Tips & Trik Parent

Tips Sederhana Untuk Menjaga anak dari jajanan tak higienis

Godaan berbagai jenis jajanan tentu menjadi satu hal yang sangat sulit untuk dihindari. Apalagi jika anak sudah mulai sekolah ataupun bermain dimana tempat tersebut menyajikan aneka jenis jajanan yang dijajakkan. Tak hanya satu, dua jenis saja makanan yang biasanya ditawarkan saat ini jenis jajanan anak menjadi semakin banyak lagi dengan beragam bentuk dan warna yang membuat anak akan merasa tertarik dan ingin mencicipinya.

Sponsored: cream pemutih wajah

Tips Sederhana Untuk Menjaga anak dari jajanan tak higienis

Tentu saja, sebagai orang tua akan merasakan perasaan yang was-was dan takut jika anak mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang kurang sehat. Makanan jajanan yang ditemukan dengan mudah dipinggir jalan biasanya menyajikan makanan yang kurang sehat dan kurang higenis sehingga bisa saja mengancam kesehatan anak. Apalagi jika makanan tersebut mengandung berbagai jenis tambahan makanan mulai dari pewarna dan juga pengawet yang sudah pasti akan sangat membahayakan untuk anak. Oleh karena itu lakukan beberapa tips Menjaga anak dari jajanan tak higienis berikut ini untuk mendapatkan kesehatan anak yang lebih baik lagi.

  • Bercerita

Satu cara yang sangat mudah untuk membuat anak mengerti adalah dengan menggunakan cara dengan bercerita. Ceritakan saja berbagai hal yang terkait dengan kandungan makanan apa saja yang ada didalamnya ataupun juga dengan bagaimana makanan tersebut dibuat. Dengan memberikan cerita-cerita yang lebih mudah dimengerti pastinya akan membuat anak lebih mudah paham dan tidak lagi ingin makan makanan tersebut.

  • Beri Contoh

Selain dengan bercerita cara untuk menjaga dan mencegah anak dalam mengkonsumsi aneka jenis makanan yang kurang higenis adalah dengan memberikan contoh secara langsung pada anak. Jangan pernah mengkonsumsi makanan apapun yang memang anda larang untuk anak, sebab jika orang tua ataupun ada anggota keluarga yang mengkonsumsi pasti anak protes dan ikut untuk mengkonsumsinya. Berikan contoh yang baik dengan mengkonsumsi berbagai jajanan yang sehat saat dirumah untuk membuat anak memiliki pikiran jika memang makanan yang sehatlah yang baik untuk dikonsumsi.

  • Mengajak Anak Membuat Jajanan Sendiri

Bunda bisa lho mengajak anak untuk ikut bereksperimen didapur. Bunda bisa saja menanyakan anak makanan apa yang memang mereka inginkan, kemudian bunda bisa membuatnya sendiri. Untuk membuat anak lebih senang ajak si kecil dalam proses pembuatan. Bahkan tidak hanya sekedar melihat saja, melainkan anak juga ikut turun tangan dalam melakukan berbagai eksperimen mulai dari membentuk adonan, ataupun menyiapkan beragam peralatan. Dengan cara ini pastinya akan membuat anak menjadi lebih senang.

  • Upayakan untuk Selalu Terbuka

Mengekang dengan terlalu ketat menjadi satu hal yang kurang baik untuk diterapkan pada anak. Anak yang terus dikekang malah jsutru akan lebih penasaran dan bisa saja anak akan diam-diam mencoba tanpa sepengetahuan orang tuanya. Biarkan saja anak mengutarkaan berbagai keinginan yang anak inginkan mulai dari makanan apa yang ia inginkan ataupun minuman. Hal ini jika memang membuat anak-anak senang dan bisa bunda buat sendiri dirumah, ada baiknya untuk membuatnya sendiri dirumah dibandingkan harus jajan diluar.

Meskipun memang akan sedikit sulit membendung anak dari berbagai godaan akan makanan yang kurang higienis, namun hal ini bukan berarti tidak bisa dicegah ya bunda. Dengan melakukan beragam cara untuk melakukan pencegahan maka anak akan lebih bisa terhindar dari berbagai makanan yang kurang higienis. Anak juga akan hidup dengan lebih sehat dan jauh dari berbagai efek buruk dari makanan tak higenis.

 

Baca juga: Bunda, Hindari Hal ini Untuk Membuat Anak Tidur Lebih Nyenyak

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top