Tips & Trik Parent

Trik Memberikan Saran Kepada Anak

Memberikan saran pada anak merupakan salah satu kewajiban bagi orang tua. Orang tualah yang mengerti situasi anak dan wajib memberikan saran. Orang tua juga memang dianggap sebagai pihak yang paling mengerti tentang masalah yang dialami oleh anaknya sehingga saran dari orang tua biasanya sangat tepat sesuai dengan kebutuhan si anak. Selain itu, saran yang diberikan juga merupakan tanda kasih sayang teramat dalam yang dimiliki orang tua kepada anaknya. Saran adalah cara yang tepat untuk menyampaikan perhatian dan cinta kasih. Namun, perlu diingat bahwa meskipun saran yang Anda berikan adalah saran yang baik dan membangun, terkadang seorang anak akan susah menerima saran dari orang tuanya. Hal ini disebabkan beberapa hal, seperti kondisi jiwa yang belum tenang, perbedaan cara berpikir, dan lainnya. Oleh karena itu, berikut beberapa trik memberikan saran kepada anak yang baik dan tidak menyinggung perasaan, sehingga anak Anda dapat menerima saran Anda dengan lapang.

 Trik Memberikan Saran Kepada Anak.2

Sponsor : pemutih wajah

  1. Ajak anak berbicara berdua

Salah satu trik yang sangat tepat untuk memberikan saran pada anak Anda adalah dengan mengajaknya berbicara berdua saja. Ya, hal ini merupakan trik pertama dan cenderung sangat efektif untuk dilakukan. Kenapa harus berbicara berdua dengan anak Anda? Ada beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dari trik ini. Berbicara berdua dengan anak Anda tentu dapat mendengarkan keluh kesah anak Anda dengan baik sehingga solusi yang Anda berikan biasanya akan lebih tepat. Selain itu, berbicara berdua dengan anak akan meningkatkan privasi anak Anda. Hal ini tentu baik untuk tidak membuatnya malu karena di nasihati di depan umum.

  1. Lakukan dengan tenang

Memang, ada beberapa alasan kenapa orang tua harus memberikan saran pada anaknya. Biasanya, saran yang diberikan terkait suatu kesalahan yang dilakukan oleh si anak, seperti tidak mengerjakan PR, terlambat pulang, atau hal lainnya. Nah, trik kedua yang harus Anda perhatikan saat ingin memberikan saran pada anak Anda adalah dengan melakukannya dengan tenang. Berbicaralah dengan tenang pada anak Anda tanpa disertai emosi yang meletup meskipun anak Anda berbuat kesalahan. Hal ini penting untuk diperhatikan karena saran yang diberikan dengan emosi akan cenderung tidak diterima dan tentu saja akan membuat anak justru menjadi semakin bandel. Tunjukkan perhatian Anda dan kasih sayang Anda dengan saran yang lemah lembut.

  1. Biarkan anak Anda bercerita

Sebelum Anda memberikan saran pada anak Anda, sebaiknya biarkan anak Anda bercerita. Mengajak anak untuk bercerita adalah hal yang cukup penting untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dan ia rasakan. Anak yang mau bercerita patut untuk diapresiasi karena mereka berani mengungkapkan isi hatinya pada Anda. Jangan potong cerita anak Anda dan jadilah seorang pendengar yang baik. Jika Anda sudah bisa menggarisbawahi apa yang menjadi persoalan yang cukup mengganggu, maka berikan saran yang tepat untuk anak Anda. Anda bisa saja berbagai pengalaman jika memiliki kasus yang sama. Hal ini sangat baik untuk membuktikan bahwa saran yang Anda berikan merupakan saran yang terbaik dan sudah terbukti.

  1. Perhatikan situasi anak

Hal lain yang sekiranya cukup penting untuk Anda perhatikan saat hendak memberikan saran pada anak Anda adalah dengan memperhatikan situasi yang ada. Disadari atau tidak, situasi akan sangat mempengaruhi diterima atau tidaknya saran yang akan Anda berikan. Nah, sebelum memberikan saran pada anak Anda, maka perhatikan situasi sekitar. Jangan berikan saran pada anak Anda misalnya saat ia baru saja pulang dari sekolah atau bangun tidur. Selain itu, perhatikan juga kondisi jiwa dari anak Anda. Jika anak Anda sedang murung atau marah, maka tundalah hingga anak Anda benar-benar siap untuk menerima saran yang akan Anda berikan.

  1. Tawarkan ide dan jangan paksakan kehendak

Saat Anda memberikan saran pada anak Anda, berusahalah untuk memberikan ide-ide baru yang membangun. Ide ini merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk Anda berikan. Dengan ide-ide baru dari pemikiran Anda yang dewasa, tentu anak Anda akan mendapatkan sebuah solusi yang tepat sesuai dengan yang mereka perlukan. Namun, di sisi lain, Anda tidak bisa memaksakan kehendak atas saran yang Anda berikan. Biarpun Anda memberikan saran pada anak Anda, tetap biarkan anak Anda berpikir dan mempertimbangkan saran Anda sendiri. Hal ini penting untuk melatih cara berpikir anak Anda. Jika anak Anda memilih melakukan hal lain yang bertentangan dengan saran Anda, maka berarti anak Anda berani menanggung konsekuensi yang akan didapatkan.

Beberapa tips di atas merupakan cara yang cukup tepat yang bisa Anda lakukan untuk memberikan saran pada anak Anda. Saran merupakan bentuk perhatian dan kasih sayang orang tua pada anak. Hal ini adalah esensi yang tidak bisa Anda lupakan. Agar saran Anda bisa di terima dengan baik, maka lakukan beberapa tips di atas dengan sabar dan penuh perhatian. Berusahalah untuk menjadi mitra yang baik untuk anak Anda. Dengan begitu, anak juga akan merasa nyaman dengan diri kita sehingga apapun yang disarankan akan mudah diterima.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top