Tips & Trik Parent

Tips Meningkatkan Daya Ingat Anak

Daya ingat anak menjadi satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Daya ingat yang kuat akan membuat anak tubuh menjadi pribadi yang pintar dan juga cerdas. Ia akan mudah untuk belajar dan nantinya bis snagat berguna untuk pertumbuhannya. Daya ingat pada anak bisa saja ditimbulkan dengan memperlakukan beberapa tips meningkatkan daya ingat anak. Cara ini tentu akan sangat baik untuk membuat anak bisa berkembang dengan lebih baik lagi.

Tips Meningkatkan Daya Ingat Anak

Sponsored by: cream perawatan wajah

Anak yang masih dalam usia berkembang, sangat baik untuk diberikan berbagai tips ini untuk membuat dirinya berkembang dengan baik lagi. Daya ingat sangat penting untuk kemudian membuat dirinya akan tumbuh menjadi pribadi yang pintar. Dengan berbagai cara yang mudah, mama akan membuat anak menjadi pribadi yang bisa mengingat segala hal dengan cepat dan tepat. Hal ini nantinya juga bisa sangat membantu untuk masa depan anak yang pastinya akan membantu untuk dirinya saat di sekolah ataupun hingga berguna di masa kerjanya nanti.

1.Bercerita dan Mengulanginya

Mempelajari anak akan suatu hal memang akan sangat membantu dan lebih maksimal ketika anak diajak untuk bermain sambil belajar. Anak yang masih di usia balita atuapun hingga usia 8 tahun pasti akan sangat senang dengan suatu kisah atau cerita yang akan diterimanya sebelum tidur. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh orang tua sebagai cara untuk membuat anak berlatih dan melatih daya ingatnya. Saat sebelum tidur, berikan cerita yang menarik untuknya kemudian minta anak untuk mengingat berbagai hal yang ada dalam cerita tersebut. Anak bisa belajar dari kosakata yang baru ataupun juga dengan mengingat dari nama-nama tokoh dari cerita tersebut.  Tentunya  cara ini akan sangat membantu untuk menstimulan ingatan dan juga daya pikir dari anak.

2. Permainan Puzzle

Bermain puzzle juga bisa menjadi satu permainan yang tidak hanya menyenangkan dan seru untuk dimainkan, tetapi permainan ini juga menjadi satu cara untuk meningkatkan daya ingat anak dengan mudah. Mama bisa mengajak anak untuk bermain puzzle, dimana mama pertama kali membuat berbagai bentuk dari puzzle. Tidak perlu untuk membuat dengan bentuk yang rumit ataupun jumlah kepingan yang banyak, gunakan saja kepingan sebanyak 3-5 buah kemudian berikan anak waktu untuk mengamati bentuk dari apa yang Anda buat. Jika sudah dirasa cukup, kemudian anak harus membuat bentuk yang sama dan persis dari apa yang sudah mama buat. Cara ini akan membuatnya bisa mengingat puzzle tersebut dengan lebih cepat.

3. Menyusun Jadwal Kegiatan Sehari-hari

Anak yang sudah masuk ke usia sekolah pasti akan memiliki beberapa jadwal baik itu yang berhubungan dengan kegiatan sekolah, kegiatan ekstra sekolah, les ataupun kegiatannya saat dirumah. Saat mama membuat jadwal anak, ikut sertakan anak dalam membuat jadwal tersebut. Dengan cara ini, anak akan memiliki waktu untuk mengingat kegiatan apa yang kemudian harus dia lakukan sesuai dengan jadwal yang ia buat sendiri tersebut. Dia akan terus memiliki alasan untuk mengaktifkan daya ingatnya saat ia terus mengingat sekiranya apa yang akan mereka lakukan setelah satu kegiatan tertentu dan pada jam tertentu. Hal inilah yang membuatnya untuk memiliki daya ingat yang baik hingga besar nantinya.

4. Visualisasikan ke Gambar

Sudah dibuktikan dengan berbagai penelitian jika memang visual akan menjadi lebih mudah untuk diterima dan diingat dibandingkan dengan teks ataupun lainnya. Oleh karena itulah, ketika Anda ingin membuat anak bisa dengan mudah untuk mengingat visualisasikan berbagai hal yang sekiranya memang sulit untuk diingat oleh anak. Hal ini akan sangat membantu untuk membuat anak mudah diingat dan juga membuat cara mengingat menjadi lebih menyenangkan. Cara yang menyenangkan dan gambar yang lebih meriah jauh lebih bagus untuk membuat anak bisa terus untuk mengingat dan meningkatkan daya ingatnya menjadi semakin bagus lagi.

5. Membaca Bersama Anak

Bukan membaca dengan sepenuhnya ataupun membiarkan anak untuk belajar dan membaca sendiri. Melainkan untuk membuat anak bisa memiliki daya ingat yang terus berkembang adalah dengan kegiatan dimana orang tua membaca sedangkan anak mendengarkan. Cara ini malah justru jauh lebih efektif untuk membuat anak bisa meningkatkan daya ingatnya.

6. Perhatikan Apa yang Dikonsumsi Anak

Perkembangan otak tentu sangat berpengaruh dan memiliki kaitan dengan apa yang dikonsumsi oleh anak. Perhatikan apa yang anak konsumsi jika ingin membuat anak menjadi lebih mudah untuk mengingat dan memiliki pikiran yang kuat. Makanan yang bisa memberikan tambahan daya ingat yang kuat adalah makanan yang berdar sayur-sayuran ataupun buah-buahan dengan nutrisi yang tinggi. Sedangkan untuk membuat anak memiliki daya ingat yang kuat adalah makanan cepat saji terutama makanan yang terlalu asin ataupun terlalu manis.

Berbagai cara diatas bisa menjadi cara yang paling ampuh untuk membuat Anda bisa mendapatkan anak dengan daya ingat yang tinggi. Daya ingat anak sangat penting untuk terus dikembangkan supaya ia tumbuh menjadi anak yang cerdas dan pandai. Anak dengan daya ingat yang kuat akan tumbuh menjadi anak yang cerdas dan bisa dengan mudah untuk belajar akan sesuatu hal yang baru. Tentunya hal ini akan sangat membantunya untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan berguna dimasa depannya nanti.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top