Parenting Info

Tips Menghentikan Kebiasaan Pakai Dot Pada Anak

Tips Menghentikan Kebiasaan Pakai Dot Pada Anak

Anak rewel saat Anda harus melepaskan dot nya, itu sudah biasa. Namun apa jadinya jika kebiasaan ini berlanjut hingga masuk usia sekolah. Sudah coba berbagai cara untuk menghentikan kebiasaan anak lepas dari dot bisa dibilang cukup sulit dilakukan. Pasalnya anak jadi mudah marah jika tiba-tiba ibu menyuruhnya melepas dot dari mulutnya. Namun tenang saja bunda, masih ada cara mudah yang bisa dilakukan agar kebiasaan anak terus pakai dot ini bisa dihentikan.

Sponsor: cream perawatan wajah

Kebiasaan pakai dot saat balita dimulai dari orang tua. Menurut sumber, kebiasaan pakai dot sudah harus dihentikan saat usia anak menginjak 2-3 tahun. Meski bukan perkara mudah, namun langkah ini sudah harus dilakukan. Menurut Parenting USA ada tips menghentikan kebiasaan pakai dot pada anakyakni.

1. Kirim ke awan

Cara unik ini bisa membantu anak percaya bahwa dot mereka saat ini sedang tidak ada. Anda bisa katakan pada anak jika dot tersebut sedang terbang ke awan dengan balon. Meski sedikit berbohong, cara ini bisa jadi alasan menyenangkan agar balita senang.

2. Tukar dengan mainan baru

Cara selanjutnya dengan menukarkan dot dengan mainan baru yang anak sukai. Buat permainan kecil misalnya untuk membeli mainan harus dibayar dengan dot. Cara ini dinilai cukup ampuh agar anak tidak selalu tergantung pada dot kesukaannya.

3. Sumbangkan ke bayi lain

Kadang untuk cara yang satu ini Anda butuh usaha agar meyakinkan anak untuk mau berbagi. Pasalnya tak semua anak sanggup melihat kondisi di sekitarnya. Tapi setidaknya bisa Anda lakukan dengan cara mengunjungi bayi lain dan jelaskan bahwa bayi lain sedang membutuhkan dot.

4. Mengubur dot

Kemungkinan tindakan ini bisa membuat anak nangis jika baru pertama kali Anda memintanya melepas dot kesukaannya. Beri sedikit kebohongan dengan seru bahwa dot anak yang dikubur akan tumbuh bunga yang indah. Tanbahkan juga bibit bunga agar kelak anak benar-benar yakin.

5. Memberikan reward

Coba cara mudah lainnya dengan memberikan reward atau hadiah jika tiba-tiba anak mau melepaskan dotnya. Contohnya beri hadiah jika anak tidak menggunakan dot selama 1 sampai 2 minggu dan berikan ia hadiah kesukaan seperti es krim atau mainan lain.

6. Buang ke tempat sampah

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mencegah kebiasaan anak suka dotny adalah membuangnya ke tempat sampah. Dari laporan yang dipublish Parenting USA memang menyebut bahwa anak akan enggan memakai dot kembali saat barang miliknya itu berada di tempat sampah. Namun jika anak masih menangis, cobalah belikan dot yang baru, dan saat malam hari ia tertidur, buang dot baru nya lagi ke tempat sampah.

7. Bertahap

Cara yang terakhir yakni bertahap dalam menjauhkan dot dari jangkauan si kecil. Meski sulit memang membutuhkan usaha keras. Contoh sederhana yakni berikan dot saat anak berada di dalam rumahnya saja atau saat ia ingin tidur.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top