Olahraga

Trik Cerdas Olahraga Saat Cuaca Panas

Trik Cerdas Olahraga Saat Cuaca Panas

Cuaca kadang tak menentu. Ada kalanya musim hujan namun cuaca tetap panas dan menyengat. Begitu sebalinya, saat musim kemarau tiba, hujan bisa saja datang. Meski demikian, buka berarti harus menyurutkan semangat Anda untuk berolahraga. Cuaca panas kadang bisa jadi penghalang untuk berolahraga. Alasanya sederhana, cuaca panas bisa membuat tubuh mudah lemas, pusing hingga dehidrasi. Saat melihat matahari terbit dengan terang, kadang membuat kita mengurungkan niat untuk keluar rumah. Lalu bagaimana caranya supaya waktu olahraga tak tersendat karena cuaca panas? Berikut trik cerdas olahraga saat cuaca panas untuk Anda.

trik cerdas olahraga saat cuaca panas

Sponsor: halojasa

1. Mandi air dingin

Saat cuaca tengah panaa, mandi dengan air dingin adalah pilihan. Anda bisa mandi dengan air dingin sebelum berolahraga. Mandi dengan cara ini dalat membantu kulit lebih dingin sehingga mengurangi temperatur atau suhu tubuh selama berloharaga. Basahi juga kepala dan rambut agar membantu waktu berlari menjadi lebih segar dan terlindung dari panas akibat paparan sinar matahari.

Trik Cerdas Olahraga Saat Cuaca Panas

2. Gunakan pakaian yang longgar

Trik berikutnya adalah memakai pakaian olahraga yang nyaman, dingin dan longgar. Pakaian yang longgar akan membantu tubuh tetap dingin karena sirkulasi udara yang masuk ke dalam pakaian. Pakaian longgar juga membantu mencegah rasa gerah dan keringat berlebih saat Anda berlari. Hindari celana ketat dan pilih yang memiliki ventilasi baim sehingga dapat menyerap udara dengan baik. Hindari pula pakaian berwarna gelap sebab cuaca panas akan mudab membuat pakaian menyerap panas dengan cepat.

Trik Cerdas Olahraga Saat Cuaca Panas

3. Oleskan SPF pada tubuh

Menggunakan lotion dengan kandungan SPF akan membantu Anda terlindung dari panas dan paparan sinar UV. Meski sederhana, kulit Anda membutuhkan perlindungan saat berada di bawah sinar matahari langsung. Sinar matahari yang menyengat bisa membakar kulit, membuatnya belang bahkan membuat kulit bermasalah. Oleh sebab itu, oleskan lotion SPF ke kulit tangan dan kaki dengan rata. Jika perlu lindungi kulit wajah dengan tabir surya atau sun block.

Trik Cerdas Olahraga Saat Cuaca Panas

4. Tetap terhidrasi

Kiat agar olahraga di hari yang panas tetap lancar yakni dengan tetap menjaga tubuh agar selalu terhidrasi. Semakin panas cuaca justru bisa membuat Anda makin berkeringat. Rutin minum selama berolahraga akan membantu tubuh terhindar dari dehidrasi. Dan usahakan menjaga asupan minum agar tubuh bebas dari bahaya akibat dehidrasi. Minum cukuo sebelum, selama dan setelah berolahraga.

trik cerdas olahraga saat cuaca panas

5. Atur rute olahraga

Kiat terakhir yang bisa membantu lancarkan olahraga Anda di cuaca panas adalah dengan mengurangi lamanya waktu berolahraga. Misalnga dari yang biasanya berlari selama 1 jam, Anda bisa kurangi menjadi 30 menit. Kurangi pula panjang rute yang Anda lalui. Jangan sampai memberatkan tubuh dan menyiksa kulit dengan banyak berolahraga di bawah terik matahari.

Jika memungkinkan, pilih lokasi olahraga di tempat gym. Jika perlu, gunakan jasa trainer olahraga yang bisa membantu latihan dengan lebih optimal.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top