Inspiration

Tips Public Speaking Ala Najwa Shihab

Tips Public Speaking Ala Najwa Shihab

Dengan seiring perkembangan jaman maka akan ada banyak juga hal yang ikut berkembang untuk mengimbangi hal tersebut. Tidak terkecuali profesi yang dimiliki oleh setiap manusia. Dimana profesi yang berkembang ini biasanya membutuhkan satu skill yang harus dimiliki. Karena skill tersebutlah yang kemudian menentukan sampai dimanakah karir yang dimiliki orang tersebut. Skill tersebut tidak lain adalah Public Speaking. Seperti yang diketahui bahwa semakin majunya jaman maka kemampuan public speaking adalah sesuatu yang bisa dibilang memerankan cukup vital sekali. Hal tersebut tidak lepas karena public speaking akan mampu membuat kita bisa menyampaikan informasi, pendapat maupun opini kita kepada publik secara informatif sekaligus tepat sasaran. Namun seperti yang diketahui kemampuan Public Speaking bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Apalagi bagi mereka yang masih awam dan tidak memiliki pengalaman bicara di depan publik. Maka sudah dipastikan public speaking tak ubahnya mimpi buruk bagi mereka. Karena public speaking bagi mereka yang masih awam bukan hanya membuat gentar namun juga berkeringat hingga tergagap. Dan puncak terburuknya adalah ketika semua informasi yang akan disampaikan mendadak menghilang dari kepala karena rasa gugup yang tidak bisa diatasi. Sesuatu yang tentunya sangat berbanding terbalik dengan Najwa Shihab. Seperti yang diketahui Najwa Shihab adalah seorang jurnalis yang memiliki sebuah acara talkshow yang begitu terkenal. Dimana pada acara talkshow tersebut, Najwa Shihab bukan hanya dikenal karena pikirannya yang kritis namun juga karena kemampuan public speakingnya yang luar biasa. Hal tersebut dapat terlihat dari bagaimana dia mampu menyampaikan pendapatnya di depan begitu banyak orang sekaligus narasumbernya. Sesuatu yang pasti membuat banyak orang bertanya-tanya. Berikut ini tips public speaking ala Najwa Shihab.

sponsor: perawatan wajah.

1. Percaya Diri

Tips Public Speaking Ala Najwa Shihab

Tips pertama yang diberikan sekaligus disarankan oleh Najwa Shihab kepada siapapun yang ingin memiliki public speaking yang baik adalah rasa percaya diri. Dimana rasa percaya diri ini bisa dibilang memiliki peranan paling penting dalam hal ini. Hal tersebut bukannya tanpa alasan. Alasan utamanya adalah karena rasa gugup yang berlebihan hingga gemetar yang dirasakan ketika Public Speaking adalah kurangnya rasa percaya diri. Biasanya ini menghinggapi mereka yang masih awam dan baru pertama kali atau belum sering melakukan public speaking. Biasanya kurangnya rasa percaya diri berasal dari berbagai faktor baik dari dalam diri hingga luar diri. Faktor dari dalam diri biasanya berbentuk kurangnya jam terbang hingga perasaan inferior. Sedangkan luar diri bisa berbentuk lokasi, audience hingga narasumber yang dihadapi. Untuk itulah, Najwa Shihab begitu menekankan bagi mereka yang ingin memiliki kemampuan public speaking yang baik maka rasa percaya diri ada hal paling penting yang harus diutamakan. Karena dengan rasa percaya kita dapat mengendalikan diri dan mengendalikan informasi apa yang ingin disampaikan di depan publik. Biasanya membentuk rasa percaya diri bisa dilakukan dengan cara mengingat kelebihan maupun kekuatan apa yang kita miliki. Hal tersebut juga bisa disempurnakan dengan mengingat bahwa menghilangkan rasa cemas adalah hal yang mustahil namun meningkatkan rasa percaya diri adalah sesuatu yang sangat mungkin untuk bisa dilakukan.

2. Fokus Pada Narasumber Bukan Audience

Tips Public Speaking Ala Najwa Shihab
Seperti yang diketahui bahwa public speaking juga membuat seseorang harus berhadapan dengan banyak publik atau audience. Sesuatu yang pastinya membuat sebagian orang merasa gentar bahkan gemetar karenanya. Apalagi apabila melihat banyaknya publik atau audiens yang datang. Maka sudah dipastikan rasa grogi hingga gentar tersebut akan semakin menguasai diri. Sesuatu yang pastinya akan membuat seseorang semakin tidak karuan ketika harus melakukan public speaking. Untuk itulah, Najwa Shihab memberikan tipsnya sebagai seorang public speaking yang berpengalaman. Yaitu fokuslah terhadap narasumber bukan terhadap audiens. Seperti yang diketahui public speaking biasanya terjadi ketika harus mewawancarai seorang narasumber di depan begitu banyak orang. Biasanya narasumber itu sendiri tidak memberikan tekanan. Namun banyaknya orang yang menontonlah yang biasanya memberikan tekanan tak biasa tersebut. Sehingga Najwa Shihab memberikan tips agar jangan memberikan perhatian lebih terhadap penonton namun berikanlah fokus penuh terhadap narasumber. Selain untuk mengurangi perasaan grogi juga agar bisa fokus memberikan sekaligus menggali informasi dari narasumbernya langsung.

3. Practice Makes Perfect

Tips Public Speaking Ala Najwa Shihab
Tips terakhir yang diberikan oleh Najwa Shihab kepada siapapun mereka yang ingin ahli dalam bidang public speaking adalah latihan. Bukan hanya sekali atau dua kali namun secara terus menerus sekaligus bertahap. Hal tersebut dilakukan agar kemampuan sekaligus jam terbang dari public speaking menjadi semakin ahli dari waktu ke waktu. Untuk latihan ini sendiri tidak perlu menyediakan berbagai hal yang merepotkan. Yang paling terpenting adalah tampil di depan banyak orang dan mencoba melatih kemampuan kita dalam mengendalikan situasi di depan banyak orang tersebut. Karena seiring dengan berjalannya waktu maka kemampuan tersebut akan didapatkan. Tak ubahnya sebuah pepatah lama bahwa bisa karena biasa. Seperti yang diketahui bahwa Najwa Shihab juga pastinya membutuhkan waktu latihan yang tidak sedikit sebelum menjadi seperti yang ia dikenal oleh banyak orang sekarang.

Kemampuan public speaking memang adalah sesuatu yang penting. Untuk itulah, melakukan tiga langkah seperti yang dijelaskan diatas bisa menjadi salah satu tips untuk bisa menguasainya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top