas Najwa Shihab.

  1. Buat Buku Menjadi Familiar

Tips Najwa Shihab Agar Gemar Membaca

Salah satu alasan rendahnya minat membaca di Indonesia adalah karena masih banyak orang yang asing terhadap buku. Bahkan sebagian dari mereka lebih akrab dengan gadget maupun teknologi. Sehingga bagi para orang tua yang ingin menumbuhkan minat baca bagi anaknya, Najwa Shihab memberikan tips untuk membuat buku menjadi familiar bagi anak. Karena hal tersebutlah yang persis dilakukan oleh orang tua Najwa Shihab hingga kemudian membuatnya mencintai buku. Yakni waktu masa kecil, ia selalu diperkenalkan dengan buku dan juga seringkali keluar maka mereka akan membawa pulang buku. Sesuatu yang kemudian membuat Najwa Shihab menjadi akrab dengan buku. Dan untuk itulah Najwa Shihab menyarankan orang tua yang ingin menularkan minat baca pada anak-anaknya untuk memperkenalkan buku lebih intens dan lebih dini kepada anak-anaknya. Mulai dari kegiatan pergi ke luar rumah yang bisa diselingi dengan pergi ke toko buku dan kemudian membeli beberapa buku untuk dibawa pulang. Agar nantinya anak bisa merasa lebih dekat dan tidak asing lagi tehadap buku. Yang tentu dengan tujuan akhir agar anak-anak terbiasa untuk membaca buku-buku tersebut. “Ayah saya kalau ngajak keluar, pasti ke toko buku. Dulu setiap hari Kamis kami pergi ke Gramedia Matraman. Jadi dibuat semacam ritual pergi mencari sesuatu yang sedang ingin diketahui.” Ungkap Najwa Shihab.

  1. Temukan Satu Buku Yang Menjadi Favorit

Tips Najwa Shihab Agar Gemar Membaca

Untuk membuat anak menjadi gemar membaca dalam waktu yang singkat tentunya bukanlah perkara mudah. Untuk itulah, harus dimulai dengan pelan-pelan. Menurut Najwa Shihab sendiri, hal tersebut bisa dilakukan dengan menemukan satu buku yang menjadi favorit anaknya. Dimana hal tersebut dilakukan untuk membuat sang anak tidak lagi merasa bahwa membaca adalah sebuah kegiatan yang membosankan bahkan melelahkan. Karena apabila seorang anak sudah menemukan buku favoritnya maka dipastikan dia akan mencintai kegiatan dari membaca itu sendiri. Sesuatu yang pastinya akan membuat anak akan mencari buku-buku yang lain untuk dibaca.

Dimana untuk menciptakan minat baca yang baik untuk anak juga tentunya harus menyiapkan ruangan baca yang nyaman. Agar nantinya anak lebih membaca buku. Namun hal ini tentunya tidak bisa dilakukan seorang diri. Maka Halo Jasa adalah solusi untuk masalah tersebut. Karena Halo Jasa menyediakan professional dari berbagai bidang tidak terkecuali Tukang Renovasi Rumah.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top