Tips & Trik Parent

Tips Meninggalkan Anak Bersama sang Ayah Dirumah

Bagi seorang wanita karir yang sudah memiliki buah hati pasti akan menjumpai waktu disaat anda harus meninggalkan sang buah hati dirumah. Jika anda memiliki seorang pengasuh pasti akan sedikit membantu untuk menangani si buah hati, namun jika anda tidak ingin menggunakan pengasuh pasti membiarkannya bersama sang ayah menjadi pilihan paling memungkinkan.

Sponsored: kezia skin expert

Tips Meninggalkan Anak Bersama sang Ayah Dirumah

Tak ada salahnya untuk membuat anak memiliki waktu quality time bersama sang ayah. Namun biasanya yang terkadang menjadi masalah adalah si ayah yang belum terlalu pintar untuk mengasuh anak. Rasa was-was pasti akan selalu menghantui setiap ibu jika memang hal ini terjadi. Pilihan sulit antara meninggalkan anak bersama sang ayah atau memilih pekerjaan yang juga sangat penting untuk masa depan anak. Memilih meninggalkan anak bersama ayah bisa menjadi pilihan paling tepat asalkan melakukan beberapa Tips Meninggalkan Anak Dengan sang Ayah yang benar berikut ini.

  1. Percaya

Hal yang paling mendasar yang harus anda lakukan ketika anda ingin meninggalkan anak bersama ayah adalah tanamkan rasa percaya terhadap pasangan terlebih dahulu. Biasanya dikarenakan ibu terlalu was-was dan terlalu takut untuk terjadi hal yang tidak-tidak pada anak justru menimbulkan rasa tidak percaya dan ragu untuk memberikan tanggung jawab kepada pasangan. Hal ini harus segera untuk anda atasi sebab jika rasa ini terlalu berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama malah justru akan membuat pasangan merasa diremehkan dan justru tidak bisa memberikan tanggung jawab sepenuh hati. Ayah juga akan menjadi risih dan mungkin akan kesal dengan sikap ibu yang tidak bisa percaya dengan pasangannya. Percaya saja jika dengan segala intruksi yang akan anda berikan, ayah akan bisa melakukannya karena ayah juga sangat menyayangi anaknya.

  1. Siapkan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Untuk meminimalisir kesalahan yang dilakukan oleh sang ayah ada baiknya jika sebelum anda pergi siapkan terlebih dahulu perlengkapan yang kemungkinan digunakan oleh anak. Misalnya saja anda memberitahu tentang seragam sekolah yang akan digunakan anak, peralatan susu dan makanan, permainan kesukaannya, buku dongeng kegemaran anak atau bahkan hingga dimana anda menyimpan popok untuk anak. Pastikan jika ayah hafal dan paham betul letak-letak dan perlengkapan apa saja yang diperlukan oleh anak, sehingga dengan begitu mereka tidak akan bingung dan bisa mencari dengan cepat barang yang sekiranya akan dibutuhkan oleh anak.

  1. Beri Pelajaran Singkat kepada Suami

Jika memang ayah belum pernah ditinggal bersama anak dalam jangka waktu tertentu beri saja les privat untuk beberapa saat untuk ayah. Beri tahu segala hal teknis yang sekiranya akan dibutuhkan oleh ayah. Meskipun pertama kali ayah akan terasa kaku dan banyak melakukan kesalahan namun dengan belajar dan terus melakukan maka mereka pun akan menjadi sangat sangat terbiasa. Jika memang perlu segala hal yang sekiranya sulit untuk dilakukan atau dibuat bisa ibu catat kemudian letakan ditempat yang mudah untuk ayah jangkau misalnya di kulkas, meja makan, meja belajar anak ataupun tempat lainnya. Dengan cara ini bisa dipastikan ayah tak akan lagi kebingungan saat mereka harus tinggal hanya berdua saja.

  1. Tulis Jadwal Anak

Dikarenakan ayah yang terlalu sibuk dikantor atau bekerja diluar rumah biasanya mereka juga akan kurang paham tentang jadwal atau kebiasaan anak dalam sehari. Untuk mengatasi anak supaya bisa tetap dalam kondisi yang prima dan tetap bisa mengikuti segala kegiatan dengan baik ada baiknya untuk anda mencatat kiranya apa saja jadwal sang anak dalam waktu seharian tersebut. Misalnya saja kapan anak harus mandi, jam berapa anak makan siang, jam berapa anak minum susu, jam berapa anak harus tidur dan berbagai hal lainnya.

  1. Selalu Ingatkan Ayah

Ada baiknya jika anda juga terus mengingatkan ayah tentang berbagai kegiatan yang seharusnya dilakukan oleh anak. Ayah yang jarang mengurus anak seharian dirumah pasti akan lupa dan bahkan terlalu bingung untuk apa yang harusnya dilakukan kepada si anak. Ingatkan saja melalui pesan atau telepon kapan anak harus tidur ataupun minum susu. Hal ini tentu saja untuk menghindarkan anak dari rasa rewel sehingga anda pun yang sedang melakukan kegiatan juga tidak resah dan ayah juga bisa mengatasi anak dengan baik.

  1. Perlengkapan Kesehatan

Meskipun bukan hal yang pokok namun menyiapkan peralatan kesehatan mulai seperti obat-obatan demam, pilek, batuk dan obat-obatan umum lainnya juga sangat disarankan. Hal ini untuk mengantisipasi jika nanti ditakutkan anak tiba-tiba mengalami kurang enak badan. Untuk membuat suami tidak panik anda bisa memberikan perlengkapan kesehatan yang komplit terlebih dahulu sebelum anda meninggalkannya. Sehingga, jika memang anak mengalami kurang enak badan ayah bisa langsung memberikan pertolongan yang cepat.

Bukan hal yang mudah memang untuk meninggalkan anak hanya dengan si ayah yang pada dasarnya belum pernah sama sekali mengurus anak sendirian. Namun, jika anak sudah memiliki umur yang bisa ditinggal seperti umur empat tahun keatas tentu hal ini tetap bisa dilakukan. Ajarkan terus kepada suami bagaimana cara merawat anak maka moment berdua bersama sang ayah akan menjadi moment yang tak terlupakan dan membahagiakan bagi si anak.

 

Baca juga: Permainan Ayah dan Anak yang Bisa Dimainkan Saat Luang

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top