Shopping

Tips Menghemat Uang Belanja Bagi Ibu Rumah Tangga

Dalam sistem keuangan dibutuhkan sebuah rencana keuangan, termasuk pada keluarga. Gunanya supaya pengeluaran tidak boros, sesuai dengan kebutuhan. Terdapat 2 hal utama yang mempengaruhi perencanaan keluarga, yaitu jumlah penghasilan, sumber penghasilan dan jumlah pengeluaran setiap bulannya. Anggap saja penghasilan Anda tetap, belum menemukan sumber penghasilan tambahan. Kemudia untuk menyeimbangkan pendapatan dan pengeluaran anda harus melakukan penghematan. Bagaimana caranya? Inilah beberapa tips menghemat uang belanja:

tips menghemat uang belanja

Sponsor: pemutih wajah

  1. Pisahkan Uang dalam 31 Amplop (untuk satu bulan)

Metode ini dikenalkan oleh saudara Syukri Muhammad Syukri. Meski  terlihat klasik tetapi cukup efektif  dampaknya. Sebagai Ibu rumah tangga, Anda hanya butuh menyiapkan 31 lembar amplop kosong untuk memulai sistem 31 amplop ini.

Langkah berikutya yaitu ambil seluruh penghasilan Anda untuk masukkan ke amplop sesuai kebutuhan. Misalnya seperti cicilan rumah, bayar uang kontrakan, beras sebulan, bayar tagihan listrik, air, telepon, uang bensin, gas, uang saku anak-anak, dan simpanan dana darurat. Tulis pada masing-masing amplop mulai tanggal 1 sampai dengan 31.

  1. Jangan Lewatkan Tawaran Promo

Makin sering jalan ke swalayan, maka makin besar godaan berbelanja. Godaan jadi kian kuat manakala banyak promo, diskon. Apalagi produk kebutuhan rumah tangga seperti gula, minyak, camilan, tisu, pembersih lantai, dan sebagainya. Tidak masalah. Justeru akan semakin membantu anda dalam penghematan.

Untuk swalayan tertentu, biasanya promo diadakan pada hari-hari weekend (sabtu dan minggu). Anda bisa menggunakan hari tersebut saat belanja kebutuhan.

Cara Pintar Belanja Produk Promo atau Diskon yang dikutip dari salah satu artikel milik cermati.com:

Biasanya diskon digandengkan dengan cicilan 0% supaya produk yang ditawarkan makin ciamik. Sebelum kian terbuai ingat beberapa hal berikut ini:

  1. a) Sadar Isi Dompet

Saat liat promo cicilan tanpa 0 % dan diskon, segera cek isi dompet untuk cek kesanggupan Anda membayar

  1. b) Sebelum kalap, Anda Mesti Tahu Standar Harga Barang Yang di Diskon

Banyak barang diskon yang sudah di naikkan terlebih dahulu harganya, oleh karena itu cari tahu berapa harga st Andar barang tersebut?

  1. c) Bikin Daftar Prioritas, Mana yang lebih penting?

Ingat, jangan kalap lihat diskon. Anda harus berpegang teguh pada daftar atau list belanja yang dibuat.

  1. d) Karena Barang Diskonan, Cari Cacatnya

Salah satu alasan barang didiskon adalah karena adanya cacat produksi. Jadi lihat produk sampai detil ya.

  1. e) Walaupun harga diskon, pastikan cek kembali kualitasnya

Barang diskon biasanya produk yang gak laku sehingga ukurannya juga seringkali tidak banyak variasinya.Jangan maksa beli jika ukurannya tidak ada yang pas buat kamu.

  1. f) Cari Dengan Teliti

Namanya juga diskon, banyak hal yang dilakukan toko agar semua barangnya laku. Biasanya yang ditampilkan atas adalah produk yang paling jelek supaya cepat dibeli. Jadi sebagai pembeli dengan mental diskon,  Anda mesti sabar dan teliti mencari diantara barang-barang diskon.

  1. Simpanlah Bahan Makanan Dengan Baik Supayan Lebih Awet

Lebih baik anda menyimpan makanan/ belanjaan seperti lemari beras, lemari es atau wadah kedap udara agar lebih awet. Ini akan membantu dalam menghemat uang belanja bulanan.

  1. Buat Daftar Menu Makanan Harian dan Mingguan

Dengan membuat daftar menu makanan harian atau mingguan maka pola belanja kita akan terkontrol. Sehingga anda bisa terhindar dari membeli bahan makanan yang akhirnya mubazir.

  1. Catat Rencana Belanja dan Simpan Nota Pembelian

Cara kelima yang dapat anda terapkan adalah dengan menempel catatan  barang apa yang sudah habis. Catatan terebut bisa disimpan atau dipasang di pintu lemari es. Tujuannya agar anda belanja  tidak membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan, atau bisa juga dengan

Anda bisa mencoba trik sebelumnya yakni membeli produk promosi. Bei satu gratis satu, misalnya. Dengan cara macam demikian Anda bisa berhemat supaya bulan depan sebab tidak perlu membeli produk itu lagi.

Simpanlah nota/bon/struk belanja agar lebih terkontrol. Dengan menyimpan bon/struk/nota ini adalah supaya dapat membandingkan harga bulan ini dan bulan lalu. Anda akan tahu kapan harga sedang murah dan di mana tempat beli produk murah tersebut.

  1. Kurangi Penggunaan Kartu Kredit Saat Belanja

Seandainya bila penghasilan tidak mencukupi, tetapi rupanya tanpa sadar budget pengeluaran kerap lebih dari penghasilan, merasa belanja tak terkontrol, jangan-jangan karena anda menggunakan kartu kredit ketika berbelanja. Penggunaan credit card saat membeli barang memang mudah sebab bayar di belakang. Dampaknya pengeluaran anda kian tidak terkendali.

Waspadai pula efek psikologis yang terjadi yaitu membuat kita seolah jadi “orang kaya” yang justru semua akhirnya berujung pada tragedi kantong tipis sebelum akhir bulan. Lambat laun  Anda akan menyadari bahwa penghasilan anda ternyata tak sebanyak seperti yang dikira. Jadi mulai saat ini cobalah membiasakan belanja sesuai kemampuan dan kebutuhan.

Itulah beberapa tips dan trik menghemat uang belanja yang dapat anda lakukan. Barangkali rasanya sukar karena tidak terbiasa. Namun yakin saja, lambat laun anda akn terbiasa. Menyesuaikan kondisi lebih baik daripada memaksakan utang sana-sini. Selamat mencoba!

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top