Tips dan Trik

Tips Mengusir Tikus Di Rumah

Tips Mengusir Tikus Di RumahTikus merupakan hewan pengerat yang sering berada di rumah. Hewan ini datang ke rumah, bisa saja bersarang serta beranak pinak di dalamnya. Banyaknya barang-barang tidak terpakai dan kotor di rumah seringkali digunakan sebagai markas tikus. Di gudang penyimpanan barang akan seringkali dijumpai banyak rekam jejak tikus. Jika banyak sisa makanan di dalam rumah yang tergeletak di atas piring dalam keadaan terbuka atau berada di tempat sampah, akan memberikan peluang kepada tikus untuk datang dan betah di dalam rumah, karena telah mencium aroma serta menjadi sumber makanan bagi mereka. Situasi seperti ini sama halnya dengan mengundang datangnya tikus untuk masuk dan menginap di dalam rumah. Tikus yang termasuk binatang kotor bisa menjadi perantara penyakit. Oleh karenanya, tikus yang berada di rumah segera diberikan tindakan agar tidak berhabitat di dalamnya. Alangkah baiknya tikus segera diusir agar tidak menimbulkan kerusakan secara meluas. Selain menggunakan racun kimiawi yang berbahaya, tips mengusir tikus di rumah dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan yang jauh lebih aman bagi lingkungan dan manusia itu sendiri.

sponsor: dr rochelle skin expert.

Tikus di rumah sangatlah mengganggu, karena mereka menimbulkan kerusakan bagian rumah atau perabot, sering mencuri makanan, dan suara berisiknya sangat mengganggu. Jika perangkap tikus atau lem tikus yang tergolong senjata yang aman masih kurang ampuh dalam membasmi dan mengusirnya, maka cara alami ini bisa dijadikan alternatif mengusirnya.

  1. Kulit durian

Jika mengkonsumsi durian pasti yang diambil adalah bagian daging buahnya. Kulitnya yang berduri dan tebal tersebut pasti akan tersisa sebagai limbahnya. Durian memang buah legit dengan aroma khas yang begitu menyengat. Kulit durian yang tersisa bisa digunakan untuk mengusir tikus dengan baunya yang masih cukup tajam. Letakkan kulit durian di tempat yang biasa dilalui tikus, sehingga tikus akan kabur dari rumah karena bau kulit durian tersebut.

  1. Jangkrik

Suara jangkrik memang begitu khas dan nyaring. Jangkrik menjadi salah satu alat pengusir tikus, karena tikus tidak menyukai suara ramai. Cara yang bisa dilakukan dalam mengusir tikus dengan jangkrik yaitu dengan meletakkan jangkrik pada kotaknya di tempat yang sering dilalui tikus. Suara jangkrik ini akan membuat tikus tidak tahan berlama-lama di tempat tersebut.

  1. Buah mengkudu

Jenis buah yang satu ini memang terkenal bisa dikonsumsi sebagai herbal alami untuk menunjang kesehatan. Buah mengkudu terkenal pula dengan nama lain buah pace. Buah mengkudu bisa pula dimanfaatkan sebagai bahan pengusir tikus secara alami dan aman. Caranya yaitu dengan menyiapkan beberapa buah mengkudu untuk dipotong-potong menjadi beberapa bagian. Potongan buah mengkudu ini diletakkan di suatu wadah dan kemudian posisikan wadah tersebut di tempat yang biasa dilalui oleh tikus. Bau mengkudu ini tidak disukai tikus, sehingga mampu membuat mereka beranjak pergi.

  1. Kucing

Telah sejak lama dikenal bahwa musuh tikus adalah kucing. Agar lebih efektif mengusir tikus, perlu memelihara kucing yang memiliki kemampuan memangsa tikus. Memang, tidak semua kucing mau untuk memangsa tikus. Jika ingin memilih kucing maka perlu selektif. Jika sekiranya kucing tidak lagi mau memangsa tikus, maka gantilah kucing peliharaan dengan yang lebih cekatan dan garang. Dengan demikian, tikus akan takut masuk ke dalam rumah dan akhirnya pergi.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top