Tips & Trik Parent

Tips Untuk Mengatasi Pertengkaran Kakak dan Adik

Bagi orangtua yang sudah memiliki anak lebih dari satu tentu akan pernah merasakan ketika anak-anak saling bertengkar antara satu sama lain. Apalagi jika anak masih dibawah umur remaja pasti keadaan akan menjadi sangat runyam ketika mereka bertengkar dan bahkan ada yang menangis salah satunya. Keadaan yang seperti ini juga akan semakin diperparah lagi jika pertengkaran mereka tak lekas berakhir dan bahkan bisa membuat mereka tidak saling berbicara untuk satu sama lain.

Sponsored: pemutih wajah

Tips Untuk Mengatasi Pertengkaran Kakak dan Adik

Meskipun pertengkaran antar anak apalagi untuk jika saudara kandung tentu pertengkaran juga menjadi hal yang lumrah dan sangat biasa untuk terjadi. Perselisihan yang terjadi juga menjadi salah satu proses perkembangan bagi anak yang bisa saja menumbuhkan kepribadian mereka. Namun bukan berarti orang tua hanya bisa mendiamkan saja tanpa berbuat sesuatu. Anda perlu melakukan beberapa Tips Mengatasi Pertengkaran si Kakak dan si Adik yang sangat mudah dan sederhana berikut ini demi mendapatkan suasana rumah yang nyaman dan membuat anak menjadi akur kembali.

  1. Abaikan

Pertengkaran anak-anak tak mesti selalu anda tanggapi dengan serius. Anak-anak terkadang melakukan berbagai hal hanya untuk mengambil hati atau perhatian dari orang tua dan jika saat mereka melakukan pertengkaran dan langsung anda berikan perhatian yang berlebihan tentu justru hal ini akan membuat mereka berlebihan dan terlalu mengambil perhatian anda. Biarkan saja dan pura-pura tidak tahu tentang pertengkaran mereka juga bisa menjadi salah satu hal yang sangat membantu untuk mengatasi pertengkaran mereka. Bukan berarti anda tidak peduli namun hal ini akan bisa memberikan mereka rasa jera dan mereka tidak akan pernah melakukan pertengkaran lagi. Jika memungkinkan anda juga bisa memasukan mereka kesatu ruangan tertentu seperti kamar dan anda diamkan disana sebelum mereka baikan antara satu dengan yang lain.

  1. Adil

Saat kedua anak sedang mengalami pertengkaran tentu sikap adil adalah sikap yang harus anda tunjukkan. Jangan pernah memihak antara si kakak ataupun si adik sebab hal ini justru bisa memancing pertengkaran mereka lebih besar dan bisa menimbulkan rasa iri yang tentu hal ini juga tidak baik untuk mereka. Mencari tahu siapa yang salah memang penting, namun bukan berarti memarahi langsung siapa yang salah didepan keduanya sebab hal ini akan menimbulkan rasa tidak adil bagi si salah dan rasa selalu dibela oleh salah satunya. Jika memang ingin memberikan hukuman kepada keduanya untuk memberikan rasa jera, sebaiknya terapkan hukuman untuk keduanya supaya tidak ada rasa iri dan tidak ada yang merasa menjadi paling benar dan salah pada peristiwa tersebut.

  1. Diskusi

Jika anak sudah memiliki usia yang cukup ajarkan juga cara berdiskusi dan memecahkan masalah ketika mereka bertengkar. Cara yang sangat sederhana untuk mengajari mereka cara berdiskusi adalah mengajak mereka berdua duduk bersama dan saling mengutarakan dan menceritakan apa yang mereka inginkan dan apa yang menurut mereka salah. Hal yang paling harus diperhatikan oleh orangtua pada saat proses yang satu ini adalah jangan sampai mereka saling membentak dan saling menyalahkan namun hanya beri ruang mereka untuk menceritakan apa yang sebenarnya terjadi antara keduanya. Jika anak sudah memiliki usia yang tepat tentu anda juga bisa mengajari bagaimana cara untuk menemukan solusi yang terbaik bagi mereka dengan begitu mereka akan bisa memecahkan masalah tanpa ada campur tangan lagi dari orang tua dan pastinya menjauhkan dari perasaan tidak adil.

  1. Cari Tahu Alasan

Mengetahui penyebab dari pertengkaran antara si kakak dan si adik juga bisa sangat membantu dalam memecahkan masalah antara mereka berdua. Dengan mengetahui apa yang menjadi cikal bakal dari pertengkaran mereka pastinya akan membuat anda bisa tahu bagaimana anda harus bersikap dan bagaimana cara mendamaikan dua kubu ini. Beri keduanya waktu untuk menceritakan apa yang terjadi menurut mereka dan usahakan hal tersebut dilakukan didepan kedua pihak sehingga jika ada salah satu yang berbohong anda bisa langsung mendapatkan kebenaran dari satu pihak lagi. Setelah anda tahu apa yang menjadi alasan anda bisa ikut serta untuk mendamaikan mereka supaya mereka bisa akur lagi. Tentu saja jangan pernah ada kata atau tindakan yang menunjukkan menyalahkan satu pihak ataupun membela satu pihak sebab hal ini justru akan membangkitkan permasalahan yang baru.

  1. Berikan Teguran Ringan

Saat pertengkaran sudah berubah menjadi pertengkaran yang serius ada baiknya bagi orang tua untuk mengambil alih perdamaian diantara keduanya. Memberikan teguran ringan, hukuman dan meminta keduanya untuk saling memaafkan adalah cara yang sangat baik untuk membuat kedua anak menjadi akur lagi. Hukuman yang diberikan bukan hukuman yang berat melainkan coba saja dengan memberikan hukuman seperti berpelukan dan mencium dimana dengan hal ini akan membuat suasana diantara keduanya saling mencair dan mereka pun bisa mendapatkan situasi yang lebih baik lagi.

Pertengkaran memang bisa menjadi satu hal yang sangat lumrah terjadi apalagi jika dalam satu rumah sudah ada lebih dari satu anak saja. Namun bukan berarti harus anda diamkan secara terus menerus sebab hal ini justru akan menimbulkan kebiasaan yang tentu tidak baik untuk perkembangan mereka. Melakukan Tips Mengatasi Pertengkaran si Kakak dan si Adik ini bisa meminimalisir pertengkaran antar anak.

 

Baca juga: Pentingnya Kedekatan Ayah dan Anak

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top