Tips & Trik Parent

Tips Untuk Mengatasi Anak yang Mengalami Insomnia

Insomnia adalah situasi dimana seseorang mengalami satu gangguan tidur. Saat mengalami insomnia ini seseorang akan terus tidak bisa untuk tidur meskipun sudah dicoba untuk memejamkan mata. Biasanya jika seseorang sudah mengalami insomnia mereka hanya akan mampu untuk beristirahat beberapa jam saja dan tentu akan membuat tubuh mereka menjadi kurang tidur dan kurang istirahat.

Sponsored: cream perawatan wajah

Tips Untuk Mengatasi Anak yang Mengalami Insomnia

Saat ini, tidak hanya orang dewasa saja yang mengalami insomnia pada saat malam hari. Bahkan insomnia juga bisa saja menyerang anak-anak dimana mereka akan kesulitan untuk tidur. Insomnia sangat berbeda dengan orang yang waktu tidurnya tergeser. Untuk anak-anak yang mengalami gangguan tidur tentu akan sangat menyiksa karena mereka akan merasa lemas, menjadi mudah marah dan tentu akan merasa mengantuk secara terus menerus. Tips Mengatasi Anak yang Insomnia berikut ini tentu diharapkan menjadi satu cara untuk membuat anak terhindar dari bahaya insomnia.

  1. Peregangan Yoga

Mencoba mengajak anak untuk melakukan peregangan yoga bisa menjadi salah satu cara untuk membuat anak tidak lagi mengalami gangguan tidur atau insomnia. Cara yoga yang mudah atau gerakan yang mudah tentu akan sangat membantu anak untuk membuat anak menjadi lebih sehat dan bisa tidur dengan nyenyak dan tenang. Lakukan saja gerakan seperti terlentang menghadap tembok kemudian setelah itu angkat kedua kaki dan letakkan di tembok. Jika sikap sudah benar kemudian ambil nafas dan buang nafas secara perlahan-lahan sembari memejamkan mata. Dengan menggunakan cara ini bertujuan untuk membantu sistem saraf pusat bisa mendapatkan kondisi yang lebih tenang.

  1. Mandi Air Hangat

Menggunakan air hangat untuk mandi juga bisa menjadi salah satu cara untuk membuat anak kembali mendapatkan siklus tidur yang benar. Air hangat ini berguna untuk membuat anak menjadi relax dan tenang sehingga bisa mengembalikan siklus tidur yang berantakan. Air hangat juga sangat membantu untuk menjaga perubahan suhu tubuh dimana bisa mengisyaratkan sinyal ketubuh untuk segera tidur dan istirahat.

  1. Matikan Alat Elektronik

Barang-barang elektronik seperti ponsel, tv, telepon ataupun tablet juga menjadi barang-barang yang sangat menganggu bagi si anak untuk segera tidur. Untuk membuat anak kembali tidur dan bisa segera tidur dalam jangka waktu yang pas dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan nyaman adalah dengan mematikan semua peralatan satu jam sebelum waktu anak-anak tidur. Dengan cara ini pastinya akan membuat anak lebih terkonsenstrasi untuk tidur dan bebas dari berbagai gangguan.

  1. Tidak Usah Tidur Siang

Jika memang diperlukan tidur siang bisa saja tidak dilakukan untuk membuat tidur malam menjadi lebih efektif. Apalagi jika anak-anak tersebut adalah anak-anak yang sudah melewati usia diatas balita. Tidak tidurpun bukan menjadi hal yang masalah sebab mereka akan tetap bisa fit dan bugar asalkan tidur saat malam hari tetap tercukupi.

Beberapa cara diatas adalah cara yang ampuh untuk mengurangi gangguan insomnia yang bisa menganggu anak-anak kapan saja. Anak yang mengalami insomnia ada baiknya untuk segera ditangani dengan baik supaya anak bisa mendapatkan waktu tidur yang cukup dan bisa mendapatkan kesehatan yang tetap sehat dan bugar.

 

Baca juga: Tips Meninggalkan Anak Bersama sang Ayah Dirumah

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top