Tips & Trik Parent

Trik Jedar Atasi Anak Kecanduan Gadget

Dewasa ini, fenomena dekatnya anak dengan gadget memang bukan merupakan hal yang tabu lagi. Bagaimana dengan anak Anda? Anak susah dipisahkan dengan gadget merupakan hal yang biasa dan banyak ditemukan di lingkungan masyarakat. Gadget memang menjadi salah satu kebutuhan pokok sekarang ini. Tidak hanya terbatas untuk komunikasi, gadget juga menjadi benda yang simple untuk memainkan banyak game yang terkadang juga disukai oleh anak-anak. Akan tetapi, Anda harus tahu bahwa seringnya anak memainkan gadget adalah hal yang kurang bagus. Anak yang terlalu sering memainkan gadget cenderung susah untuk bersosialisasi dengan teman-temannya dan juga ia akan cenderung malas untuk belajar. Kekhawatiran inilah yang juga dirasakan oleh Jedar, atau Jessica Iskandar. Nah, artis cantik ini memiliki beberapa trik efektif menjauhkan anaknya dari bermain gadget berlebihan. Apa saja trik Jedar atasi anak kecanduan gadget yang bisa kita tiru sebagai orang tua?

Trik Jedar Atasi Anak Kecanduan Gadget.2

Sponsor : perawatan wajah terbaik

  1. Menjauhkan gadget dari anak

Salah satu cara paling efektif yang dilakukan untuk mencegah anak kecanduan gadget adalah dengan menjauhkan gadget itu sendiri pada anak. Inilah cara yang dilakukan oleh Jedar dalam kesehariannya. Jedar selalu membatasi waktu anaknya mengoperasikan gadget terutama saat berada di rumah. Dengan semakin jarang anak memegang gadget, tentu saja ia akan merasa tidak khawatir jika tidak menggenggam gadget seharian. Di sisi lain, Jedar juga membatasi dirinya untuk tidak selalu mengoperasikan gadget terutama saat berada di dekat anaknya. Jedar menyadari bahwa anak memiliki kecenderungan meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Oleh karena itu, selain membatasi anak untuk tidak selalu bermain gadget, memberikan contoh adalah hal yang sangat penting.

  1. Perlakukan gadget dengan benar

Hal lain yang dilakukan Jedar untuk menjaga anaknya agar tidak kecanduan gadget adalah dengan memperlakukan gadget dengan benar. Apa maksudnya? Nah, maksud dari poin ini adalah jangan menggunakan gadget sebagai hadiah atau suap. Misalnya, ketika anak berhasil mendapatkan nilai yang baik di sekolah, tentu Anda tidak diperkenankan untuk memberikan akses lebih untuk menggunakan gadget. Selain itu, ketika anak rewel dan menangis karena sesuatu, memberikan gadget sebagai suap agar mereka diam dan kembali tenang juga merupakan hal yang harus dihindari. Jedar selalu berusaha memberikan apresiasi dan perhatian yang berbeda kepada anaknya. Apresiasi memang penting tetapi dengan selalau bergantung pada gadget, kita secara tidak langsung mengajarkan anak untuk menggunakan gadget sebagai mainan, bukan teknologi.

  1. Membatasi pemberian gadget

Poin ketiga dari apa yang dilakukan Jedar untuk menjaga anaknya agar tidak kecanduan gadget adalah dengan tidak memberikan gadget pada anaknya di waktu tertentu alias membatasi pemberian gadget pada sang buah hati. Beberapa dari kita mungkin kerap memiliki waktu tertentu untuk membuka gadget, seperti mengecek email yang masuk saat pagi hari atau membaca beberapa berita menjelang tidur. Nah, harus dibiasakan untuk tidak menularkan penggunaan gadget di waktu tertentu ini pada anak-anak. Mungkin kita menggunakannya karena sebuah kebutuhan, tetapi bagaimana dengan anak kita? Anak yang terbiasa mengoperasikan gadget di waktu tertentu akan cenderung selalu meminta gadget dan lebih susah untuk dibatasi. Selain itu, sinar dari gadget sebenarnya kurang baik bagi mata anak-anak, terutama saat menjelang tidur.

  1. Ajak anak untuk bercerita

Daripada memberikan gadget sebagai alat permainan, lebih baik Anda membiasakan untuk mengajak Anda bercerita saat Anda berada di rumah. Salah satu masalah yang kini terjadi pada anak-anak adalah rendahnya minat membaca. Kenapa minat membaca bisa rendah? Hal ini salah satunya adalah tidak adanya peran orang tua untuk mengarahkan mereka. Nah, jika anak Anda sudah bisa membaca, maka Anda dapat membeli beberapa buku sesuai dengan usia mereka. Ajak anak Anda menceritakan apa yang sudah ia baca untuk mengukur kemampuan komunikasi verbal anak-anak. Selain itu, Anda juga bisa bermain peran dengan anak Anda sesuai dengan cerita yang ia baca atau Anda cerita. Hal inilah yang juga sering dilakukan oleh Jedar saat ia berada di rumah.

  1. Ajak anak untuk berkebun

Berkebun menjadi salah satu solusi paling efektif yang dilakukan oleh Jedar untuk mencegah anaknya agar tidak kecanduan gadget. Cara ini akan sangat tepat bila anak Anda juga memiliki kebiasan bermain game atau menonton video game yang berhubungan dengan tumbuhan di gadget mereka. Nah, banyak hal yang dapat Anda lakukan pada saat berkebun ini, seperti menanam pohon yang baru, menyirami pohon, membersihkan kebun dan lainnya. Selain mengalihkan perhatian anak Anda dari gadget, berkebun dapat membuat anak Anda menjadi lebih aktif dan juga eksploratif. Jangan batasi anak Anda hanya dengan alasan kotor karena perkembangan anak memang lebih penting dari alasan tersebut. Selain berkebun, Anda juga dapat melakukan beberapa kegiatan outdoor menarik lainnya.

Beberapa tips menjaga anak dari kecanduan gadget yang dilakukan oleh Jedar sebagaimana dijelaskan di atas merupakan contoh yang sangat tepat untuk Anda lakukan di rumah. Usia anak memang usia perkembangan yang sangat penting untuk diperhatikan. Oleh karena itu, jangan lantas karena alasan sibuk, kita kurang memperhatikan anak dan membiarkannya bermain gadget sepanjang waktu. Semoga membantu.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top