Tubuh ku

Trik Perawatan Kuku Di Rumah

Melakukan perawatan tubuh tidak hanya dilakukan di salon dan spa, namun juga bisa dikerjakan di rumah dengan mandiri. Begitu pula dengan perawatan kuku wanita yang sering pula dikenal dengan istilah pedicure dan manicure, bisa dilakukan dengan mandiri tanpa harus keluar ke salon kecantikan. Perawatan kuku jari tangan dan kaki ini sebenarnya bisa dikatakan cukup pentngi, tidak hanya dilihat dari sisi kecantikan saja, melainkan pula dipandang dari sisi kesehatan. Oleh karena itu, mulai saat ini, jangan mengambil remeh serta mengabaikan kegiatan perawatan kuku demi menjaga kecantikan kuku yang berdampak pada kesehatan tubuh secara umum.

sponsor: dr rochelle skin expert.

Trik Perawatan Kuku Di Rumah

Trik perawatan kuku di rumah sebenarnya mudah dan dengan menggunakan alat yang pastinya mudah dicari dan digunakan. Perawatan kuku untuk keindahan dilakukan agar kuku terlihat dengan bentuk cantik dan bersih sehingga menunjang penampilan. Dari sisi kesehatan, perawatan kuku dilakukan agar kuman penyakit tidak bersembunti di sela-sela kuku jari, sehingga penyebaran penyakit bisa diminimalkan dan dicegah. Bayangkan jika kuku jari kaki dan tangan berwarna hitam atau kekuningan, maka yang terlihat adalah kesan jorok dan tidak sedap dipandang mata.

Merawat kuku di rumah bisa dilakukan dengan meluangkan sedikit waktu. Cara sederhana perawatan kuku di rumah bisa dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Siapkan ember dan air

Yang pertama harus dilakukan untuk melakukan perawatan kuku jari kaki dan tangan adalah air yang digunakan untuk media pembersihan. Air bisa disiapkan dalam ember, dan sebaiknya terpisah untuk perawatan kaki dan tangan. Ember berisi air tersebut dicampurkan dengan sabun dan garam, serta dilarutkan. Tangan atau kaki berikutnya dicelupkan dan direndam dalam ember kurang lebih selama 15 menit.

Untuk lebih memberikan rasa nyaman pada kaki saat dirawat, pada dasar ember bisa diletakkan kerikil atau kelereng, agar bisa digunakan sebagai media pijat, yang membantu pula memperlancar aliran darah di bagian kaki.

  1. Bersihkan kuku jari tangan atau kaki

Selanjutnya, kuku yang telah direndam menjadi lebih lunak atau tidak kaku sehingga mempermudah dalam proses pembersihan kuku. Kuku bisa dibersihkan dengan menggunakan sikat halus seperti sikat gigi agar kotoran di sela-sela kuku bisa keluar, sehingga menjadi bersih tanpa sarang kuman penyakit.

  1. Menggosok tumit dan telapak kaki

Untuk perawatan pada kaki, jangan sampai terlupakan pula kebersihan tumit dan telapak kaki. Membersihkan tumit dan telapak kaki bisa menggunakan batu apung dengan cara digosok-gosokkan. Selain untuk membersihkan kotoran, menggosok tumit bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Jika tidak diangkat, sel kulit mati yang menempel pada tumit bisa membuat tumit pecah-pecah dan kasar.

  1. Mengeringkan kuku

Setelah selesai dibersihkan kukunya, tangan atau kaki bisa diangkat dari air rendaman, dan kemudian di dibungkus menggunakan handuk agar lebih cepat kering. Kuku jari kaki dan tangan bisa dipijat dengan ringan secara bergantian.

Untuk lebih mempercantik, kuku kemudian dibentuk dengan kikir khusus kuku dan berikutnya bisa dilanjutkan penggunaan  bahan perawatan kuku, jika diinginkan.

  1. Memberikan bahan perawatan kuku

Tahap berikutnya bisa dilakukan perawatan kuku dengan menggunakan beberapa produk khusus untuk kuku, seperti nail buffer, cuticle remover, nail hardener, cuticle cream, base coat.

  • Nail buffer

Nail buffer adalah kikir yang khusus digunakan untuk kuku. Fungsi penggunaannya yaitu untuk meratakan permukaan kuku dan untuk mengurangi warna kuning yang muncul pada permukaan kuku. Disarankan penggunaan nail buffer ini tidak terlalu sering digunakan agar kuku tidak menjadi tipis, misalnya bisa digunakan 2 kali dalam sebulan.

  • Cuticle remover

Cuticle atau dalam bahasa Indonesia disebut pula dengan istilah kutukula, merupakan lapisan kulit yang ada di sekitar kuku yang biasanya mengeras. Hindarilah membersihkan kutikula ini dengan cara menggunting , melainkan dengan cuticle remover. Bahan ini bisa dioleskan pada daerah kutikula kuku, biarkan hingga kurang lebih 15 menit, lalu bersihkan dengan stik cotton bud.

  • Nail hardener

tujuan penggunaan nail hardenner adalah untuk memperkuat dan memperkokoh kuku agar tidak mudah patah. Gunakanlah sesuai petunjuk penggunaan, dan gunakan secara teratur, agar struktur kekuatan kuku menjadi lebih kuat. Disarankan untuk menggunakan nail hardener pada ujung kuku, agar tidak kena kutikula. Jika mengenai kutikula, nail hardener dapat membuat kutikula mengeras dan sulit dibersihkan.

  • Cuticle cream

Krim jenis ini diperuntukkan khusus setelah membersihkan cat kuku. Fungsinya penggunaannya untuk memberikan kelembaban pada kuku karena penggunaan bahan kimia cat kuku dan pembersihnya.

  • Base coat

jika kuku ingin diwarnai lagi, maka sebelum menggunakan cat kuku disarankan untuk menggunakan bahan base coat. Pilihlan bahan coat yang mengandung vitamin dan zat penguat kuku agar lebih bisa menutrisi kuku. Tujuan penggunaan base coat selain menutrisi kuku, adalah untuk mengurangi warna kuning pada kuku, serta membuat warna cat kuku yang menempel lebih tahan lama.

Perawatan kuku jari tangan dan kaki jika dilakukan sendiri, bisa dilaksanakan secara bergantian, bisa dilakukan pada hari yang sama atau bergantian hari agar lebih maksimal. Jika ingin menggunakan cat kuku, maka gunakanlah pewarna kuku yang asli dan terjamin keamanannya, agar terjamin kesehatannya ketika digunakan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top