Tips & Trik Parent

Tips Meredakan Demam Anak dengan Cara Alami

Ketika anak sedang mengalami sakit demam ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk bisa meredakan demamnya bahkan tanpa harus selalu kedokter dan juga pertolongan obat. Untuk anak memang lebih disarankan untuk menggunakan cara-cara alami untuk bisa menjauhkan anak dari berbagai macam jenis penyakit ataupun untuk menyembuhkannya. Tips Meredakan Demam Anak dengan Cara Alami seperti berikut ini bisa menjadi cara ampuh untuk Anda bisa menurunkan panas pada anak dengan cepat.

Tips Meredakan Demam Anak dengan Cara Alami

Sponsored by: cream perawatan wajah

Demam pada anak memang harus segera diatasi dengan cara yang tepat dan akurat untuk tidak menimbulkan berbagai permasalahan yang justru bisa membahayakan untuk anak. Tanda jika demam anak sudah semakin parah akan terlihat ketika anak mulai demam yang mencapai hingga 38 derajat Celcius ataupun lebih. Sebelum anak masuk ke tahap panas yang berbahaya ini, maka sebaiknya lakukan berbagai langkah berikut ini untuk membuat demam anak menjadi mereda.

1. Mandikan Dengan Air Hangat

Cara pertama untuk bisa meredakan anak dari demam yang tinggi dengan cepata adalah dengan memandikan anak dengan menggunakan air hangat. Air hangat ini akan membantu anak untuk bisa meredakan demamnya secara bertahap. Tambahkan juga garam mandi ataupun lavender oil yang berguna untuk bisa menenangkan tubuh. Jika anak dalam kondisi yang lemas dan demam yang semakin tinggi, anak bisa hanya dengan cara di lap dengan menggunakan waslap yang sudah dibasahi dengan air hangat.

2. Pijat Menggunakan Ramuan Herbal

Anda juga bisa membuat anak supaya bisa lebih sehat dan juga bisa lebih rileks dengan memberikan ramuan herbal pada tubuh anak. Berbagai ramuan seperti tambahan bawang merah dan juga jeruk tipis yang dicampurkan dengan minyak kayu putih akan membantu anak untuk bisa mendapatkan tubuh yang hangat. Jika anak tidak tahan dengan minya kayu putih, Anda bisa menggantinya dnegan menggunakan minyak kelapa. Gunakan ramuan herbal ini untuk memijat tubuh anak terutama untuk pada bagian tubuh pada punggung, dada dan juga perut. Dengan cara ini maka demam anak pun sedikit demi sedikit akan menurun.

3. Pastikan anak Istirahat yang Cukup

Tubuh anak yang sedang tidak dalam kondisi yang fit harus dipastikan untuk bisa beristirahat dengan cukup dan baik. Pastikan anak mendapatkan waktu yang cukup baik pada sat malam hari ataupun pada saat siang hari. Dengan memastikan waktu istirahat yang cukup tentu akan membuat anak bisa melawan infeksi dengan lebih baik lagi.

4. Jaga Anak dari Dehidrasi

Pastikan juga untuk anak supaya tidak mengalami dehidrasi dengan memberikan asupan minum yang cukup pada anak. Berikan makanan  yang juga mengandung air seperti sup, buah-buahan ataupun kaldu yang kental untuk memberikan cairan yang cukup yang masuk pada tubuh anak. Berikan juga anak air putih yang cukup supaya anak tidak mengalami dehidrasi karena tubuhnya yang mengalami panas yang tinggi.

5. 6. Beri Masakan Sup Kental

Jika anak tahan dan mau untuk mengkonsumsi makanan pedas maka berikan anak makanan dengan bumbu yang sedikit pedas. Makanan yang pedas dan juga kaldu yang masuk yang masih mendidih dengan panasnya akan membuat anak bisa berkeringat dimana hal ini berguna untuk mengeluarkan racun yang ada pada tubuhnya.  Selain itu, makanan yang pedas ini juga membantu untuk membuat peredaran darah pada tubuh anak menjadi meningkat dan bisa mengalir dengan lebih baik lagi.

6. Beri Makanan yang Bergizi Tinggi

Meskipun mungkin anak sedang dalam daya tahan yang tidak baik dan tidak merasa anak ketika makan atau minum tetapi tetap paksakan anak supaya tetap bisa mengkonsumsi makannya. Tambahkan juga makanan yang memiliki kandungan gizi yang tinggi yang akan membantu daya tahan anak bisa menajdi semakin meningkat lagi. Misalnya saja makanan yang memberikan gizi yang bagus untuk anak adalah seperti kaldu blok ataupun kuah rebusan ayam atau daging.

7. Pakaian yang Nyaman

Saat anak demam justru jangan tambah perparah kondisi anak dengan memberikannya pakaian yang menambah suhu dari dalam tubuhnya. Berikan pakaian yang tetap nyaman untuk digunakan dan hindarkan anak dari efek kepanasan. Berikan saja pakaian yang bisa nyaman dengan bahan yang sejuk untuk digunakan. Hal ini untuk mengurangi panas yang keluar dari tubuhnya.

8. Berikan Asam Jawa

Obat herbal alami seperti asam jawa juga bagus untuk bisa menurunkan demam pada anak. Minuman sari asam jawa bisa diberikan ketika anak mengalami demam yang tak kunjung henti. Bukan hanya dikonsumsi saja tetapi asam jawa juga bisa ditambahkan di bak mandi anak yang berguna untuk merendam dan melepaskan panas dari tubuh anak. Cara ini sangat membantu untuk bisa mengurangi demam dari anak.

Dengan melakukan berbagai cra alami diatas tentu akan membuat anak menjadi lebih sehat dan tidak akan membuat anak mengalami demam secara berkepanjangan. Jika anak memang tidak juga membaik panas atau demamnya sebaiknya segera bawa kedokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Hindari untuk memberikan obat yang asal karena justru bisa berbahaya. Sedangkan jika anak berusia dibawah 3 bulan segera bawa kedokter ketika anak dalam kondisi yang tidak baik.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top