Career Tips

Tips Tetap Produktif Dalam Bekerja Setiap hari

Memiliki masalah produktivitas dalam bekerja? Seperti, suka untuk menunda-nunda, tidak fokus, dan bahkan berhenti pada tujuan yang ingin kamu raih. Jika sudah mengalami hal ini dan kamu ingin untuk menjadi sukses, Kamu perlu mencari tahu bagaimana untuk menjadi produktif.

sponsored by: produk pemutih wajah

tips-produtikfitas-naik

Berikut ini adalah berbagai Tips tetap produktif yang bisa untuk kamu ikuti dari orang-orang sukses seperti pengusaha, politisi top, dan pemikir lainnya yang telah menemukan cara mereka harus mengatur waktu mereka untuk mencapai apa yang mereka ditetapkan untuk dilakukan. Tentunya tips berikut ini akan sangat membantu untuk lebih membuat kamu lebih bersemangat dan menemukan tujuanmu dengan lebih baik lagi.

1. Mereka mencintai apa yang mereka lakukan

Apakah kamu pernah pikir orang-orang seperti Mark Zuckerberg, Hillary Clinton atau Elon Musk akan berada di tempat mereka hari ini jika mereka tidak benar-benar menikmati apa yang mereka lakukan? Tentu saja tidak kan? Akan sulit tentunya mendorong kemauan yang begitu besar jika apa yang kamu lakukan pun tidak sesuai dengan apa yang kamu inginkan dan tidak kamu cintai. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa karyawan 12% lebih produktif jika mereka senang. Hal ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja tidak memiliki pengaruh yang besar pada seberapa produktif Kamu.

2. Bangun pagi

Orang-orang yang memiliki nilai produktifitas yang lebih tinggi cenderung untuk bangun pagi. Ambil Benjamin Franklin, Richard Branson, atau Barack Obama. Mereka semua memiliki atau memiliki kebiasaan bangun pagi. Ini jelas bahwa bangun diwaktu pagi hari sangat berguna dan sangat bermanfaat untuk menjaga produktivitas Kamu. Alasannya sederhana: Kamu biasanya memiliki lebih banyak energi dan kontrol diri tepat setelah Kamu bangun.

Tapi bagaimana Kamu memastikan jika bangun pagi bisa meningkatkan produktifitas? Mudah, kamu tinggal mengembangkan rutinitas pagi.  Kamu bisa mengambil  sesi latihan 15 menit untuk berolahraga ringan seperti jogging, lari pagi, bersepeda sebentar atau dengan melakukan olahraga ringan lainnya. Atau itu hanya bisa mandi, peregangan atau bersantai dan mengkonsumsi secangkir kopi.

3. Mereka bekerja secukupnya

Semakin sibuk kamu dan semakin melakukan pekerjaan yang semakin berat bukan berarti membuat kamu akan semakin dekat kesuksesan yang kamu inginkan. Justru orang yang sukses adlah mereka yang bekerja secukupnya namun dapat meraskan bahagia dari pekerjaan tersebut. Sementara itu mungkin intuitif merasa seperti Kamu mendapatkan lebih banyak dilakukan jika Kamu bekerja lebih, sebaliknya adalah benar. Kamu mendapatkan lebih banyak dilakukan dengan bekerja kurang. Menurut sebuah studi yang terkenal dengan K. A. Erickson, pemain elit jarang bekerja selama lebih dari 4,5 jam sehari.

4. Mereka mengurus diri sendiri

Dalam arti yang sama bahwa kita memuliakan bisnis, kita cenderung menganggap bahwa orang-orang sukses tidak mengurus diri sendiri. Tapi justru sebaliknya, orang yang sukses akan secara penuh mengurus diri mereka sendiri apapun yang mereka butuhkan. Hal ini juga justru menjadi salah satu ara untuk membuat mereka mendaptkan cara jitu supaya lebih sukses lagi. Salah satu alasan utama orang-orang sukses yang begitu produktif adalah bahwa mereka merawat diri mereka sendiri. Mereka tahu bahwa kunci untuk produktivitas dan kesuksesan adalah untuk menjaga segala sesuatu dari kesehatan Kamu hingga keuangan mereka. Misalnya, olahraga memiliki dampak besar pada produktivitas dan stres keuangan membuat hampir tidak mungkin untuk berfungsi dalam cara yang produktif. Jadi pastikan untuk pertama mengurus diri sendiri dan hanya kemudian fokus pada menjadi produktif dan sukses.

5. Membuat Rancangan dari Tujuan mereka

Orang-orang sukses tidak bekerja tanpa tujuan pada sebuah proyek. Sebaliknya, mereka menetapkan tujuan dan bekerja secara sistematis untuk mencapai mereka. Alih-alih memiliki tujuan jelas bahwa mereka dapat mencapai di masa depan, mereka duduk dan tujuan rencana untuk hari, minggu, bulan, tahun dan seterusnya. Setelah mereka memiliki tujuan mereka tahu, mereka kembali ke tujuan mereka secara teratur. Kamu harus melakukan hal yang sama. Mulai hari ini dengan tujuan listing yang ingin Kamu capai besok, minggu depan, bulan depan, dalam setahun dan dalam 5 tahun. Kemudian melacak mereka saat Kamu bergerak maju.

6. Mereka tidak menjadi Orang yang Multitasking

Orang-orang sukses sangat menguasai seni fokus. Salah satu cara untuk melakukannya adalah tidak pernah melakukan kegiatan multitasking. Studi menunjukkan bahwa otak malah akan kewalahan ketika kamu bekerja pada beberapa tugas pada waktu yang sama. Alih-alih berfokus pada satu tugas, ia membagi perhatiannya antara semua tugas.

7. Mereka Memiliki Impian yang Besar

Sangat mudah untuk terjebak pada detail. Tapi terlalu banyak fokus pada rincian berarti Kamu melupakan focus pada tujuan yang lebih besar. Orang-orang sukses tahu akan hal ini. Seperti contohnya Jason Fried. Dia mengakui bahwa menggunakan rancangan itu sangat penting, tapi justru hal ini akan membuat kamu kehilangan focus dan malah justru juga akan kehilangan waktu yang terlalu banyak.

Sebaliknya, Kamu perlu kapal awal. Fokus pertama pada gambaran besar dan hanya kemudian pada rincian kecil lainnya. Intinya, focus utama mu adalah pada hal yang lebih besar, jika memang harus memiliki tujuan lain yang lebih kecil, jadikan itu sebagai focus tambahan dan jangan sampai menyita waktumu terlalu banyak.

 

Baca juga: 6 Hal yang harus dilakukan saat Jobless

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top