Olahraga

Tips Olahraga Malam Yang Benar

Tips Olahraga Malam Yang Benar

Waktu olahraga di malam hari menjadi salah satu waktu pilihan yang dilakukan banyak orang. Olahraga di malam hari dipercaya mampu mengurangi jumlah lemak sehingga diyakinin juga sebaga cara sangat efektif menurunkan berat badan. Berolahraga di malam hari juga menjadi pilihan alternatif karena tidak ada panas matahari yang menyengat sekaligus waktu malam yang menghasilkan suasana dan udara sangat sejuk. Namun, kebiasaan olahraga di malam hari tidak boleh dilakukan secara sembarangan sebab dikhawatirkan dapat menganggu metabolisme tubuh. Karena itu, kita haru mengetahi tips olahraga malam yang benar, seperti apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari.

Sponsor: cream pemutih wajah

Olahraga malam yang dilakukan dengan baik akan mengahasilkan manfaat yang luar biasa. Beragam manfaat yang bisa dicapai jika rutin melakukan olahraga di waktu ini yaitu:

  • Efisiensi waktu. Meski bekerja di kantor, Anda pun masih bisa meluangkan waktu untuk berolahraga tanpa khawati dikejar waktu untuk olahraga di jam-jam sibuk.
  • Relaksasi otak. Akibat menumpuknya aktivitas kantor, olahraga di malam hari dapat mengurangi tekanan dan stress karena pekerjaan di pagi hari yang padat.
  • Interaksi sosial. Olahraga di malam hari dapat membantu meningkatkan interaksi sosial kita dengan orang-orang yang juga melakukan olahraga di waktu yang sama, misalnya pergi ke gym atau pusat kebugaran.
  • Membentuk otot. Siapa kira jika olahraga di waktu ini juga dapat membentuk otot jauh lebih baik karena di malam hari tubuh sedang aktif mengeluarkan hormone pembentuk tubuh.
  • Membakar kalori. Olahraga dengan intensitas ringan hingga berat di malam hari akan membantu tubuh membakar kalori lebih besar di banding pagi atau siang hari.
  • Mengurangi resiko cedera. Di malam hari, metabolisme, masa otot dan kekuatan tulang sudah terlatih akibat aktivitas sejak pagi. Dan di malam hari, faktor resiko terjadinya cidera dapat berkurang sebab tubuh dan tulang sudah siap untuk melakukan olahraga.
  • Tidur lebih lelap. Setel. ah seharian bekerja keras dan dilanjutkan dengan olahraga di malam hari akan membantu tubuh menyiapkan diri untuk tidur. Hasilnya, tidur jadi lebih lelap dan di pagi harinya dapat melakukan aktivitas dengan fit
  • Membuat awet muda dan bebas penyakit. Kelebihan olahraga di waktu malam ternyata dapat membuat kita awet muda, menjaga tubuh dari serangan sakit seperti diabetes, memompa jantung lebih baik, hipertensi dan paru-paru dapat berjalan dengan maksimal.
  • Membantu diet dan menghilangka racun atau toxin. Ketika banyak kalori yang terbakar, maka berat badan pun juga akan berkurang. Sementara aktivitas di siang hari yang padat dapat menimbun banyak racun dan radikan bebas yang harus dibersihkan pada malam harinya.

Tips aman olahraga di malam hari:

1. Tidak Berlebihan

Bagi Anda yang suka berolahraga di malam hari hal yang perlu diperhatikan adalah tidak boleh berlebihan. Keadaan yang tidak panas dan cuaca yang sangat bersahabat biasanya membuat Anda lupa akan intensitas olahraga di malam hari. Olahraga yang dilakukan secara berlebihan akan membuat tubuh terasa lemas dan kelelahan akibat tubuh dipaksa untuk beraktivitas terlalu berat. Jika terlalu dipaksakan akan berdampak buruk bagi tubuh seperti cidera dan dehidrasi. Lakukanlah olahraga yang ringan dan secukupnya saja.

2. Mengatur Waktu

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan sebelum berolahraga malam adalah mengatur waktu. Aturlah waktu yang tepat untuk olahraga malam misalnya mengambil waktu yang tidak mengganggu aktivitas lain. Waktu yang paling tepat dalam berolahraga malam adalah dua jam sebelum tidur malam. Olahraga mala menjelang tidur atau waktunya mendekati jam tidur dapat menyebabkan peningkatan suhu tubuh merasakan panas, meningkatkan detak jantung, mengaktifkan kerja otak dan gangguan susah tidur yang dapat mengakibatkan kualitas tidur akibat stres. Tubuh yang belum usai melakukan pembakaran lemak, membuat masa energi dan metabolisme tubuh tetap terjaga, salah satunya yaitu gangguan tidur.

3. Banyak Mengkonsumsi Air

Air dan olahraga adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Jika Anda melakukan olahraga malam hari ada baiknya perbanyak mengkonsumsi air putih. Air putih sangat baik untuk mencegah cairan tubuh yang hilang setelah melakukan olahraga, memulihkan kembali stamina, energi yang hilan dan bermanfaat untuk mempercepat proses pendinginan. Hasilnya, tubut terasa segar kembali, dingin dan sejuk.

4. Mencari Tempat Yang Terang

Tips yang paling penting dalam berolahraga malam adalah mencari tempat yang terang dan juga nyaman untuk Anda melakukan olahraga. Olahraga di di lar ruangan pada malam hari dianjurkan untuk mencari lokasi yang tidak gelap untuk mencegah gangguan dari serangga atau hewan liar. Jika perlu carilah tempat-tempat kebugara yang menyediakan waktu olahraga di malam hari.

5. Jangan Lupakan Pemanasan/Pendinginan

Setiap ilmu dan cabang olahraga pasti melakukan treatmen awal dan akhir seperti pemanasan dan pendinginan. Pemanasan sebelum latihan dapat mencegar resiko cidera yang berbahaya untuk sendi, otot dan tulang. Sedangkan pendinginan mampu menormalkan kembali tekanan darah, panas tubuh dan kerja organ tubuh. Namun, apapun jenis olahraga yang dilakukan, usahakan tidak memaksa tubuh menuruti keinginan. Sebab di pagi hari, semua bentuk aktifitas sudah bayak menguras tenaga.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top