Career Tips

Tips Sukses Berkarir Menjadi Penyiar

Menjadi penyiar merupakan salah satu cita-cita yang unik dari setiap orang. Terutama bagi orang-orang yang suka bercerita. Bagi Anda suka bercerita dan berekspresi dengan ujaran, tentu profesi penyiar merupakan salah satu profesi yang tepat bagi Anda. Profesi ini tidak terbatas hanya pada panyiar radio saja  meskipun banyak orang menganggap penyiar khusus pada radio saja, tetapi juga pengisi suara pada kartun animasi, dan lainnya. Nah, bagi Anda yang memiliki cita-cita menjadi seorang penyiar, tentu saja Anda harus mengetahui beberapa hal yang penting dalam profesi ini. Pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa hal terkait tips sukses berkarir menjadi penyiar yang dapat Anda lakukan sendiri. Beberapa tips yang mudah ini akan meningkatkan kemampuan dan juga ability Anda untuk menjadi seorang penyiar professional yang membanggakan. Apa saja tipsnya?

Tips Sukses Berkarir Menjadi Penyiar.2

Sponsor : kezia skin expert

  1. Melatih artikulasi

Hal yang paling penting bagi seorang penyiar adalah artikulasi suara yang jelas. Ya, hal ini karena suara adalah senjata utama dari panyiar untuk menghibur para pendengarnya. Artikulasi menjadi hal yang juga diujikan pertama kali saat Anda ingin mendaftar sebagai penyiar di suatu stasiun televisi atau radio. Sebenarnya, untuk melatih artikulasi ini, Anda bisa melakukan hal yang cukup mudah. Salah satu cara yang paling tepat adalah membiasakan diri untuk mengubah gaya berbicara. Anggap saja Anda sedang berpidato atau membaca teks saat berbicara dengan rekan dan teman Anda. Secara tidak langsung, Anda akan terbiasa untuk berbicara secara perlahan dan lebih jelas. Jika hal ini sudah menjadi kebiasaan, tentu akan menjadi kesuksesan bagi Anda.

  1. Kontrol kecepatan bicara

Masih berhubungan dengan poin yang pertama tadi, untuk menjadi seorang penyiar yang handal, maka Anda harus bisa mengontrol kecepatan Anda dalam berbicara. Kecepatan berbicara terkadang merupakan salah satu masalah yang seringkali terjadi. Biasanya, orang akan cenderung berbicara lebih cepat hanya untuk mengungkapkan apa yang menjadi gagasannya. Hal ini tentu saja harus di hindari bagi seorang penyiar. Oleh karena itu, solusi yang tepat adalah bahwa Anda harus terbiasa untuk lebih pelan dalam berbicara. Kondisikan ucapan Anda dan ucapkanlah perlahan agar suara Anda juga menjadi lebih jelas dari biasanya. Cobalah untuk melafalkan kata-kata yang menurut Anda susah hingga Anda bisa melakukannya dengan benar, lancar dan juga tidak terlalu cepat. Anda memang harus bersabar dalam hal ini.

  1. Gunakan bahasa formal

Hal yang sedikit membuat miris pada hari ini adalah memudarnya penggunaan bahasa formal dalam kehidupan sehari-hari. Kita sering menjumpai bahwa bahasa yang digunakan hari ini, terutama oleh remaja adalah bahasa yang sama sekali tidak baku. Munculnya bahasa alay adalah salah satu bentuk keprihatinan yang sayangnya tidak disikapi dengan bijak. Sebagai calon penyiar yang professional, salah satu hal yang harus Anda biasakan adalah berusaha menggunakan bahasa formal dalam komunikasi. Hal ini sangat penting karena dengan terbiasa menggunakan bahasa formal, maka Anda akan merasa tidak canggung jika harus siaran dengan bahasa formal. Memang, dalam siaran terkadang Anda juga menggunakan bahasa yang tidak formal, tetapi biasanya penggunaan bahasa formal menjadi salah satu materi tes penerimaan panyiar.

  1. Latihan menyampaikan teks ala penyiar

Melatih diri untuk menyampaikan teks seperti penyiar adalah hal penting lain yang dapat Anda lakukan untuk melatih diri Anda menjadi seorang penyiar yang professional. Salah satu job desk dari penyiar biasanya adalah pembacaan berita. Saat membaca berita, tentu saja gaya bicara Anda harus berbeda dengan saat Anda berbicara dengan santai. Namun, untuk materi siaran yang lain, tentu saja Anda juga harus bisa menyesuaikannya. Selain praktek membaca berita atau materi lainnya, mendengarkan penyiar professional yang sedang siaran merupakan cara praktis yang bisa Anda lakukan di rumah untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam hal kepenyiaraan. Lakukan hingga hal ini menjadi kebiasaan bagi Anda.

  1. Latihan presentasi sesering mungkin

Hal terakhir yang tidak boleh dilupakan bagi Anda yang ingin menjadi seorang penyiar adalah latian presentasi. Latihan presentasi adalah hal yang sangat penting untuk menumbuhkan mental Anda. Beberapa orang mengalami kesulitan ketika harus berbicara di depan umum dan tentu saja hal ini harus dihindari oleh para penyiar. Oleh karena itu, sering-seringlah melatih diri Anda untuk menyampaikan sesuatu. Anda bisa melakukannya di depan kaca sembari membaca teks. Jika ini sudah terbiasa, maka rasa canggung Anda akan memudar. Selain itu, perbanyaklah membaca untuk menambah wawasan. Bagi penyiar, hal ini tergolong cukup penting juga karena dapat memberikan beragam variasi saat mereka membacakan teks. Dengan variasi pengetahuan tambahan, tentu teks yang dibaca akan menjadi lebih menarik bagi pendengar.

Beberapa tips di atas merupakan beberapa hal yang cenderung penting bagi Anda yang ingin menjadi penyiar. Ya, penyiar memang merupakan sebuah profesi yang membanggakan bagi sebagian orang. Lakukan beberapa persiapan tersebut secara teratur untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Anda memang harus bersabar karena kesabaran dalam berlatih tidak akan membohongi hasil yang akan Anda peroleh. Jika diperlukan, Anda dapat bergabung dengan komunitas untuk memacu kemampuan Anda.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top