Rambut ku

Vitamin Untuk Mengatasi Masalah Rambut Rontok

Vitamin Untuk Mengatasi Rambut Rontok
Banyak kasus yang terjadi, rambut rontok disebabkan karena kekurangan vitamin sehingga siklus pertumbuhan rambut dapat terganggu dan memicu rambut rontok. Vitamin sangat penting untuk rambut Anda agar tetap sehat dan kuat sekaligus merangsang pertumbuhran rambut. Anda dapat menghentikan rambut rontok yang terjadi karena kekurangan vitamin, mineral, dan protein dengan mengonsumsi makanan tertentu. Di bawah ini terdapat beberapa jenis vitamin untuk mengatasi masalah rambut rontok yang terkandung dalam makanan sehari-hari.

sponsor: dr rochelle skin expert.

Vitamin Untuk Mengatasi Masalah Rambut Rontok

  1. Biotin

Biotin atau juga dikenal dengan vitamin B7 adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan sangat bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok. Biotin telah lama digunakan untuk merangsang pertumbuhan rambut, menambah volume rambut, dan mencegah rambut rontok. Jika Anda kekurangan vitamin B seperti biotin, maka hal ini akan menyebabkan rambut rontok. Jadi untuk mendapatkan rambut yang kuat, sehat, dan tebal, maka biotin adalah salah satu jenis vitamin yang wajib.
Anda dapat mengonsumsi beberapa makanan yang mengandung banyak biotin seperti telur, selai kacang, ikan salmon, alpukat, jamur, dan lain-lain.

  1. Vitamin A

Vitamin ini bertugas untuk mengatur sintesis asam retinoic dalam folikel rambut. Vitamin A mampu membantu tubuh dalam memproduksi sebum, yaitu minyak alami pada kulit kepala. Kelembapan kulit kepala dan rambut tergantung dari produksi sebum ini yang akan mencegah rambut kering. Minyak ini juga mampu mencegah radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Vitamin A memang sangat dibutuhkan untuk mendapatkan rambut yang sehat, namun kelebihan vitamin A juga dapat menyebabkan keracunan dan memperparah kerontokan pada rambut. Jadi, Anda harus lebih berhati-hati dengan vitamin A, terutama ketika menggunakan suplemen vitamin A.
Agar lebih aman sebaiknya Anda mencukupi kebutuhan vitamin A dari makanan yang alami seperti wortel, ubi jalar, bayam, sayuran hijau, buah persik, mangga, selada, ikan cod, ikan tuna, dan lain-lain.

  1. Vitamin C

Vitamin ini mampu membantu tubuh untuk menyerap zat besi dari makanan, yang tidak hanya memperkuat rambut tetapi juga sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut. Selain itu vitamin ini juga membantu produksi kolagen, yaitu protein yang sangat penting untuk mempertahankan struktur jaringan pada rambut Anda agar tetap sehat dan mencegahnya dari kerusakan. Para peniliti juga mengatakan bahwa vitamin C juga mengandung antioksidan yang melawan radikal bebas yang dapat merusak jaringan tubuh.
Untuk mencukupi asupan vitamin C, Anda dapat mengonsumsi beberapa jenis makanan  seperti sayuran hijau, brokoli, kubis, kacang polong, dan beberapa jenis buah-buahan seperti kiwi, stroberi, jeruk, jambu biji, jeruk nipis, dan lain-lain.

  1. Vitamin D

Vitamin untuk mengatasi masalah rambut rontok yang selanjutnya adalah vitamin D. Cara kerja vitamin D dalam mengatasi masalah rambut rontok adalah dengan merangsang folikel dan sel-sel rambut untuk membentuk rambut yang baru. Salah satu cara alami untuk mendapatkan dan meningkatkan kadar vitamin D adalah berjemur di bawah sinar matahari pada pagi hari. Anda hanya memerlukan waktu sekitar 15 hingga 20 menit setiap pagi untuk mendapatkan vitamin D di bawah sinar matahari. Jika memang Anda kekurangan vitamin D, maka Anda harus memasukkan beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin D dalam menu harian Anda.
Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin D di antaranya adalah makarel, belut, ikan salmon, susu kedelai, tahu, telur, dan lain-lain.

  1. Vitamin E

Vitamin untuk mengatasi masalah rambut rontok yang terakhir adalah vitamin E. Vitamin ini dapat merangsang kapiler, dengan demikian vitamin ini mampu memperlancar dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala Anda. Selain itu, vitami E juga bersifat anti-inflamasi dan antioksidan yang sangat baik untuk merangsang pertumbuhan rambut. Bahkan vitamin E juga mengurangi peradangan, meningkatkan pasokan oksigen, dan memperbaiki folikel rambut yang rusak.
Beberapa jenis makanan yang mengandung banyak vitamin E adalah kacang almond, alpukat, tahu, minyak zaitun, brokoli, labu, bayam, biji bunga matahari, dan lain-lain.
Selain dengan mencukupi beberapa vitamin seperti di atas, Anda juga membutuhkan mineral tertentu untuk menjaga rambut Anda tetap sehat dan mencegah rambut rontok. Mineral yang sangat bermanfaat untuk rambut adalah zat besi dan seng yang menyediakan nutrisi alami untuk menyuburkan rambut Anda. Anda dapat mengatasi masalah rambut rontok dengan merangsang pertumbuhan rambut tersebut.
Beberapa makanan yang mengandung zat besi dan seng adalah seperti kacang (yang mengandung asam lemak omega-3, bitoin, vitamin E, dan tembaga), tiram (sejenis kerang-kerangan), ubi jalar, telur, dan bayam.

Tips Dalam Mengatasi Rambut Rontok

Agar rambut rontok dapat cepat teratasi Anda dapat menerapkan beberapa tips di bawah ini:

  • Cukupi kebutuhan protein dan lemak karbohidrat, karena kekurangan dua zat ini akan menyebabkan rambut menipis, rontok, dan merupakan penyebab dari rambut beruban.
  • Agar rambut tetap sehat dan kuat, Anda harus mengonsumsi makanan yang kaya akan protein seperti ikan, ayam, kacang, kacangan, tahu, dan susu.
  • Konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin A dan vitamin C seperti tomat dan jeruk. Vitamin ini sangat baik untuk mengatasi rambut yang menipis dan menambah volume rambut.
  • Hati-hati dalam menggunakan alat penata rambut yang panas karena dapat menyebabkan rambut rontok. Cobalah untuk mengurangi penggunaanya dan selalu menggunakan heat protector (pelindung panas) untuk rambut Anda ketika menggunakan alat-alat ini.
  • Hati-hati dengan perasaan stres karena dapat menyebabkan rambut menjadi lebih kusut, tipis, bahkan kerontokan. Lakukan perubahan gaya hidup ke arah yang lebih baik untuk mengurangi perasaan stres seperti olahraga secara teratur, meditasi, latihan pernapasan dan sebagainya.
  • Jika memang Anda benar-benar kekurangan vitamin dan mineral untuk rambut, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin yang Anda butuhkan. Namun untuk mengonsumsi suplemen ini, sangat disarankan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Itulah beberapa vitamin untuk mengatasi masalah rambut rontok dengan makanan yang sehat. Sekali lagi, rambut rontok bukan hanya disebabkan oleh faktor keturunan, namun juga karena kebiasaan buruk seperti alat-alat penata rambut, perasaan stres, dan kekurangan asupan vitamin. Semoga bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top