Tips & Trik Parent

Tips Sederhana Mengatasi Anak yang Kecanduan Bermain Gadget

Perubahan zaman yang membawa pengenalan dengan beragam jenis gadget, mau tidak mau juga akan membuat anak juga berkenalan dengan gadget. Mulai dari ponsel, tablet, computer hingga laptop pasti menjadi barang-barang yang juga sangat mudah untuk digunakan dan menjadi barang bawaan bagi buah hati. Si kecil pasti akan sangat penasaran dan mencoba untuk memainkan permainan ataupun berbagai hal yang ada pada gadget, ketika mereka menemukan sesuatu yang membuat mereka tertarik pasti akan membuat anak menjadi sangat sulit untuk dijauhkan dari gadget.

Sponsored: kezia skin expert

Tips Sederhana Mengatasi Anak yang Kecanduan Bermain Gadget

Namun bunda, bukan hal yang sulit kok sebenarnya untuk membuat anak bisa lepas dari ketergantungan akan gadget. Asalkan bunda melakukan Tips menjauhkan anak dari gadget yang benar sudah pasti anak tidak lagi menjadikan gadget menjadi permainan wajib yang terus untuk mereka mainkan. Bermain dengan gadget hanya untuk pengenalan saja memang bukan hal yang buruk untuk diberikan kepada anak, namun ketika hal ini berubah menjadi kecanduan tentu saja akan sangat mempengaruhi akan daya pikir anak dan juga fisik anak. Banyak orang tua yang memang belum sepenuhnya menyadari jika anak sudah mulai kecanduan dengan gadget. Untuk menghindarkan anak dari berbagai hal yang tidak diinginkan, baik untuk bunda melakukan beberapa hal berikut ini.

  1. Ajak Anak Untuk Bermain di Luar Rumah

Cara pertama untuk membuat anak terhindar dari ketergantungan pada gadget yang berlebihan adalah dengan memecah perhatiannya dengan mengajak dia bermain keluar rumah atau luar ruangan. Dengan mengajak ia bermain diluar ruangan akan membuat ia tidak terus hanya berinteraksi dengan gadget. Sesekali ajaklah anak untuk bermain bola, bermain ke taman ataupun hanya sekedar bermain kelereng. Ajak permainan yang menyenangkan dan juga menarik perhatiannya yang pastinya membuat anak merasa senang dan mau untuk sejenak melupakan gadget yang mereka gunakan ntuk bermain seharian penuh.

  1. Jadwalkan Hari Bebas Gadget

Membuat jadwal khusus yaitu menetapkan hari bebas gadget sebanyak satu hari ataupun lebih dalam seminggu. Tentu saja hal ini harus dibicarakan dengan anak terlebih dahulu dan bunda harus memberikan pengertian sebaik mungkin tentang hal ini. Dengan memberikan waktu bebas gadget ini akan membuat anak sedikit demi sedikit lupa dan tidak lagi menggunakan gadget secara terus menerus. Jika memang memungkinkan, bunda juga bisa meningkatkan kadar waktu bebas gadget untuk anak. Yang tadinya hanya sehari dalam seminggu, bunda bisa menambahkan menjadi dua hingga tiga hari dan menggantinya dengan kegiatan lain.

  1. Berikan Kesibukan Pada Anak

Saat masa anak-anak pastinya menjadi satu masa dimana anak harus terus mengeksplorasi segala hal dan terus melakukan aktifitas. Dibandingkan harus terus menerus bermain gadget, bunda bisa mengajak anak untuk melakukan beragam hal yang pastinya akan membantu ia jusru lupa dengan gadget yang ia gunakan. Dengan mengajak ia melakukan kegiatan menarik diluar ruangan yang akan membuatnya terus bahagia tentunya akan membuat ia merasa lebih bahagia dan lebih nyaman.

  1. Berikan Reward

Memberikan hadiah atau reward kepada anak juga bisa menjadi satu cara untuk membuat mereka lupa dengan gadget yang ia pegang secara terus menerus. Jika hadiah yang bunda berikan memiliki nilai yang tinggi dan menarik bagi anak-anak sudah pasti ini akan menjadi satu hal yang sangat menarik untuk dirinya. Bunda juga bisa terus menawarkan hal yang baru setiap harinya dan pastinya membuat ia terus melupakan gadget yang ia miliki.

  1. Ajak Anak bersosialisasi

Cobalah untuk mengajak anak keluar dan biarkan ia bermain dan bersosialisasi dengan teman-temannya. Permainan yang mereka mainkan dengan lebih menyenangkan akan lebih membuat anak melupakan sejenak gadget yang ia gunakan. Anak juga akan terus melakukan permainan dan lebih focus pada permainan dan bagaimana mereka berinteraksi dengan teman-temannya. Fokus yang sudah berbeda ini tentu akan membuat ia benar-benar mendapatkan focus yang berbeda jika dan tidak hanya bermain gadget saja.

  1. Jadilah Panutan Bagi Anak

Anak adalah peniru terbaik dari orang tuanya. Segala apa yang dilakukan oleh orang tuanya akan dengan mudah untuk ditirukan dan dilakukan oleh anaknya. Bahkan mungkin saja benar jika anak adalah cerminan dari orangtuanya. Oleh karena itu, jika anak menjadi sangat mudah untuk meniru ada baiknya orang tua juga membatasi penggunaan gadget saat mereka dirumah apalagi saat ia berada didepan anak-anak. Paling tidak biarkan saja dulu sebentar dan tanpa memegang ponsel sedikitpun ketika anak sedang berada disekitar anda.

  1. Hindarkan Gadget dari Anak

Gadget tentu saja bukan berarti menjadi permainan wajib yang harus dimainkan oleh anak bukan? Bunda bisa saja mengganti gadget dengan permainan lain yang pastinya akan membuat ia tetap bisa mendapatkan permainan yang menyenangkan. Budna bisa mengganti beragam permainan seperti bola, tembak-tembakan, mobil-mobilan ataupun hal yang lainnya. Dengan menghindarkan gadget sama sekali sudah pasti akan membuat ia benar-benar lupa dengan gadget.

Tingkat kecanduan anak akan gadget sebenarnya bisa diminimalisir oleh bunda asalkan bunda bisa untuk memberikan pencegahan dan juga perhatian khusus pada anak. Dengan memberikan perhatian khusus pada anak akan benar-benar membuat ia jauh dari kecanduan gadget. Meskipun bunda tetap bisa memberikan waktu leluasa dan membeirkan pelajaran tentang gadget namun bukan berarti bunda memberikan kebebasan yang tidak terbatas kepada anak ya bunda. Tetap perhatikan waktu bermainnya dengan gadget dan pastikan ia memiliki waktu yang lebih untuk bersosialisasi dibandingkan terus bermain gadget.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top