Rambut ku

Tips Mewarnai Rambut Yang Baik

Tips Mewarnai Rambut Yang BaikTips mewarnai rambut– belakangan ini wanita Indonesia sudah mulai menyukai untuk mengubah warna rambut mereka. Mereka mulai mengecat rambut dengan warna warna yang menjadi tren tahun ini seperti cokelat, merah, biru, dan lain-lain. Namun, kebanyakan dari mereka adalah tidak mengerti bagaimana merawat rambut yang telah diwarnai. Sehingga, mengakitbatkan rambut menjadi kusam, rontok, dan rusak. Nah untuk menghindari hal tersebut, di bawah ini ada tips mewarnai rambut yang baik! Berikut penjelasannya secara lengkap.

sponsor: kezia skin expert.

  1. Jangan mencuci rambut satu hari sebelum mewarnai rambut

Kondisi kulit kepala yang baik adalah ketika naturally oily, yaitu ketika kondisi rambut sedang berminyak secara alami. Minyak alami yang diproduksi oleh kulit kepala tersebut mampu melindungi rambut dari bahan kimia yang ada pada cat rambut. Ketika Anda mencuci rambut satu hari sebelum mengecatnya, maka akan menghilangkan minyak alami tersebut sehingga rambut tidak lagi terlindungi. Jadi, sebaiknya cukup disisir dan dirapikan agar lebih halus dan lembut saat akan mewarnaninya.

  1. Tidak terlalu memerlukan sampo khusus

Memang benar bahwa ada beberapa produk sampo yang diciptakan secara khusus untuk merawat rambut yang diwarnai. Di dalamnya terdapat kandungan hair color protection yang dapat menjaga warna rambut agar dapat bertahan lebih lama dan juga terlihat lebih berkilau. Namun, tidak selamanya Anda harus menggunakannya. Hal tersebut bukan merupakan suatu keharusan yang jika tidak digunakan akan memberikan dampak buruk pada rambut. Jadi, jika Anda tidak menggunakannya maka tidak akan ada masalah. Anda tetap dapat menggunakan sampo yang biasa dipakai sesuai dengan kondisi rambut dan kulit kepala Anda.

  1. Boleh bersentuhan dengan air laut

Air laut memang berbeda dari air biasanya, karena air laut mengandung garam. Namun, bukanlah suatu masalah ketika Anda pergi berlibur ke pantai dan rambut Anda bersentuhan dengan air laut. Namun, ada beberapa warna rambut seperti biru atau ungu yang sebelumnya telah diproses dengan bleaching rambut, maka warna tersebut akan lebih mudah memudar jika terkena air laut. Jika anda mewarnai rambut dengan warna yang  lain seperti cokelat maka tidak akan terjadi masalah.

  1. Bleaching tidak selalu harus dilakukan

Tidak semua warna rambut memerlukan bleaching. Tapi jika Anda menginginkan hasil yang sempurna, tentu proses bleach harus Anda lakukan terutama untuk rambut wanita Asia. Karena, kebanyakan rambut wanita asia adalah berwarna gelap dan memiliki pigmen merah di dalamnya. Sehingga proses bleach sangat diperlukan untuk menghilangkan pigmen merah tersebut.

Mungkin Anda pernah melihat atau bahkan mengalami, ketika rambut diwarnai dengan warna cokelat ketika memudar akan berubah menjadi kekuning-kuningan. Hal ini terjadi karena, pigmen merah yang ada di dalam rambut tidak dihilangkan terlebih dahulu. Jadi, tujuan dari bleach adalah untuk menghilangkan pigmen merah dari dalam rambut agar rambut yang telah diwarnai dapat terlihat lebih alami dan natural.

Walaupun demikian bleaching dapat merusak rambut Anda. Jadi Anda harus benar-benar memikirkannya secara matang sebelum melakukan bleach. Sebaiknya hindari proses bleaching, karena selain dapat merusak rambut juga dapat membuat warna rambut menjadi tidak bertahan lama. Rambut yang tidak dibleaching dapat lebih mudah menyerap warna yang diterapkan sehingga akan bertahan lebih lama.

  1. Jangan melakukan proses bleaching dua kali

Tips mewarnai rambut yang selanjutnya adalah hati-hati dalam melakukan bleaching. Jangan sampai melakukan bleaching pada bagian rambut yang telah dibleaching. Karena Anda akan merusak rambut jika melakukan hal itu. Biasanya hal ini dilakukan ketika akan mengganti warna, maka mereka juga akan melakukan proses bleaching lagi.

Akan berbeda jika telah tumbuh rambut yang baru, maka Anda boleh melakukan bleach pada bagian rambut tersebut. Ketika rambut telah dibleaching, rambut baru yang telah tumbuh maka akan berwarna seperti aslinya, bagian inilah yang boleh dilakukan bleaching ulang.

  1. Wajib menggunakan kondisioner

Salah satu kesalahan yang selalu dilakukan oleh mereka yang mewarnai rambut adalah melupakan kondisioner. Padahal, kondisioner sangat penting untuk melindungi dan menjaga kesehatan rambut. Ketika Anda menggunakan sampo, kutikula rambut akan terbuka dan di sinilah peranan penting kondisioner yaitu menutupnya kembali.

Ketika kutikula dalam kondisi terbuka, maka dapat meningkatkan risiko kerusakan rambut yang disebabkan oleh berbagai bahan kimia, terutama rambut yang diwarnai. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk menggunakan kondisioner secara rutin agar kutikula rambut yang terbuka dapat tertutup kembali. Sayangnya, banyak wanita yang kurang menyukai penggunaan kondisioner karena merasa rambutnya menjadi lebih lepek. Padahal, kondisioner ini justru dapat membuat warna rambut terlihat lebih segar dan cerah.

  1. Hindari perming setelah mewarnai rambut

Biasanya rambut yang telah diwarnai akan diberikan bahan kimia tambahan seperti perming atau smoothing. Hal ini dapat menyebabkan rambut menjadi sangat kering. Boleh saja Anda menggunakan alat catok, tapi jangan terlalu sering dan jangan lupa selalu gunakan heat protector.

Heat protector ini mampu melindungi rambut dari suhu panas yang ada pada alat catok sehingga terhindari dari kerusakan.

Demikian sedikit tips mewarnai rambut yang mungkin dapat memberikan suatu manfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk merawat rambut dengan baik, terlebih bagi Anda yang suka mewarnai rambut.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top