Kulit ku

Tips Penggunaan Body Scrub Dan Body Butter

Body Scrub Dan Body Butter

Perawatan kulit tubuh merupakan hal yang penting. Terutama bagi wanita, merawat kulit tubuh memang utamanya ditujukan untuk sisi kecantikan. Banyak wanita yang menginginkan kulitnya lebih cerah, kenyal dan awet muda. Namun, tidak ada hasil tanpa usaha, memiliki kulit cantik dan sehat harus diupayakan melalui beberapa cara tertentu yang berhubungan dengan perawatannya. Beberapa orang terkadang memilih perawatan kulit di salon, spa atau klinik kecantikan. Ada pula yang lebih memilih merawat kulitnya di rumah. Semua pilihan memang tergantung dengan pribadi masing-masing, karena hal ini berhubungan pula dengan faktor ekonomi dan finansial yang dimiliki seseorang. Perawatan kulit yang umum dilakukan baik di rumah maupun di tempat-tempat kecantikan contohnya berupa lulur atau scrub. Kita bisa melakukan scrubbing di rumah sendiri untuk membersihkan kulit sekaligus membuat tubuh menjadi lebih rileks. Lulur bisa dilakukan pula dengan bantuan jasa orang lain, karena akhir-akhir ini juga ada jasa kecantikan unuk melakukan spa dan lulur di rumah (home spa). Dengan luluran tubuh bisa sekaligus mendapatkan pijatan ringan sehingga otot-otot yang capek karena kesibukan atau rutinitas bisa lebih santai. Dengan melakukan perawatan scrub, kulit bisa lebih mudah mengalami regenerasi kulit, karena tumpukan sel kulit mati bisa terbuang.

sponsor: kezia skin expert.

Selain melakukan body scrub atau lulur tubuh, ada pula perawatan body butter. Mungkin ada yang masih awam dengan perawatan ini. Body butter merupakan krim yang digunakan untuk merawat kelembaban kulit. Body butter memiliki perbedaan sifat dibandingkan dengan body lotion. Body butter memiliki tekstur yang lebih padat dan kandungan airnya juga lebih sedikit, sehingga permukaan kulit akan terasa lebih berminyak ketika digunakan. Body butter juga bisa difungsikan dalam membersihkan make up pada mata, sehingga mampu menghilangkan riasan mata dengan bersih.

Penggunaan body scrub dan body butter bisa dilakukan dengan teratur agar kulit terawat dengan baik. Tips penggunaannya antara lain:

  1. Body scrub

Sesuai yang telah diketahui secara umum, penggunaan body scrub bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit. Dengan melakukan lulur atau scrubbing, sel kulit mati akan lebih mudah terlepas dan memudahkan dalam proses regenerasi kulit berikutnya. Dengan melakukan luluran, kulit kusam akan bisa ditasi sehingga kulit akan lebih cerah.

Pemilihan body scrub yang yang baik adalah yang cocok atau sesuai dengan kondisi dan jenis kulit. Pilihlah jenis body scrub yang tidak mengandung bahan atau zat kimia berbahaya, tanpa pengawet atau pun bahan pewarna. Body scrub yang baik untuk dipilih adalah yang menggunakan bahan-bahan alami misalnya mengandung vitamin atau mineral yang berasal dari ektrak buah atau sayur. Saat menggunakan body scrub pastikan kulit tidak memiliki alergi dengan bahan yang digunakan. Jika baru menggunakan body scrub, berikan waktu untuk kulit untuk beradaptasi agar bisa mengetahui reaksi terhadap kulit, apakah cocok atau mengakibatkan alergi. Jika telah cocok menggunakan bahan scrub tertentu, jangan tergiur untuk mencoba-coba produk scrub lain yang belum tentu cocok untuk kulit.

Menggunakan body scrub lebih baik mandi terlebih dahulu agar menghilangkan bakteri atau kuman yang menempel pada kulit tubuh. Selanjutnya keringkan kulit tubuh dengan handuk. Setelah kulit tubuh kering, lulur dioleskan dan dipijatkan pada kulit tubuh dengan merata. Pijatan dilakukan dengan dengan gerakan memutar dan membentuk lingkaran.

Saat mengaplikasikan body scrub, hindari bagian tubuh yang terluka dan sangat sensitif.

Setelah selesai scrubbing, kulit tubuh dibersihkan dari sisa body scrub dengan menggunakan sabun dan air seperti mandi biasanya. Terakhir, keringkan kulit tubuh dengan handuk.

Pemilihan body scrub yang dijual di pasaran memang berbagai macam. Banyak varian yang bisa dijadikan pilihan untuk lulur tubuh, misalnya mengandung bahan alami alpukat, cokelat, bengkoang, dan lainnya.

  1. Body butter

Pada penggunaan body butter, baiknya juga harus menyesuaikan dengan kondisi kulit yang dimiliki. Gunakanlah body butter yang sesuai dengan jenis kulit dan tidak perlu berganti-ganti produk jika sudah cocok, agar kulit tidak memberikan reaksi alergi. Body butter memang sebenarnya kurang begitu tepat untuk kulit yang cenderung berminyak, karena bahan ini cukup banyak mengandung minyak. Body butter pada umumnya banyak mengandung essential oil dan emollient yang mudah diserap kulit, sehingga yang lebih sesuai dalam mengatasi masalah kulit kering. Kandungan bahan inilah yang kemudian dimanfaatkan pula dalam menyamarkan strech mark. Penggunaan body butter untuk kulit tubuh sebaiknya diaplikasikan sebelum tidur malam hari. Karena waktu tersebut adalah waktu terbaik untuk mengaplikasikan body butter ke kulit, sehingga bahan formula body butter memberikan manfaat pada kulit tubuh dalam melakukan regenerasi sel.

Beberapa contoh jenis body butter berdasarkan bahannya antara lain:

  1. Chocolate Body Butter

Sesuai dengan namanya, body butter ini mengandung cokelat yang fungsinya dapat menenangkan mood. Tidak hanya bermanfaat untuk kulit saja, jenis body butter ini bisa dijadikan aroma terapi.

  1. Lavender Body Butter

Bahan body butter ini cocok bagi yang memiliki kulit kering. Kandungannya minyak alami essentialnya bisa diserap oleh kulit dengan mudah, sehingga membuat kulit lebih mendapatkan nutrisi.

2
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top