Fashion

Tips menjaga nafas tetap segar selama berpuasa

Bulan ramadhan telah tiba dan setiap muslim memiliki kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa setiap harinya. Ibadah puasa memang mengasyikkan dan bagus sekali untuk kesehatan tubuh manusia. Bahkan beberapa penelitian menyatakan bahwa berpuasa secara rutin akan membuat tubuh menjadi jauh lebih sehat. Tubuh akan mendapatkan kesempatan untuk mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh kita ketika tengah berpuasa. Meski demikian, banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menyongsong ibadah puasa bagi umat muslim. Salah satunya adalah menjaga nafas tetap segar selama berpuasa. Hal ini terkadang menjadi permasalahan tersendiri bagi mereka yang tengah mejalankan ibadah puasa.

 nafas tetap segar selama berpuasa

Sponsor pemutih wajah

Nafas yang tak segar ketika tengah berpuasa menjadi salah satu permasalahan yang kerap kali di hadapi khususnya bagi mereka yang ekerjaannya harus berinteraksi dengan orang lain. Permasalahan bau mulut ini akan membuat mereka merasa tidak percaya diri untuk bercakap-cakap dengan orang lain. Tentu saja hal ini sangat mengganggu sekali, penampilan yang sudah maksimal harus hancur akibat nafas yang tak segar. Selain membuat kita tidak percaya diri, pekerjaan kita pun akan terganggu. Anda bisa bayangkan ketika tengah berbincang dengan klien lalu tiba-tiba klien anda terlihat jaga jarak dan berusaha memlaingkan wajahnya dari anda. karena apa? Tentu saja karena ia mencium bau yang tidak sedap dari nafas anda.

Di indonesia sendiri sebagai negara yang penduduknya mayoritas muslim tentu permasalahan nafas bau tak sedap ketika tengah berpuasa tidak hanya di alami oleh satu atau dua orang melainkan banyak orang juga mengalaminya. Oleh karena itu berbagai produsen produk-produk kebersihan tubuh berlomba-lomba untuk membuat berbagai produk yang diklaim ampuh mengatasi permasalahan bau nafas tak sedap. Mulai dari cairan kumur, pasta gigi, hingga berbentuk permen karet. Semua di klaim mampu membuat nafas anda tetap segar sepanjang anda berpuasa seharian penuh.

Agar anda terbebas dari permasalahan nafas tak sedap ketika sedang berpuasa, tidak ada salahnya anda mengikuti beberapa tips di bawah ini.

Selalu rajin gosok gigi usai sahur, setelah berbuka dan sebelum tidur

Salah satu penyebab terjadinya permasalahan bau mulut baik ketika sedang berpuasa maupun tidak adalah adanya sisa makanan yang menempel pada gigi kita. sedangkan bakteri dan air ludah kita akan berusaha untuk mencernanya dengan proses pembusukan. Hal inilah yang kemudia menjadi penyebab adanya bau nafas tak sedap yang terjadi pada mulut kita baik ketika kita sedeng berpuasa maupun tidak. Bahkan ketika kita tengah berpuasa, sisa makanan yang tersisa di gigi kita ketika sahur akan mengendap sepanjang hari. Karena sepanjang hari itu pula kita tidak makan atau minum, maka sisa makanan sahur yang menempel pada gigi kita tidak akan terbilas dan hilang. Ia akan tetap ada khususnya di sela-sela gigi kita. sedangkan bakteri-bakteri mulai melakukan pembusukan pada sisa makanan tersebut. Praktis, nafas kita akan menjadi sangat bau karenanya.

Solusinya adalah dengan rajib menggosk gigi setelah sahur sehingga sisa makanan yang kita makan saat sahur dapat hilang dari sela-sela gigi kita. selain itu kita juga harus menggosok gigi setelah berbuka puasa serta sebelum tidur. Selain dapat membuat kita terhindar dari nafas tak sedap, rajin menggosok gigi setiap hari juga akan membuat gigi kita semakin kuat dan sehat. Karena bakteri yang muncul karena sisa makanan yang menempel pada gigi kita juga dapat menyebabkan kerusakan pada gigi kita.

Hindari makanan-makanan sumber bau dan perbanyak sayuran hijau serta buah-buahan

Untuk menjaga nafas kita tetap segar selama berpuasa, maka kita juga harus menjaga makanan-makanan apa saja yang harus kita makan. Salah satu penyebab nafas tak sedap berasal dari bahan makanan yang kita santap ketika sahur. Makanan-makanan inilah yang menjadikan nafas kita berbau tak sedap meskipun telah kita bersihkan dengan gosok gigi setelah sahur. Makanan-makanan apa saja kah yang menjadi sumber bau di mulut kita? makanan-makanan seperti kambing, bawang putih atau bawang merah, pete, jengkol dan beberapa makanan yang berbau menyengat lainnya.

Sebaik nya kita menghindari makanan-makanan tersebut ketika sahur. Karena bahan makanan tersebut akan sulit hilang baunya meskipun kita sudah menggosok gigi setelah makan sahur. Akan jauh lebih baik kita mengkonsumsi sayur-sayuran hijau dan juga buah-buahan untuk menu sahur kita. selain lebih menyehatkan, sayuran dan buah tertentu seperti jeruk dan apel akan dapat membuat nafas kita lebih segar dibandingkan makanan-makanan berbahan baku daging.

Sering-seringlah berbicara dan membuka mulut anda

Tips terakhir agar kita dapat terhindar dari masalah nafas tak sedap ketika sedang berpuasa adalah sering-seringlah berbicara dan membuka mulut anda. mengapa demikian? Salah satu penyebab nafas tak sedap adalah minimnya sirkulasi udara pada mulut kita. apabila kita memilih untuk menutup mulut dan diam saja sepanjang hari karena takut orang lain mencium nafas kita yang tak sedap, justru hal ini akan membuat nafas anda semakin tak sedap baunya. Sebaiknya anda harus sering-sering berbicara dan membuka mulut anda, agar udara di dalam mulut dapat tersirkulasi dengan baik, sehingga mencegah pula bakteri-bakteri membuat mulut anda berbau tidak sedap.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top