Inspiration

Tips Menjawab “Apa Kelebihan Anda” Saat Wawancara

Tips Menjawab “Apa Kelebihan Anda” Saat Wawancara

Anda pernah mengalami sebuah pertanyaan tentang apa kelebihan Anda? Banyak orang yang mudah mengatakan apa kelemahannya namun cukup sulit mengucapkan apa kelebhannya. Bahkan kadang butuh waktu lama untuk berfikir hingga Anda mampu menyakinkan pada pewawancara jika Anda benar-benar kandidat yang dibutuhkan. Namun jika merasa kurang percaya diri ditambah kurangnya mengenal diri sendiri dan arogansi bisa membuat jawabab Anda tidak sesuai dengan kenyataan.

Sponsor: pemutih wajah

Pertanyaan yang dimaksud berupa non teknis misalnya managemen waktu, kemampuan komunikasi dan sebagainya. Jika Anda tidak merasa yakin, maka akan mempersulit hasil tes wawancara. Untuk mengatasi rasa penasaran Anda, berikut tips menjawab apa kelebihan Anda saat wawancara kerja.

1. Pilih sesuai kebutuhan

Usahakan tidak menjabarkan panjang lebar dan sederet sifat positif dan kelebihan Anda. Namun pilih satu atau dua yang dirasa benar-benar menguntungkan untuk memberi peluang kerja. Teliti lagi job description yang biasanya tertera dalam surat lamaran. Contoh jika melamar posisi yang mengharuskan Anda berinteraksi dengan orang maka katakan jika kelebihan ada pada komunikasi, kratifitas dan fleksibilitas. Atau bisa mengaiktkan kelebihan Anda dengan budaya di perusahaan tersebut. Namun untuk cara ini, pastinya anda butuh banyak informasi dan pemahaman tentang perusahaan dan nilai yang dijunjung di sana.

2. Jangan sombong

Meskipun niat anda ingin membuat pewawancara kagun, bukan berarti mengatakan semua hal secara berlebihan seolah sedang memberikan kesan sombong. Pahami bahwa motif utama dari pertanyaan “apa kelebihan Anda” adalah untuk memastikan bahwa anda memiliki kelebihan yang sejalan dengan visi misi perusahaan. Serta anda memiliki kecocokan dengan para karyawan atau lebih unggul dibanding kandidat lain. Hal ini sangat penting mengingat satu dari sekian kelebihan ekstra adalah kunci pengambilan keputusan perusahaan terhadap anda.

3. Dukung dengan bukti

Tak hanya menjawap tentang kelebihan namun dengan menambahkan dukungan dengan bukti nyata. Anda bisa lakukan elaborasi jawaban dengan cara menceritakan apa saja pencapaian yang telah mencerminkan kelebihan Anda. Misalnya jika kelebihan Anda terletak pada kepemimpinan maka ceritakan kisak saat Anda sedang memimpin sebuah proyek dan mengatur sejumlah bawahan.

4. Sadari kelebihan pribadi

Kebanyakan dari kita tak sadar akan kelebihan yang dimiliki. Jadi buatlah daftar tentang kelebihan Anda dan mintalah orang lain memilihkan daftarnya. Cara ini bisa dilakukan sebelum melakukan sesi wawancara. Beberapa jawaban soal kelebihan dan bernilai lebih di mata pewancara yaitu: mereka yang jujur, cerdas, bisa diandalkan, disukai banyak orang, menghasilkan nilai positif, mandiri, mampu memecah masalah, suka mendetail, pekerja keras, bisa bekerja di dalam team, cepat belajar, pembicara yang baik, fleksibel, kreatif dan inovatif, memiliki passion dalam bekerja, dan terorganisir dengan baik.

Itulah beberapa jawaban pintar untuk anda yang ingin mendapatkan posisi kerja sesuai impian. Ketahui bahwa setiap perusahaan mencari kandidat yang benar-benar memiliki track record yang terbukti handal.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top