Kulit ku

Trik Kulit Cantik Dengan Yoghurt

Seperti yang sudah banyak diketahui, yoghurt merupakan hasil dari olahan susu yang sudah mengalami fermentasi. Rasa yoghurt memang begitu khas dan berbeda dari rasa susu asalnya. Perubahan rasa menjadi sedikit masam ditambah pula dengan teksturnya yang lebih kental menjadi ciri khas yoghurt. Yoghurt yang dingin dakam keadaan beku sering pula disebut dengan istilah froyo, frozen yoghurt, bisa dikonsumsi seperti layaknya makan es krim. Selain bermanfaat pada kesehatan tubuh saat dikonsumsi, bisa pula dimanfaatkan untuk perawatan kulit. Trik kulit cantik dengan yoghurt bisa dilakukan dengan menggunakan yaghurt plain, tanpa pewarna dan perasa apapun. Penting sekali menggunakan yoghurt tawar karena ada beberapa alasan, jika menggunakan yoghurt yang menggunakan pewarna dan perasa akan memberikan bahaya bagi kulit, seperti iritasi, ruam, dan bisa pula memperparah kondisi jerawat bagi yang kulitnya berjerawat.

sponsor: dr rochelle skin expert.

Trik Kulit Cantik Dengan Yoghurt

Manfaaat yoghurt untuk kecantikan kulit bisa diaplikasikan pada kulit tubuh maupun kulit wajah. Beberapa manfaat yoghurt untuk kecantikan kulit antara lain:

  1. Membantu menghilangkan komedo

Komedo merupakan problem kulit dimana pori-pori tersumbat yang bisa disebabkan oleh kotoran, sel kulit mati atau sekresi  kelenjar minyak. Komedo yang dibiarkan menutupi pori-pori kulit menyebabkan kulit terlihat seperti ada bintik-bintik hitam atau yang disebut pula dengan istilah blackhead. Sedangkan pada pori-pori kulit yang tersumbat dan tertutup dengan kulit di atasnya sehingga tampak seperti tonjolan putih kecil, disebut dengan istilah whitehead.

Mengatasi masalah komedo dapat dilakukan dengan memanfaatkan yoghurt dengan cara membuat pasta kental yang teridi dari campuran yoghurt dan tepung beras. Pasta tersebut dibuat dengan ukuran perbandingan terserah, tidak ada pakem aturan yang pasti. Pasta kemudian dioleskan pada bagian kulit yang berkomedo dan digosok dengan gerakan melingkar. Tepung berasa digunakan sebagai scrub kulit untuk mengangkat sel kulit mati dan komedo. Penggunaan pasta ini tidak hanya dilakukan saat kulit sudah berkomedo, namun bisa dilakukan sebagai upaya pencegahan agar kulit wajah tidak berkomedo.

  1. Membantu menghilangkan jerawat

Yoghurt yang sifatnya cukup masam ternyata juga mengandung bahan anti bakteri. Oleh korena itu, yoghurt bisa dimanfaatkan untuk membantu mengatasi kulit yang berjerawat. Gunakan benar-benar yoghurt plain agar lebih aman untuk kulit yang berjerawat. Cara perawatannya yaitu dengan mengoleskan yoghurt pada bagian wajah yang berjerawat sebagai masker. Setelah teroles dengan merata, biarkan kulit wajah untuk disimakan kurang lebih selama 30 menit. Tahap akhir, wajah dibersihkan dengan mengusapkan kain yang  telah dibasahi pada wajah. Lakukan hingga wajah betul-betul bersih.

  1. Membantu melembabkan kulit kering

Bagi yang memiliki problem kulit kering, baik kulit tubuh maupun kulit wajah, solusinya bisa memanfaatkan yoghurt dengan bahan tambahan pisang dan madu. Caranya pembuatannya yaitu dengan menghaluskan 1 buah pisang dan kemudian dicampurkan dengan yoghurt dan madu dengan takaran secukupnya sesuai selera. Pasta campuran ini kemudian bisa dioleskan bagian kulit wajah yang kering atau bagian kulit tubuh lainnya. Biarkan kira-kira 30 menit dan bilas dengan air dingin hingga kulit bersih.

  1. Membantu menghilangkan mata panda

Lingkaran gelap pada kulit bawah bagian mata sering disebut dengan istilah mata panda. Yoghurt bisa dimanfaatkan untuk menyamarkan mata panda ini dengan mengoleskan yoghurt di area kulit bagian bawah mata yang terlihat gelap tersebut. Lakukan treatment ini saat menjelang tidur di malam hari, dan basuh muka pada pagi hari. Gunakan yoghurt dengan cara ini rutin setiap hari agar warna gelap bagian bawah kulit mata memudar.

  1. Membantu mengangkat sel kulit mati

Secara umum, mengangkat sel kulit mati bisa dilakukan dengan menggunakan scrub pada kulit. Yoghurt memberikan kelembaban pada kulit dan memudahkan saat akan mengangkat sel kulit mati. Manfaat yoghurt dipadukan dengan oats sebagai bahan scrub yang membantu mengangkat sel kulit mati. Cara pembuatannya yaitu dengan mencampurkan yoghurt dan oat dengan perbandingan 2 : 1. Misalnya menggunakan 2 sendok yoghurt dicampurkan dengan 1 sendok oats. Scrub yoghurt ini bisa digunakan pada area kulit wajah maupun kulit tubuh lainnya. Setelah menggunakan scrub jangan lupa untuk membersihkan kulit hingga bersih.

  1. Membantu mengatasi kulit kusam

Yoghurt merupakan susu fermentasi yang mengandung asam laktat yang dapat membantu pengelupasan, melembabkan , serta membuat kulit mulus. Kulit kering biasanya akan cenderung tampak kusam. Oleh karenanya, yoghurt bisa digunakan pula untuk memperbaiki kulit kondisi kulit yang kusam. Cara perawatannya yaitu dengan mengoleskan yoghurt pada kulit, serta memijatnya dengan perlahan agar bisa meresap ke dalam kulit. Selanjutnya, diamkan kulit kurang lebih 10 menit, lalu akhiri dengan pembilasan dengan air hangat.

  1. Membantu mengurangi kulit belang

Kulit yang sering terpapar sinar matahari bisa menjadi kusam dan belang. Warna kulit menjadi tidak merata karena terpapar radiasi sinar UV. Untuk mengatasi warna kulit yang belang ini, yoghurt dimanfaatkan dengan campuran sari lemon sebagai sumber vitamin C. Perbandingan campuran tidak ada takaran pasti, secukupnya saja sesuai selera dan kebutuhan. Campuran kedua bahan tersebut dioleskan dengan merata pada bagian kulit yang belang, baik kulit wajah atau bagian kulit tubuh lainnya. Biarkan sesaat, lalu bilas dengan air hingga kulit bersih.

  1. Sebagai bahan anti aging

Kandungan asam laktat pada yoghurt bisa membantu mencegah penuaan dini pada kulit. Pada kulit wajah, yoghurt bisa digunakan sebagai masker, yang tujuannya untuk membantu menyamarkan kerutan dan membuat kulit menjadi lebih lembut, kenyal, dan bercahaya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top