Tips & Trik Parent

Trik Membuat Anak Cerdas Sejak Dini

Memiliki anak yang cerdas memang merupakan dambaan bagi orang tua dan tentu saja bagi Anda. Memang, anak yang cerdas akan membahagiakan orang tua dengan segala perkembangannya yang nampak maksimal. Nah, perlu dipahami bahwa peran seorang tua amatlah penting dalam mencerdaskan anak mereka. Orang tua adalah panutan pertama sejak anak masih kecil dan belum mengenal apapun. Oleh karena itu, dengan peran yang sangat penting tersebut, orang tua tentu harus memiliki beberapa trik dan cara untuk mendidik anak dengan benar. Terkait cara untuk membuat anak menjadi cerdas sejak dini, memang ada beberapa hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Berikut kita akan membahas beberapa hal terkait trik membuat anak cerdas sejak dini yang dapat Anda lakukan dengan cara yang cukup mudah. Apa saja trik tersebut? Simak beberapa penjelasan di bawah ini.

Trik Membuat Anak Cerdas Sejak Dini.2

Sponsor : cream perawatan wajah

  1. Penuhi asupan gizi saat mengandung

Untuk memiliki anak yang cerdas sebagaimana yang Anda inginkan, Anda dapat melakukannya sejak Anda masih mengandung. Nah, pada saat bayi masih di dalam kandungan, memenuhi asupan gizi merupakan salah satu hal yang sangat penting. Gizi yang berasal dari beragam jenis makanan yang akan Anda konsumsi tentu saja akan mempengaruhi pertumbuhan janin, terutama pertumbuhan otak. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan makanan yang Anda konsumsi. Selama hamil, Anda sebaiknya mengkonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung vitamin, mineral, omega-3, protein dan lainnya. Dukung pula dengan konsumsi susu khusus untuk ibu hamil. Selain itu, Anda juga harus menghentikan beragam kebiasaan buruk yang mengganggu kehamilan, seperti begadang.

  1. Rangsang janin di dalam kandungan

Ketika kehamilan Anda sudah menginjak usia 6 bulan, Anda harus tahu bahwa jaringan struktur otak bayi sudah terbentuk dan mulai berfungsi. Hal ini berarti Anda harus memperhatikan pertumbuhan otak bayi Anda agar otak bayi terbentuk dengan sempurna. Nah, ada beberapa hal yang cukup penting untuk Anda lakukan, salah satunya adalah merangsang janin. Rangsangan yang Anda berikan tentu akan membuat bayi menjadi lebih aktif dan jarangan otak dapat berkembang perlahan. Ada beberapa cara merangsang janin yang dapat ada lakukan, seperti memberikan sentuhan secara sengaja, memberikan kontak dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, perasaan Anda pun juga dapat mempengaruhi pertumbuhan dari janin tersebut. Dalam hal ini Anda harus sebisa mungkin menciptakan suasana hati yang kondusif.

  1. Berikan ASI ekslusif saat sudah lahir

Tips selanjutnya untuk mencerdaskan anak sejak dini yang dapat Anda lakukan adalah memberikannya ASI ekslusif saat bayi Anda sudah terlahir. Dewasa ini, kita sering melihat bahwa beberapa ibu cenderung tidak memberikan ASI secara ekslusif dikarenakan kesibukannya dalam bekerja. Padahal, ASI bagi bayi adalah salah satu hal yang sangat penting. Semua nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi ada di dalam ASI. Oleh karena itu, berikan ASI secara ekslusif selama 2 tahun. Selain memberikan ASI, memang Anda juga perlu memberikan makanan penunjang sesuai dengan usia bayi dan juga resep dari dokter demi keamanan sistem pencernaan.

  1. Tidak membatasi lingkungan bermain

Dunia anak adalah dunia bermain. Hal semacam ini harus menjadi perhatian khusus bagi orang tua. Nah, sebaiknya Anda jangan membatasi lingkungan bermain anak Anda karena semakin luas lingkungan bermain, maka akan banyak ide dan hal baru yang akan di ketahui oleh anak anda. Hal ini akan sangat mendukung perkembangan otak dan kecerdasan anak Anda. Beragam warna, suasana, kejadian dan teman tentu akan memudahkan anak Anda untuk beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda. Akan tetapi, tentu saja Anda tidak boleh melupakan unsur pendampingan. Tidak membatasi lingkungan bermain tentu harus di sertai pendampingan agar anak tumbuh dengan lingkungan yang baik dan sehat.

  1. Berikan lingkungan yang kondusif

Untuk mencerdaskan anak sejak dini, faktor lingkungan keluarga menjadi salah satu hal yang tidak bisa dilepaskan. Keluarga merupakan hal pertama yang ditemui seorang anak dalam hidupnya. Tentu saja, apa yang terjadi dalam keluarga tersebut dapat terekam dengan baik dalam memori anak. Dalam hal ini, sebagai orang tua yang ingin mendapatkan seorang anak yang cerdas sejak dini, tentu Anda harus memberikan lingkungan yang kondusif bagi mereka. Lingkungan yang kondusif akan sangat mendukung pertumbuhan otak Anda dengan maksimal. Jangan penuhi rumah dengan konflik yang tidak perlu karena emosi anak juga pasti akan terpengaruhi. Usahakan untuk selalu menyebarkan suasana keluarga yang lebih nyaman dan penuh cinta sehingga anak akan hidup dengan lebih damai dan otaknya tidak terisi dengan hal berbau kekerasan.

Beberapa poin di atas memang hanya merupakan salah satu contoh kecil dari beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencerdaskan anak Anda sejak dini dengan lebih mudah. Tentu masih banyak hal lain yang dapat Anda lakukan, seperti mengajarkan anak Anda beberapa pengetahuan baru, mengajaknya mengenal hal di sekeliling mereka dengan piknik, dan lainnya. Lakukan beberapa hal tersebut secara bijak dan proporsional demi hasil yang lebih maksimal. Jika perlu, Anda dapat membuat list kebutuhan anak sesuai dengan umur mereka. Semoga membantu.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top