Career Tips

Tips Wawancara Untuk Orang Introvert

Seorang yang introvert adalah orang yang lebih suka untuk menghabiskan waktu bersama dengan dirinya sendiri. Sehingga, bagi orang yang introvert ketika harus keluar dan beradaptasi dengan lingkungan kerja akan menjadi sangat sulit. Bahkan, saat wawancara pun sudah menjadi satu hal yang sangat memberatkan bagi seorang introvert. Perlu Tips Wawancara Untuk Orang Introvert yang khusus sehingga orang introvert bisa lebih berhasil dalam menjalankan tes wawancara kerjanya teresbut.

Tips Wawancara Untuk Orang Introvert

Sponsored by: produk pemutih wajah

Saat wawancara kerja seseorang harus bisa berbicara dengan baik sehingga hal ini bisa mejadi salah satu kesulitan yang dirasakan oleh para introvert. Merasa tak nyaman, gugup hingga tidak bisa menjawab segala jenis pertanyaan menjadi faktor yang membuat para introvert tidak bisa kembali mendapatkan peluang untuk melakukan tes wawancara. Namun, dengan berbagai tips berikut ini maka sebagai introvert tak perlu takut lagi ketika akan menghadapi tes wawancara kerja.

  1. Lakukan Riset

Sebelum sampai pada hari wawancara kerja sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu. Riset ini menjadi bagian yang sangat penting karena dengan riset seorang yang akan melakukaan wawancara kerja menjadi lebih tahu akan berbagai hal yang sekiranya bakal dibicarakan nanti. Melakukan riset juga akan membuat Anda lebih tahu lagi tentang berbagai hal yang berhubungan tentang perusahaan seperti data perusahaan, kinerja perusahaan hingga budaya kerja. Hal ini bisa menjadi bekal jika nanti ditanya oleh pihak HRD, maka Anda tidak akan menjadi kaku atau salah jawab.

  1. Bawa Catatan

Wawancara kerja bukanlah ujian kelas yang melarang Anda untuk membawa catatan ataupun portofolio yang Anda miliki. Oleh krarena itulah, saat masuk ke ruang wawancara kerja Anda bisa membawa catatan tersebut dan bisa menggunakannya ketika Anda merasa lupa atau gugup hingga menyebabkan Anda tidak bisa berkonsentrasi. Catatan ini nantinya berguna jika sewaktu-waktu pihak pewawancara kerja menanyakan suatu hal yang bisa memberatkan untuk Anda ingat.

  1. Siapkan Perbincangan Kecil

Memang tidak mudah untuk seorang introvert yng biasanya belum terbiasa untuk berbincang dan berbicara dengan seseorang kali ini harus dituntut untuk bisa melakukan interaksi langsung dengan orang lain dan langsung kepada seseorangy ang akan menentukan masa depannya. Oleh karena itulah, demi mendapatkan suasana yang lebih cair dan tidak terlalu gugup maka yang perlu diperhatikan adalah selalu siapkan berbagai perbincangan kecil yang nanti bisa membantu untuk menyairkan suasana. Hal ini juga bisa untuk membantu pewawancara lebih tahu dan mengenal diri Anda lebih dalam lagi.

  1. Anggap Saja HRD Teman Lama

Membuka diri untuk orang yang baru dan langsung berbincang-bincang memang tidak mudah perlu adaptasi yang mungkin akan memakan waktu yang lama apalagi bagi seorng yang introvert. Oleh karena itulah, sebaiknya persiapkan diri dan anggap saja jika pihak pewawancara adalah teman lama yang mungkin sudah lama tidak bertemu. Dengan suasana ini akan memberikan suasana menjadi lebih cair. Tak perlu untuk membuat pihak pewawancara terkesan yang penting nyaman dan berikan pesan yang positif hal ini akan menjadi perhitungan sendiri bagi pihak pewawancara kerja.

  1. Latihan Terus Menerus

Hal yang bisa memudahkan ketika seseorang harus keluar dari zona nyaman dan menyeberang ke sesuatu hal yang sebelumnya pernah ia lakukan adalah dengan berlatih akan kemampuannya tersebut secara terus menerus. Bagi seorang introvert akan sulit untuk melakukan pembicaraan dengan oranglain, oleh karena itulah selalu latih untuk berbincang ataupun berbicara kepada orang lain. Bisa saja hal ini dilakukan didepan cermin ataupun juga saat bersama dengan teman. Pastinya hal ini akan membantu untuk bisa berbicara dengan lebih lancar dan tenang.

  1. Tak Perlu Jawaban Muluk

Jangan terlalu berlebihan dalam menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh pewawancara. Mereka tidak butuh hal yang muluk-muluk tetapi mereka hanya butuh karyawan yang pas dengan posisi dan tugas yang mereka tawarkan. Tak perlu terlalu keras untuk membuat pewawancara bisa terkesan akan apa yang mereka miliki sebab hal ini selain akan membuat pihak pewawancara tidak percaya juga bisa membuat suasana menjadi tidak nyaman.

  1. Siapkan Waktu Untuk Diri Sendiri

Sebelum masuk ke ruang wawancara sebaiknya Anda bisa sampai ditempat tersebut 45-30 menit sebelum waktu yang ditentukan. Sembari menunggu Anda bisa mempersiapkan diri Anda sendiri dengan menghabiskan waktu bersama Anda sendiri. Anda bisa merapihkan pakaian, membuat diri lebih nyaman sehingga bisa menghadapi proses wawancara dengan lebih tenang dan santai.

  1. Perhatikan Bahasa Tubuh

Postur tubuh sebenarnya tidak semata-mata untuk mengesankan pihak pewawancara saja. Tetapi, postur tubuh ini juga berguna untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks dan menambah rasa percaya diri saat berhadapan dengan pihak pewawancara kerja. Pastikan jika posisi dalam keadaan yang tegak dan berbicara dengan jelas ketika ditanya-tanya pihak pewawancara. Anda juga harus berusaha untuk menatap mata dari pewawancara ketika ditanya atau sedang berbincang dengan pihak pewawancara.

Berbagai tips diatas memang menjadi tips yang sangat ampuh untuk bisa menghadapi wawancara kerja bagi introvert. Wawancara kerja biasanya akan menjadi proses penentu bagi Anda apakah Anda bisa diterima atau tidak. Sehingga, sebaiknya persiapkan dengan benar untuk membuat Anda bisa mendapatkan pekerjaan impian Anda selama ini.

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top