Tips & Trik Parent

Trik Mengatasi Anak Alergi Susu Sapi

Untuk menunjang perkembangan anak agar lebih optimal, susu merupakan salah satu nutrisi penting yang biasanya akan diberikan. Setelah memberikan ASI ekslusif, orang tua biasanya akan memberikan susu formula demi mencukupkan kebutuhan gizi dari anak mereka. Tidak jarang, ada beberapa orang tua yang memberikan susu sapi pada anaknya. Namun, harus dimengerti bahwa tidak semua anak cocok untuk mengkonsumsi susu sapi yang Anda berikan. Anak-anak memang memiliki daya tahan yang lebih rentan bila dibandingkan dengan fisik orang dewasa. Tidak jarang mereka akan mendapati tubuh yang terkena alergi karena konsumsi susu sapi tersebut. Alergi yang terjadi tentu saja akan membuat Anda menjadi was-was tentang kesehatan bayi Anda. Namun, Anda tidak selaknya khawatir karena ada beberapa trik mengatasi anak alergi susu sapi yang bisa Anda lakukan dengan cukup mudah. Berikut ada beberapa ulasan singkat mengenai hal ini yang bisa Anda lakukan untuk anak Anda.

Trik Mengatasi Anak Alergi Susu Sapi.2

Sponsor : produk pemutih wajah

  1. Memaksimalkan pemberian ASI

Salah satu cara yang sangat efektif untuk mengatasi alergi yang terjadi karena susu sapi adalah dengan tidak memberikan susu sapi pada anak Anda dalam waktu yang tertentu. Dalam hal ini, terutama jika Anda memiliki anak yang masih kecil dan masih berada pada usia menyusui, maka akan sangat tepat jika Anda memaksimalkan pemberian ASI pada anak Anda. ASI yang merupakan makanan terbaik bagi anak Anda tentu sangat tepat untuk selalu diberikan. Kandungan ASI sebenarnya sudah sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dari anak Anda. Jika memang susu sapi belum terlalu penting untuk di berikan, maka maksimalkanlah pemberian ASI sehingga anak akan bebas dari alergi yang mungkin saja terjadi.

  1. Terapi imun pada anak

Diantara penyebab dari alergi susu sapi yang menyerang adalah kondisi tubuh anak yang belum stabil dan tidak bisa menerima asupan makanan tertentu yang mengandung kandungan yang tidak familiar dengan tubuh mereka. Susu sapi memang memiliki kandungan gizi yang sangat banyak yang tentu dapat membantu anak mendapatkan kesehatan yang lebih baik. Namun, tidak dipungkiri bahwa kondisi anak yang tidak stabil membuat tubuh mereka tidak bisa menerima kandungan susu sapi dan efeknya terjadi alergi. Nah, salah satu cara yang tepat untuk mengatasi masalah alergi susu sapi ini adalah dengan terapi imun atau imunoterapi. Ini adalah salah satu terapi yang cukup efektif untuk meningkatkan kestabilan tubuh dari anak Anda sehingga alergi bisa di cegah dan dihindari dengan cukup mudah.

  1. Memilih susu sapi yang tepat

Kesalahan pemilihan produk susu sapi juga ditengarai menjadi salah satu penyebab utama dari alergi yang terjadi pada tubuh anak Anda. Di pasaran, kita tentu tahu bahwa ada banyak sekali produk susu sapi yang tersedia dan tentu bisa membuat Anda menjadi lebih leluasa untuk memilihnya. Untuk mencegah alergi susu sapi agar tidak terjadi, tentu saja Anda harus bijak dalam memilih susu sapi yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anak Anda. Dalam hal ini, sebagai orang tua, pilihlah susu sapi yang sudah diproses dengan beragam langkah sehingga kemungkinan alergi akan menurun dan cenderung hilang. Selain itu, Anda juga bisa mengganti susu sapi dengan sosu formula.

  1. Berikan obat anti alergi

Jika alergi sudah kadung terjadi, memberikan obat adalah salah satu tindakan yang harus diambil dan ini memang sebuah pilihan yang tepat untuk Anda lakukan. Obat alergi akan mengurangi dampak alergi yang disebabkan oleh susu sapi yang dikonsumsi oleh anak Anda. Meskipun di apotek terdapat banyak obat yang mungkin bisa Anda pilih, tentu saja Anda harus tetap selektif untuk memilih obat alergi untuk anak Anda agar tidak terjadi sesuatu yang justru memperburuk keadaan. Adapun obat yang cukup aman untuk dikonsumsi oleh anak Anda adalah obat antihistamin H1 dan H2. Obat ini adalah pilhan tepat untuk meredakan gangguan alergi yang akan terjadi sehingga anak Anda akan kembali sehat sebagaimana sedia kala.

  1. Konsultasi pada dokter

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi alergi anak pada susu sapi, terlebih jika alergi terjadi berulang kali, adalah dengan berkonsultasi dengan dokter. Konsultasi dengan dokter adalah cara yang tepat untuk Anda lakukan. Dokter tentu memiliki pengetahuan yang lebih daripada Anda saat mengatasi masalah alergi yang disebabkan oleh susu sapi tersebut. Nah, ajak anak Anda berkonsultasi dengan dokter guna mengetahui penyebab dari alergi susu sapi tersebut, seperti apakah anak Anda memang memiliki kulit yang sensitive atau lainnya. Jangan lupa juga untuk meminta saran pada dokter guna mendapatkan resep pemenuhan nutrisi anak yang tepat setiap hari jika harus menghentikan konsumsi susu sapi untuk sementara waktu.

Alergi susu sapi merupakan hal yang bisa saja terjadi dikarenakan beberapa sebab yang berbeda. Susu sapi memang menjadi salah satu pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian pada anak Anda. Namun, jika alergi terjadi setelah pemberian susu sapi, maka tentu saja Anda perlu melakukan beberapa tindakan tertentu untuk pencegahan dan pengobatan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top