Inspiration

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Dengan Modal Kecil

Seorang wanita, apalagi yang sudah berstatus sebagai seorang istri dan ibu biasanya akan selalu disibukkan dengan aktivitas harian mengurus segala keperluan domestik di lingkup rumah tangga. Segala kegiatan tersebut biasanya akan menyita banyak waktu seorang wanita, karena pekerjaan rumah tangga akan selalu berulang untuk setiap hari sebagai rutinitas. Namun itu semua biasa diatasi jika ada kerjasama antar anggota keluarga terutama dibantu oleh peran suami, karena semua pekerjaan yang ada di rumah bukan hanya tanggung jawab istri saja. Seorang wanita bisa menempuh karier di luar atau berkarya di rumah untuk melakukan suatu usaha yang bisa menambah penghasilan di dalam keluarga.  Selain alasan finansial, seorang  wanita bisa menjalankan usaha sampingan ibu rumah tangga dengan modal kecil, sebagai sarana apresiasi diri untuk menyalurkan skill atau keahlian yang dimiliki.

Di samping tidak meninggalkan rumah, seorang ibu akan tetap bisa mengontrol dan memperhatikan keberadaan anak serta urusan di rumah. Semua pekerjaan di rumah akan bisa di-handle, kebutuhan kasih sayang terhadap buah hati akan tercukupi adalah sisi keunggulan melakukan usaha di rumah. Usaha sampingan ibu rumah tangga dengan modal kecil, selain memiliki resiko yang kecil, namun tetap merupakan peluang usaha yang baik jika benar-benar dijalankan dengan sungguh-sungguh. Bentuk usahanya pun bermacam-macam baik dalam bentuk produk barang dan jasa. Berikut ini bentuk usaha sampingan rumah tangga yang bisa dijalankan seorang wanita adalah:

  1. Jasa menjahit

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Kebutuhan akan sandang pasti akan selalu ada di masyarakat. Peluang usaha yang bisa dipikirkan adalah membuka usaha jasa menjahit dari orang-orang yang akan membuat pakaian. Usaha ini bisa dilengkapi dengan jasa desain gambarnya dan asesoris kelengkapannya, berupa resleting, kancing, benang dan lainnya. Keahlian yang dibutuhkan adalah berhubungan dengan skil menjahit, membuat pola dan menggambar desain baju.

  1. Usaha kuliner berupa masakan, snack (catering)

Banyak wanita yang menyukai aktivitas memasak. Hobi memasak ini akan memberikan tambahan positif, jika dikembangkan dengan skill yang mumpuni. Usaha dalam bidang memasak ini bisa dilakukan dengan menjual aneka masakan rumahan, makanan ringan (snack), atau bisa dikembangkan lagi menjadi bisnis catering yang lebih profesional dalam melayani suatu acara yang membutuhkan konsumsi. Bisa diawali dengan modal yang kecil adalah kelebihan dari usaha kuliner seperti ini. Selain itu, usaha ini juga dijalankan secara mandiri maupun bisa bekerja sama dengan teman. Contoh pemasarannya masakan rumahan bisa dilakukan dengan promosi ke perkantoran, dan bisa diberikan fasilitas pesan antar jika ada konsumen yang memesan. Di tengah kesibukan orang bekerja, bisnis masakan bisa menjadi peluang untuk para pekerja yang tidak ingin repot dengan urusan makanan di rumah ataupun pada saat jam makan.

  1. Usaha toko Online

Toko online adalah bisnis yang menjamur saat ini. Banyak barang yang dijual secara online. Belanja online pun kini menjadi tren yang sedang in, terutama bagi kaum hawa. Beberapa toko online menyediakan kebutuhan wanita seperti pakaian (fashion), alat-alat ibadah, alat-alat rumah tangga, tas dan banyak lagi lainnya. Usaha toko online bisa juga dilakukan menggunakan sistem dropship bagi yang tidak ngin direpotkan dengan masalah pengiriman barang, pembayaran, dan packing barang.

  1. Usaha Multi Level Marketing (MLM)

Banyak MLM yang melibatkan wanita sebagai pelaku penjualnya. Banyak jenis MLM yang berprospek bagus jika bisa dikembangkan dengan serius meskipun hanya dikerjakan dari rumah. Beberapa jenis produk MLM yang bisa dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga meliputi produk kecantikan, produk fashion, produk alat-alat rumah tangga, produk suplemen kesehatan dan kecantikan. Semua produk tersebut memiliki tema wanita, karena pasarnya konsumennya juga merupakan wanita.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
1
100%
angry

Comments

comments

To Top