Tips & Trik Parent

Tips Meningkatkan Berat Badan Bayi

Memperhatikan pertumbuhan bayi menjadi satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan terutama pada bagian berat badan. Menjaga berat badan untuk mencapai ke titik yang ideal menjadi satu hal yang sangat penting supaya anak bisa mendapatkan perkembangan yang maksimal. Untuk bisa mengontrol dari berat badan bayi, Anda bisa melihat dari KMS atau Kartu Menuju Sehat. Jika bayi belum juga mendapatkan berat badan yang ideal, maka yang perlu dilakukan adalah Tips Meningkatkan Berat Badan Bayi.

Tips Meningkatkan Berat Badan Bayi

Sponsored by: perawatan wajah

Melihat dari KMS akan membuat Anda bisa lebih tahu apakah bayi mengalami perkembangan yang normal ataukah tidak. Pertumbuhan yang normal adalah saat angka atau grafik brada diatas garis normal pertumbuhan. Jika masih dibawah garir normal maka harus segera ditambah berat badannya sehingga membuat anak bisa mendapatkan pertumbuhan yang bagus dan maksimal. Dengan memberikan cara yang tepat maka berat badan anak pun akan bertambah hingga ke titik yang maksimal

1. Perhatikan Jadwal Pemberian MPASI

Saat anak sudah mulai bisa mengkonsumsi MPASI maka yang harus diperhatikan adalah asupan MPASI yang akan diterima oleh anak. Jadwal kapan anak akan mengkonsumsi MPASI sangat penting untuk membuat anak bisa mendapatkan porsi makan yang sesuai dengan usia mereka. Paling tidak berikan anak MPASI dengan jumlah 2-3 kali dalam sehari. Kemudian berikan juga anak MPASI ketika anak meminta untuk memberikan MPASI nya. Pastikan juga untuk memperhatikan frekuensi dalam memberikan susu kepada anak dan pastikan antara ASI dan MPASI diberikan dalam jumlah yang seimbang.

2. Perhatikan Asupan Air Putih

Air putih memang menjadi salah satu asupan yang sangat penting untuk diberikan untuk membuat tubuh tetap mendapatkan cairan yang seimbang. Namun, bagi anak-anak air putih juga tidak boleh diberikan dengan kadar yang terlalu banyak atau terlalu tinggi karena bisa membuat anak justru tidak akan memakan MPASI nya dengan baik.  Apalagi jika anak masih berusia dibawah 6 bulan maka ada berbagai peneliti yang menyarankan untuk tidak memberikan air putih terlebih dahulu kepada anak. Justru berikan saja jus buah yang mengandung banyak vitamin. Namun, tetap juga harus dalam kadar yang seimbang karena bisa membuat bayi berkurang nafsu makannya.

3. Berikan Buah yang Padat Kalori

Memberikan buah-buahan juga bis menjadi satu cara terbaik untuk membuat bayi bisa mendapatkan berat badan yang lebih ideal. Buah yang kaya akan kalori yang padat menjadi salah satu jenis buah yang sangat bagus untuk menambah berat badan bayi sehingga bisa lebih meningkat. Buah dengan kaya protein seperti pisang, alpukat ataupun daging kelapa muda juga bisa menjadi satu makanan selingan MPASI untuk membuat berat badan bayi menjadi semakin bertambah.

4. Berikan Daging

Saat anak sudah mendapatkan asupan MPASI, kemudian selanjutnya Anda juga bisa untuk mengembangkan makanan MPASI yang dikonsumsi oleh anak. Daging adalah salah satu jenis makanan MPASI yang bisa menambah berat badan bayi secara maksimal. Daging memiliki kandungan protein, vitamin B12 dan juga vitamin B6 yang pastinya membuat anak bisa mendapatkan berat badan yang lebih ideal dengan tambahan gizi yang komplit tersebut.

5. Perhatikan Susunan Menu MPASI

Komposisi MPASI memang menjadi kunci untuk bisa membuat anak bisa menambah berat badan menjadi semakin ideal. Komposisi MPASI yang bagus adalah komposisi MPASI dengan perbandingan 1:1. Perbandingan ini adalah perbandingan antara karbohidrat yang didapat dari lauk dan sayur dan juga kalori yang akan dikonsumsi oleh bayi. Sebagai contoh yang bisa digunakan adalah mengkonsumsi 2 sendok makan nasi tim harus ditambahkan dengan 1 sendok lauk dan juga 1 sendok sayur. Komposisi yang seimbang dan tentunya sangat membantu untuk menambah berat badan bayi menjadi lebih maksimal lagi.

6. Pastikan Bayi Tidur Cukup

Stamina dari bayi menjadi kunci penting untuk membuat bayi bisa mendapatkan berat badan yang ideal. Tidur adalah salah satu cara untuk bayi bisa mendapatkan kondisi tubuh dan stamina yang tetap terjaga dan bisa mendapatkan tubuh yang semakin ideal dan maksimal lagi. Saat bayi dalam kondisi tidur juga terdapat berbagai perkembangan dan pertumbuhan dari dalam tubuh bayi yang tentunya akan membantu bayi untuk bisa bertahan dan bisa berkembang dengan semakin baik lagi. Jadi, pastikan jika bayi memiliki pola tidur yang tepat hingga mendapatkan tidur yang cukup sehingga ia bisa mendapatkan berat badan yang lebih ideal lagi.

7. Berikan Terapi Pijat Bayi

Selain dari asupan makanan, berat badan bayi juga bisa menjadi semakin bertambah dengan membuat tubuh anak menjadi lebih rileks sehingga ia merasa lebih nyaman. Pijat pada bagian tubuh bayi dengan pelan sehingga akan membuat sirkulasi darah pada bayi menjadi lebih lancar dan juga bisa membantu untuk pencernaan anak. Dengan kondisi seperti ini maka akan membantu bayi untuk bisa meningkatkan berat badan dengan lebih maksimal lagi.

Berbagai cara diatas tentu akan sangat membnatu untuk menjaga anak untuk bisa bertambah berat badannya dan bisa berkembang dengan semakin baik lagi. Memperhatikan asupan bayi saja tidak cukup hanya dengan terus memberikannya makan, tetapi juga ada tips khusus untuk membuat bayi bisa mendapatkan asupan yang cukup sehingga ia mendapatkan tubuh dengan berat badan yang ideal dan juga sehat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top