Parenting Info

Tips Sederhana Untuk Membuat Bayi Tak Mudah Sakit Saat Musim Hujan

Saat musim penghujan menjadi saat-saat rawan bagi bayi untuk mudah sakit. Hal ini tentu saja memerlukan satu cara khusus untuk membuat bayi terhindar dari berbagai penyakit. Musim penghujan menjadi satu musim dengan tumbuh kembang bibit penyakit yang cukup tinggi dengan adanya berbagai kuman yang berkembang biak terlalu tinggi. Saat musim hujan, suhu yang lembab dan juga rendah membuat kuman bisa berkembang biak dengan baik dan menjadi sumber penyakit bagi bayi.

Sponsored: cream pemutih wajah

Tips Sederhana Untuk Membuat Bayi Tak Mudah Sakit Saat Musim Hujan

Bayi yang belum bisa menjaga badan dan juga kesehatannya sendiri tentu memerlukan perhatian khusus dari bunda. Apalagi bayi justru lebih mudah untuk terkena penyakit jika dibandingkan dengan orang dewasa. Namun bunda tak perlu khawatir lagi, bunda bisa menghindarkan dari dari penyakit dengan berbagai tips sederhana berikut ini. Tips bayi tidak mudah sakit saat musim hujan ini akan membuat bayi tetap dalam kondisi yang sehat.

Pastikan Bayi Tetap Hangat

Saat musim dingin tubuh sangat rentan untuk terpapar suhu yang begitu dingin. Apalagi jika musim hujan, saat inilah yang akan membuat suhu udara menjadi lebih dingin dan bisa saja membuat sikecil terpapar masuk angin ataupun kedinginan. Oleh karena itulah bunda ada baiknya untuk menjaga suhu sikecil untuk tetap hangat supaya tidak mudah terpapar masuk angin ataupun kedinginan. Oleskan saja minyak telon atau minyak kayu putih untuk bagian pusar pada bayi dan juga memilih menggunakan pakaian-pakaian yang hangat seperti jaket ataupun sweater. Bahkan untuk membuat bayi supaya lebih hangat bunda juga bisa menambahkan topi ataupun sarung tangan dan kaos kaki supaya bayi lebih hangat.

Asupan ASI yang Cukup

ASI memang menjadi salah satu asupan yang sangat baik untuk bayi. Bayi yang mendapatkan asupan ASI secara eksklusif selama 6 bulan menunjukan system imun dan juga kekebalan tubuh yang lebih kuat jika dibandingkan dengan bayi yang kurang mendapatkan asupan ASI. Bunda juga bisa menambahkan berbagai jenis MPASI untuk bayi diatas usia 6 bulan misalnya seperti buah-buahan ataupun dengan air putih yang cukup. Dengan nutrisi yang cukup tentu membuat bayi terhindar dari penyakit dan sakit berkepanjangan.

Hindari Kontak dengan Orang Sakit

Bayi yang belum memiliki system kekebalan tubuh yang baik ada baiknya untuk dijaga dan dijauhkan dari orang yang terpapar sakit. Misalnya saja jika ada keluarga yang sedang sakit ada baiknya untuk meminimalkan kontak langsung dengan si kecil. Jikapun memang harus berinteraksi dengan buah hati pastikan jika penderita menggunakan masker dan juga mencuci tangan terlebih dahulu. Bunda juga harus terus memperhatikan udara dirumah yaitu dengan memastikan jika udara terus bertukar dengan udara yang bersih.

Nah bunda sekarang bunda tidak perlu khawatir lagi bukan? Cukup dengan tips sederhana saja bayi sudah akan terhindarkan dari penyakit yang cukup menganggu. Yuk bunda jaga kondisi bayi, supaya bayi tetap dalam kondisi yang riang dan tetap sehat terus menerus.

 

Baca juga: 6 Makanan yang Wajib Untuk Dikonsumsi Ibu Menyusui

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top