Relationship

Tips Mengilangkan Rasa Cemburu

Rasa cemburu yang dirasakan ketika menjalin satu hubungan memanglah hal yang sangat lumrah. Bahkan banyak juga yang mengatakan jika cemburu merupakan pemanis dalam satu hubungan. Dan sebagian orang ada juga yang menyatakan jika cemburu sebagai salah satu tanda cinta terhadap pasangannya. Yang menjadi masalah adalah ketika rasa cemburu ini kemudian menjadi perasaan yang terlalu berlebihan. Tips Mengilangkan Rasa Cemburu diperlukan untuk bisa mengatasi rasa cemburu tersebut.

Sponsored by: perawatan wajah terbaik

Perasaan cemburu bisa saja dikarenakan oleh berbagai hal yang dilakukan oleh pasangan. Misalya saja seperti, terlalu intim berteman dengan pasangan lawan jenis lainnya, terlalu sibuk dengan temannya, hingga hal yang sepele pun bisa saja menjadi pemicu yang menimbulkan rasa cemburu pada pasangan. Perasaan ini pun bukan hanya dirasakan oleh pasangan yang baru berpacaran ditahap pertama saja, bahkan untuk pasangan yang sudah menikah berpuluh-puluh tahun pun juga sering timbul perasaan cemburu. Jika cemburu tidak dikendalikan dengan berbagai tips berikut ini maka cemburu akan selalu menjadi masalah dalam hubungan anda dan bisa menjadi masalah besar yang akhirnya memisahkan hubungan Anda dengan pasangan.

Tips Mengilangkan Rasa Cemburu.2

Positive Thinking

Cemburu bisa saja timbul dikarenakan Anda yang selalu berpikir buruk kepada pasangan. Untuk menghilangkan rasa cemburu ini maka harus dimulai dengan selalu berpikir positive kepada pasangan.  Tanpa adanya pemikiran yang positive terhadap pasangan maka akan selalu membawa Anda pada situasi terus menerus curiga. Sehingga, meskipun pasangan melakukan hal yang benar sekalipun Anda akan merasa jika pasangan Anda berbuat yang tidak benar diluar sana. Biasakan untuk berpikir positive ketika pasangan sedang tidak di samping Anda, tanamkan pada diri dan pikiran Anda jika dia melakukan hal-hal yang baik. Dengan menanamkan pikiran yang positive ini tentu akan menjauhkan prasangka yang tidak baik dan perasaan cemburu.

Saling Menguatkan

Dalam satu hubungan yang sudah dibina dalam hitungan tahun sangat penting untuk terus saling menguatkan antara satu dengan yang lain. Ketika satu pihak merasa tidak yakin dengan hubungan yang dijalani ataupun merasa ragu dengan pasangannya, sudah menjadi tugas tugas pihak lainnya untuk saling menguatkan. Meskipun hanya sebatas dengan kalimat-kalimat yang menguatkan, namun hal ini akan sangat berguna untuk membuat kokohnya hubungan Anda dan semakin tinggi rasa percaya Anda terhadap pasangan. Tidak ada lagi perasaan cemburu ketika hal ini sudah saling dilakukan oleh masing-masing pasangan.

Percaya Kepada Pasangan

Kepercayaan adalah kunci utama bagi Anda dan pasangan untuk bisa mendapatkan hubungan yang bisa bertahan hingga jangka waktu yang lama. Rasa saling percaya yang tinggi akan membuat Anda tidak lagi berpikir hal yang buruk dengan aktivitas dari pasangan. Meskipun pasangan harus bekerja dengan teman lawan jenisnya ataupun teman lainnya, Anda pun akan tetap percaya jika pasangan Anda tetap dalam koridor yang baik dan benar. Rasa cemburu pun tidak akan menjadi hal yang bisa terus muncul dalam hubungan Anda bersama pasangan.

Berhenti Membandingkan Diri

Ketika Anda membandingkan diri Anda dengan orang lain seperti teman dari pasangan Anda malah justru akan semakin menyulut rasa emosi dan cemburu pada diri Anda. Saat Anda membandingkan diri Anda dengan orang lain dimana Anda hanya melihat sisi baiknya saja dari pembanding Anda malah justru hanya akan membuat Anda kehilangan percaya diri Anda. Kepercayaan diri yang semakin menurun menimbulkan rasa cemburu yang semakin tinggi lagi. Akan lebih baik jika Anda lebih melihat hal positive pada diri Anda dan selalu bersyukur akan apa yang Anda miliki.

Jangan Terjebak Akan Masa Lalu

Cemburu yang tidak berkesudahan juga bisa ditimbulkan karena rasa cemburu Anda akan masa lalu dari diri pasangan. Mantan yang menjadi cinta masa lalu pasangan Anda selalu menjadi satu pemicu cemburu yang sangat luar biasa. Bahkan, mantan yang tersebut dalam sebuah perbincangan secara tidak sengaja pun juga bisa menjadi sumber rasa cemburu. Rasa takut untuk tidak bisa menjadi pasangan yang lebih baik, merasa tidak percaya dan berbagai rasa lainnya memang menjadi hal yang sangat lumrah. Akan tetapi, Anda juga harus menyadarakan diri Anda jika hubungan yang dibina saat ini adalah hubungan bersama Anda dan bukan dari kisah masa lalunya. Yakinkan pada diri Anda jika mantan pasangan Anda hanyalah bagian dari proses hidupnya yang sebenarnya tidak mesti harus selalu dipermasalahkan.

Bicarakan dengan Pasangan

Jika memang hal yang menyebabkan Anda cemburu sudah terlalu sering dilakukan oleh pasangan ada baiknya bagi Anda untuk segera membicarakan hal ini bersama dengan pasangan. Ungkapkan saja apa alasannya dengan jelas dan tenang, yang membuat kenpa Anda cemburu dengan pasangan Anda. Buat pasangan agar bisa menerima kenapa Anda merasa cemburu dengan  yang dia lakukan. Jika memungkinkan Anda juga bisa meminta untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan kegiatan yang bisa membuat Anda cemburu tersebut. Cari situasi yang tenang dan santai untuk membuat pasangan bisa lebih menerima dan tidak menimbulkan cek-cok ataupun pertengkaran.

Cemburu yang terlalu berlebihan tentu akan sangat menguras tenaga, pikiran dan juga hati. Dengan melakukan beberapa tips yang paling tepat untuk membuat rasa cemburu Anda semakin hilang tentu Anda akan mendapatkan situasi dan hubungan yang semakin nyaman. Selain itu, Anda juga harus terus memperbaiki diri Anda untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi untuk pasangan. Tanpa curiga dan cemburu, Anda bisa mendapatkan hubungan yang semakin baik dan langgeng.

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top