Info Kedokteran

Tips Tetap Bugar Setelah Tirakatan Malam 1 Suro

Tips Tetap Bugar Setelah Tirakatan Malam 1 Suro

Tips bugar setelah tirakatan malam suro. Jelang malam satu suro, biasanya umat islam melakukan aktivitas tirakatan. Ada banyak macam aktivitas ini misalnya melakukan tradisi Kungkum atau berendam di dalam air, Tapa Bisu atau menutup mulut tanpa bersuara, tirakat tak tidur semalam suntuk hingga tirakatan di masjid-masjid. Malam satu suro menurut kalender Jawa selalu bertepatan dengan 1 Muharram atau dalam kalender islam adalah tahun baru Hijriyah.

    Tips Tetap Bugar Setelah Tirakatan Malam 1 Suro1

Sponsor: perawatan wajah

Sementara itu, tirakat yang dilakukan tiap malam jelang bulan Muharram merupakan bentuk dari perenungan diri ditambah dengan doa. Karena biasanya aktivitas tirakat itu membutuhkan kondisi yang fit dan bugar, maka perlu menyiapkan diri sebaik mungkin. Sementara pagi harinya, energi yang terkuras untuk tirakatan membuat tubuh jadi mudah lemas, lelah bahkan ngantuk. Supaya tubuh dan fikiran selalu segar maka dibutuhkan sejumlah aktivitas sehat. Dan berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan supaya tubuh kembali bugar di hari baru Muharram setelah semalaman begadang.

Tips Tetap Bugar Setelah Tirakatan Malam 1 Suro1

1. Bangun pagi hari

Setelah malam harinya anda melakukan aktivitas begadang yang padat, saatnya mulai mengawali aktivitas dengan bangun pagi. Bangun pagi bisa dilakukan pada jam sebelum matahari terbit. Manfaat bangun bagi ini sangat baik bagi pikiran dan tubuh. Bangun bagi dilanjutkan dengan mencuci muka lalu berolahraga bisa meningkatkan kebugaran. Rasa kantuk bisa diatasi dengan berolahraga. Sementara itu, menghirup udara pagi akan memberi oksigen yang baik untuk otak dan metabolisme tubuh.

Tips Tetap Bugar Setelah Tirakatan Malam 1 Suro1

2. Tetap sibuk

Karena waktu begadang yang padat, membuat tubuh jadi mudah mengantuk di pagi hari. Jika hal ini terus terjadi, maka bisa mengganggu konsentrasi anda ketika tengah melakukan aktivitas penting seperti bekerja. Menyibukkan diri bisa membantu melawan rasa kantuk serta membuat anda tertarik melakukan sesuatu.

Tips Tetap Bugar Setelah Tirakatan Malam 1 Suro1

3. Gunakan kafein sewajarnya

Kafein bisa membantu anda untuk bisa terjaga lebih lama. Anda bisa meneguk secangkir kafein baik itu kopi atau teh pahit. Minum secangkir kafein dan tidak berlebihan dapat membantu meningkatkan mood anda dan melawan kantuk berlebih. Namun perlu diingat, usahakan meminum minuman berkafein dalam jumlah sewajarnya dan dalam porsi keci saja. Cara justru bisa membantu mempertahankan fokus tetapi mencegah gangguan tidur berikutnya.

Tips Tetap Bugar Setelah Tirakatan Malam 1 Suro1

4. Istirahat siang hari

Saat kantuk berat di siang hari mulai menyerang, tak ada obat yang bisa mengatasinya selain tidur sejenak. Jika anda tengah melakukan pekerjaan di kantor, lalu tiba-tiba muncul rasa ngantuk sebaiknya jangan melawan karena justru bisa membuat pikiran jadi kacau dan rasa lelah pun mudah muncul. Itu itu ambilah jam istirahan lalu manfaatkan jam tersebut untuk beristirahat sejenal demi mengembalikan fungsi tubuh dan pikiran. Usahakan tidak tidur terlalu lama di siang hari dan ambil jeda 10-30 menit saja. Selain bisa menambah fokus, tidur singkat di siang hari bisa memperbaiki sirkulasi darah dan mempertahankan energi.

Demikian hal-hal yang bisa disampaikan dari cara tetap bugas setelah melakukan tirakatan di malam satu Suro, atau malam sambut tahun baru Hijriya. Semoga hari-hari anda penuh dengan semangan dan energi.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top