Info Kedokteran

Tips Menyusui Sambil Berpuasa Ussy Sulistiawati

Tips Menyusui Sambil Berpuasa Ussy Sulistiawati

Kegiatan berpuasa memang memiliki banyak tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Hal tersebut tidak lepas karena berpuasa membuat seseorang tidak mendapatkan asupan makanan maupun minuman dalam beberapa jam kedepan. Sehingga seringkali terjadi banyak kendala bagi orang yang sedang mendapatkan kekhususan. Salah satunya kekhusan tersebut seringkali dialami oleh para wanita. Tidak seperti laki-laki yang bisa dibilang tidak memiliki hal apapun yang bisa membuat mereka terhalang dari kegiatan melakukan puasa maka kaum wanita akan berbeda ceritanya. Seperti yang diketahui bahwa wanita seringkali mengalami banyak hal yang membuat terhalang untuk melakukan kegiatan berpuasa. Sebut saja seperti menstruasi, kehamilan hingga menyusui. Untuk disebutkan yang terakhir sebenarnya masih bisa dilakukan beberapa tips untuk tetap menjalankan berpuasa meskipun menyusui. Walaupun sayangnya masih banyak ibu di luar sana yang menganggap tabu hal ini. Karena mereka menganggap bahwa menyusui sambil berpuasa akan membuat tubuh menjadi lemas dan kekurangan asupan energi. Sehingga kemungkinan terburuknya adalah air ASI yang dimiliki oleh ibu tersebut nantinya menjadi tidak keluar. Padahal anggapan ini adalah sebuah kekeliruan. Hal yang sama juga dilakukan oleh seorang public figure seperti Ussy Sulistiawati. Dimana meskipun berpuasa, dia tetap menjalankan kewajibannya sebagai seorang ibu kepada bayinya. Yakni memberikan ASI kepada Bayinya. Dimana untuk bisa melakukan hal tersebut sebenarnya hanya perlu melakukan beberapa tips sederhana. Berikut ini tips menyusui sambil berpuasa Ussy Sulistiawati.

sponsor: produk pemutih wajah.

  1. Memenuhi Asupan Bergizi

Tips Menyusui Sambil Berpuasa Ussy Sulistiawati

Hal pertama yang bisa dibilang paling dibutuhkan wanita yang akan memberikan ASI kepada bayinya adalah cukupnya asupan bergizi. Dimana asupan yang bergizi kepada wanita yang sedang memberikan ASI memang tidak bisa dipandang sebelah mata begitu saja. Apalagi ketika sambil menjalankan kegiatan berpuasa maka dipastikan fokusnya menjadi berkali lipat. Dimana agar untuk bisa melakukan hal tersebut dengan benar adalah dengan memperhatikan kegiatan berbuka dan makan sahur. Hal yang sama juga dilakukan oleh Ussy Sulistiawati agar bisa memberikan ASI meskipun sedang menjalankan puasa. Yaitu dengan cara mengonsumsi makanan maupun minuman bergizi ketika sahur dan berbuka puasa. Makanan bergizi itu sendiri bisa berupa sayuran, buah hingga daging. Khusu untuk sayur kalau bisa dijadikan sop saja. Namun bukan sop biasa saja yang hanya terdiri dari sayuran semata. Namun dikreasikan menjadi seperti sop daging maupun sop ikan. Hal tersebut tidak lepas karena daging maupun ikan memang memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi ibu yang sedang menyusui. Sehingga bagi mereka yang sedang menyusui namun ingin tetap berpuasa maka mengonsumsi sop daging ataupun sop ikan pada menu sahur maupun berbuka adalah pilihan terbaiknya. Hal tersebut persis seperti yang dilakukan oleh Ussy Sulistiawati untuk tetap berpuasa namun juga tetap memberikan ASI kepada buah hatinya.

  1. Mengonsumsi Air Putih Yang Banyak

Tips Menyusui Sambil Berpuasa Ussy Sulistiawati

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa air putih memang memiliki banyak kandungan bermanfaat bagi tubuh. Mulai dari menggantikan cairan tubuh yang hilang hingga menetralisir berbagai racun yang masuk ke dalam tubuh. Nyatanya manfaat yang dimiliki oleh air putih juga berguna bagi ibu yang sedang memberikan ASI kepada buah hati mereka. Karena nyatanya air putih begitu mutlak dibutuhkan oleh Ibu yang sedang menyusui. Hal tersebut tidak lepas karena apabila seorang ibu mengalami dehidrasi yang berlebihan maka tubuhnya juga akan bereaksi. Salah satunya yang terburuk adalah produksi ASI akan menurun drastis. Bahkan menurut salah satu penelitian, seorang ibu yang kekurangan air putih bisa membuat produksi ASI-nya menurun 5 hingga 7 persen. Sebuah angka yang tentunya tidak bisa dipandang sebelah mata. Untuk itulah, bagi para ibu yang ingin tetap melakukan kegiatan berpuasa sambil menyusui maka jangan pernah lupa untuk mengonsumsi air putih yang cukup. Yakni dengan menggantinya pada makan sahur maupun pada makan buka. Jangan sampai tetap memaksakan berpuasa namun lupa untuk mencukupi kebutuhan air putih. Dimana kebutuhan akan air putih ini bisa dibilang begitu mutlak. Apalagi bagi ibu yang sedang menyusui sambil berpuasa. Maka Ussy Sulistiawati sangat menyarankan untuk meminum air putih dala jumlah yang banyak. Dimana hal ini dilakukan demi memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Agar nantinya kegiatan menyusui tetap lancar meskipun berpuasa.

  1. Jangan Khawatir Berlebihan

Tips Menyusui Sambil Berpuasa Ussy Sulistiawati

Tips berikutnya yang diberikan oleh Ussy Sulistiawati pada mereka yang ingin tetap menyusui meskipun berpuasa adalah untuk mengendalikan rasa khawatir mereka sendiri. Dimana sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa banyak ibu yang sedang menyusui dan menjalankan puasa sambil khawatir. Kekhawatiran tersebut disebabkan apabila mereka tidak bisa memenuhi kebutuhan ASI buah hati mereka karena berpuasa. Namun sayangnya rasa khawatir yang berlebihan ini yang kemudian bisa menjadi kenyataan yakni ASI benar-benar berkurang. Hal tersebut tidak lepas karena rasa khawatir yang berlebihan menghalangi kerja dari Hormon Oksitosin. Apabila Hormon Oksitosin sampai tertahan maka akan menghalangi kerja payudara untuk memproduksi ASI seperti seharusnya. Untuk itulah, bagi ibu yang ingin menjalani puasa maka harus mengendalikan rasa kekhawatiran mereka sendiri.

Setelah mengetahui tiga tips dari Ussy Sulistiwati seperti diatas maka tidak ada alasan lagi untuk ragu berpuasa meskipun sedang menyusui. Walaupun tentu dengan beberapa tips yang harus dilakukan dengan benar sekaligus tepat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top