Travelling

Tips Mudik Aman Dengan Kendaraan Pribadi

Tips Mudik Aman Dengan Kendaraan Pribadi

Meskipun musim mudik belumlah tiba, namun setidaknya bisa memberi Anda bekal dan informasi penting terkait tips mudik aman dengan kendaraan pribadi. Jika Anda salah satu pekerja yang sedang merantau, mudik dan berkumpul bersama keluarga adalah kenikmatan tersendiri menjelang Lebaran Hari Raya Idul Fitri. Selain itu, momen lebaran memang merupakan hari yang dinanti-nanti umat islam agar bisa bertemu langsung dengan keluarga yang lama ditinggal.

Sponsor : kezia skin expert

Mudik identik dengan hal yang berkaitan dengan kampung halaman. Bagi masyarakat Indonesia, mudik adalah salah satu budaya. Umumnya, mereka yang akan mudik sering menggunakan trasportasi umum baik darat, laut ataupun udara. Tetapi bagi yang tengah menggunakan kendaraan pribadi, butuh persiapan khusus agar perjalanan yang dinanti bisa sampai ketempat tujuan. Selain itu memilih kendaraan umum sebagai sarana transportasi mudik adalah pilihan agar bisa mengantisipasi kenaikan harga tiket yang sering naik menjelang lebaran.

Di musim mudik terutama mendekati hari raya, tiket perjalanan akan melambung tinggi dibanding harga tiket di luar hari besar. Karena salah satu hal itulah yang membuat banyak orang memilih memakai transportasi pribadi untuk menekan biaya. Tetapi semua itu ada plus dan minusnya terutama yang memilih menggunakan kendaraan pribadi. Kemacetan, rute jalan bahkan kelelahan bisa jadi risiko yang mungkin terjadi. Keselamatan berkendara memang nomor satu, dan agar perjalanan dengan kendaraan bisa berjalan lancar, berikut tips wajib Anda cermati jika memutuskan mudik dengan kendaraan pribadi.

Tips Mudik Aman Dengan Kendaraan Pribadi

1. Periksa kondisi kendaraan

Langkah pertama yang mesti dilakukan sebelum Anda memulai mudik adalah selalu memeriksa kondisi kendaraan. Cek selalu kondisi mobil atau motor Anda dengan tertip dan jika perlu bawa ke bengkel untuk menhetahui kondisi mesin, oli, air bag, rem dan roda. Kondisi kendaraan adalah faktor penting yang berpengaruh pada keselamatan. Jadilah salah salah satu penyelamaj jiwa dengan pandai melihat kondisi kendaraan Anda.

2. Hindari mengangkut penumpang melebihi kapasitas

Keselamatan dan kenyamanan berkendara selama mudik memang hal utama, salah satunya mengerti kapasitas kendaraan pribadi milik Anda. Jangan atau hindari mengangkut penumpang melebihi kapasitas kendaraan karena bisa membuat kendaraan kelebihan bebas dan berpotensi pada keselamatan. Contohnya kendaraan roda 2 kapasitas maksimal yang bisa dikendarai adalah 2 orang dewasa dan satu balita. Sedangkan mobil, kapasitas yang diperbolehkan hanya 7-8 orang.

3. Bawa uang tunai yang cukup

Bawalah uang tunai yang cukup selama mudik nanti karena perjalanan menuju kampong halaman tak mesti ada mesin ATM. Membawa uang tunai yang cukup juga sebuah keharusan karena bisa Anda gunakan untuk membeli sesuatu yang nanti dibutuhkan selama perjalanan. Jangan lupa hitung setiap pengeluaran termasuk biaya bensin, parker, biaya untuk ke toilet atau biaya memasuki jalan tol.

4. Bawa makanan dan minuman yang cukup

Kemacetan selama mudik berlangsung adalah pemandangan yang biasa ditemui dimana pun kendaraan Anda berada. Tak hanya di jalan biasa bahkan di jalan bebas hambatan seperti tol juga bisa macet selama berjam-jam. Agar energy Anda tak terkuras dan kelelahan maka siapkan makanan dan minuman yang cukup. Kemacetan juga bisa menyebabkan stress dan berpotensi lapar juga haus. Sehingga menyediakan makanan dan minuman seperti buah, snack, biscuit dan minuman isotonik akan membantu konsentrasi Anda kembali meningkat.

5. Aktifkan GPS atau peta

Agar Anda tak tersesat selama perjalanan, bawalah peta atau GPS untuk membantu Anda menghafal jalan. Perlengkapan ini akan menjadi perangkat alternative untuk Anda yang tiba-tiba lupa jalur. Jangan lupa untuk mengisi daya ponsel selama mengaktifkan GPS agar tidak mati sewaktu digunakan. Dan sebagai alternatif saat GPS mati, gunakan juga peta biasa untuk menentukan jalur. Pastikan perjalanan menyenangkan tanpa tersesat karena tidak tahu rute mana yang harus dilalui.

6. Patuhi lalu litas selama mudik

Penting untuk mematuhi aturan lalu lintas setiap saat dan dimanapun Anda berkendara. Jangan gunakan kecepatan tinggi jika kondisi jalan sedang macet. Hal ini bisa berisiko pada keselamatan Anda dan orang lain. Gunakan kecepatan normal untuk keselamatan yang lebih penting. Jika menggunakan motor, jangan lupakan helm standard an nyalakan lampu utama. Lebih baik hindari menyelip kendaraan yang ada didepat atau menerobos lalu lintas untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

7. Beristirahatlah saat Anda merasakan kelelahan

Mudik ke kampung halaman dengan kendaraan pribadi memang sangat melelahkan dan juga panjang. Ditambah kemacetan yang panjang bisa membuat badan terasa lelah. Mengantuk saat berkendara juga jadi masalah yang bisa berujung pada kecelakaan. Jadi jangan paksa diri Anda untuk terus menyetir kendaraan dan berhentilah sejenak untuk beristirahat. Gunakan tempat istirahat seperti di pom bensin atau posko mudik untuk beristirahan sejenak. Dengan beristirahat maka tubuh akan kembali fit dan Anda pun mudah untuk menyetir.

Itulah tips yang bisa Anda pelajari sebelum musim mudik nanti tiba. Pastikan Anda jadi orang yang mau menjamin keselamatan berkendara karena itu merupakan modal. Banyak kasus di lapangan yang menyebut bahwa angka kecelakaan selama masa mudik bisa disebabkan karena kelalaian pengendara. Oleh sebab itu, agar Anda terhindar dari hal yang membahayakan perjalanan, persiapkan kendaran dengan baik, kondisi fisik dan jangan egois selama berkendara.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top