Career Tips

Tips Sukses Kuliah Sambil Berkarir

Usia yang semakin bertambah saat memasuki gerbang perkuliahan terkadang menjadikan kita menjadi malu jika masih meminta uang pada orang tua. Bukan berarti orang tua tidak mau memberikan uang pada Anda, tetapi adanya perasan kurang pantas jika tidak bisa berusaha sendiri. Selain itu, di usia perkuliahan, tentu Anda setidaknya merasa iri pada teman-teman yang sudah bisa mencari uang sendiri untuk tambahan uang saku dan bayar kuliah. Hal semacam ini tentu justru bagus karena menandakan bahwa Anda peduli dengan masa depan dan juga kemandirian Anda. Dalam hal ini, kuliah sambil bekerja tentu dapat menjadi opsi yang paling baik untuk dilakukan. Namun, sebagaimana kita tahu, tujuan utama Anda adalah kuliah, jadi jangan sampai pekerjaan menjadikan kuliah Anda menjadi terbengkalai. Nah, berikut kita akan membahas beberapa tips sukses kuliah sambil berkarir yang bisa Anda lakukan dengan cukup mudah.

Tips Sukses Kuliah Sambil Berkarir.2

Sponsor : pemutih wajah

  1. Mencari pekerjaan yang fleksibel

Pada saat kuliah, tentu Anda akan memiliki waktu yang terikat dengan kampus sehingga Anda tentu tidak bisa leluasa untuk bekerja secara penuh. Nah, dalam hal ini, salah satu tips yang bisa Anda lakukan untuk berkarir sambil kuliah adalah mencari pekerjaan. Pekerjaan yang dimaksud adalah jenis pekerjaan yang tidak terlalu mengikat Anda untuk ada di sana, misalnya harus berada di kantor saat pagi hingga sore, atau lainnya. Carilah pekerjaan yang bisa dikerjakan secara part time, semisal setelah Anda pulang kuliah. Atau, Anda juga bisa menjadi seorang penulis freelance yang bisa mengerjakan pekerjaan kapanpun Anda mau dan tidak akan mengganggu kuliah Anda. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan.

  1. Mengatur jadwal kuliah dan kerja

Memang, disadari atau tidak, dewasa ini pekerjaan merupakan salah satu hal yang sulit untuk ditemukan. Banyaknya lowongan terkadang tidak sesuai dengan basic kemampuan kita dan tentu saja Anda sangat tidak disarankan untuk mengambilnya. Namun, ketika Anda tidak mendapatkan pekerjaan yang fleksibel dan mendapatkan pekerjaann yang full time, misalnya, dan pekerjaan tersebut sangat Anda sukai, tentu Anda bisa mengatur jadwal. Ambil pekerjaan tersebut saat Anda liburan panjang di ujung semester. Atau, jika Anda merasa bahwa kebutuhan Anda semakin mendesak dan harus dipenuhi dengan segera, mengambil cuti satu semester untuk bekerja dapat menjadi opsi. Tentu, Anda harus tahu segala konsekuensi yang akan Anda dapatkan.

  1. Terapkan manajemen waktu yang tepat

Manajemen waktu adalah hal mutlak yang sangat penting bagi Anda saat Anda memutuskan untuk bekerja saat menjalankan studi. Nah, dengan berani mengambil pekerjaan saat kuliah tentu berarti bahwa Anda siap untuk memiliki agenda yang lebih padat. Oleh karena itu, terapkan manajemen yang tepat dalam keseharian Anda. Jangan pernah menunda pekerjaan karena sesuatu yang tertunda tentu saja akan menjadi beban di hari selanjutnya yang akan membuat Anda merasa terbebani untuk menyelesaikannya. Jika ada tugas dari kuliah, selesaikan dengan segera meskipun waktu pengumpulan masih lama. Hal ini karena ada waktu lain yang harus Anda gunakan untuk mengerjakan pekerjaan dan karir anda. Jika diperlukan, Anda dapat menulis manajemen waktu Anda pada papan dan menempelkannya di dinding kamar.

  1. Dasari dengan komitmen yang kuat

Tidak ada yang lebih penting daripada komitmen untuk menjalankan apapun yang Anda inginkan. Nah, jika Anda ingin sukses berkarir meskipun sedang kuliah, maka komitmen adalah hal yang sangat penting bagi Anda. Keputusan Anda untuk memulai karir pada saat kuliah tentu saja harus diapresiasi sebagai langkah maju dan berani. Namun, tanpa komitmen yang kuat, bisa saja bukan hanya pekerjaan Anda yang berantakan, tetapi juga kuliah Anda. Anda justru akan rugi di keduanya. Nah, Anda harus senantiasa menjaga komitmen Anda dalam hal ini. Bisikan dalam hati Anda tentang beragam motivasi yang bisa merangsang Anda untuk berpikir dan menguatkan tekad Anda untuk meraih kesuksesan dalam pekerjaan di sela kuliah.

  1. Bersikap realistis dalam segala hal

Tidak dipungkiri, usia perkuliahan merupakan transisi dari masa remaja ke fase dewasa yang ditandai dengan banyaknya ide yang muncul serta idealisme yang mulai terbangun. Tentu saja Anda akan memiliki hasrat yang kuat untuk bisa membagi waktu yang tepat untuk kuliah dan karir dan menganggapnya semua bisa berjalan beriringan dengan baik. Hal ini penting memang, tetapi Anda tetap harus bersikap realistis. Sikap realistis ini penting karena menuruti semua ide yang muncul terkadang akan membuat Anda susah fokus. Jika memang Anda tidak bisa menyediakan waktu untuk bekerja dengan layak, maka jangan forsir diri Anda untuk bekerja. Tetap fokuslah pada kuliah Anda sambil mencari beberapa kesempatan lain untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih tepat.

Dengan beberapa tips tersebut, tentu mendapatkan kesuksesan yang Anda dambakan saat masih kuliah dapat menjadi kenyataan. Anda memang sebenarnya wajib untuk setidaknya mencoba berkarir pada saat kuliah dengan memilih pekerjaan yang ringan. Hal ini penting selain untuk melatih kemandirian serta kematangan Anda membagi waktu, juga akan memberikan pengalaman baru pada diri Anda. Jika Anda sudah memiliki pengalaman yang cukup banyak maka pengalaman tersebut bisa Anda jadikan sebagai batu loncatan untuk lebih berkembang.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top