Inspiration

Tips Menghadapi Wawancara Kerja Agar Berhasil

Tips Menghadapi Wawancara Kerja Agar Berhasil

Sebelum mendapatkan pekerjaan impian biasanya terlebih dahulu harus melewati satu tahap terlebih dahulu. Yakni tahap interview kerja. Sebuah tahap yang tidak bisa dipungkiri bahwa seringkali membuat banyak orang gugup dalam menghadapinya. Hal tersebut tidak lepas karena bisa dibilang interview kerja adalah tahap paling penting dalam sebuah pekerjaan. Karena dalam tahap inilah, kandidat pekerja akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang ia inginkan atau malah ditinggalkan begitu saja. Mengetahui pentingnya tahap interview kerja maka tidak heran apabila para kandidat pekerja menyiapkan dengan sebaiknya. Namun tetap saja apabila tidak diiringi dengan beberapa tips maka pekerjaan impian yang sudah ada di depan mata bisa menghilang begitu saja karena interview yang tidak berjalan baik. Untuk itulah, berikut ini akan dijelaskan tips menghadapi wawancara kerja agar berhasil.

sponsor: kezia skin expert.

  1. Datang Tepat Waktu

Hal pertama yang harus diperhatikan atau harus dilakukan ketika akan melakukan interview kerja adalah datang tepat waktu. Mungkin bagi sebagian orang, hal ini terlihat remeh temeh bahkan seringkali disepelekan. Padahal nyatanya datang tepat waktu adalah hal paling penting ketika akan menghadapi wawancara kerja. Manfaat pertama yang didapatkan dari datang tepat waktu adalah kita bisa mempersiapkan diri terlebih dahulu dengan mengetahui suasana tempat kerja. Sehingga membuat kita bisa menguasai keadaan. Manfaat kedua yang didapatkan dari datang tepat waktu adalah menunjukan kesan pertama yang baik bagi pihak yang akan mewancara. Itu menunjukan bahwa kita memang memiliki minat yang tinggi untuk bisa mendapatkan pekerjaan tersebut.

  1. Kendalikan Perasaan Gugup

Tips Menghadapi Wawancara Kerja Agar Berhasil

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa ketika menghadapi interview kerja seringkali perasaan gugup menganggu kita. Hal ini membuat semua jawaban yang sudah kita persiapkan di kepala menjadi buyar ketika sedang menghadapi interview. Tentunya hal ini akan membuat nilai kita di mata pewawancara menjadi turun dan kesempatan mendapatkan pekerjaan impian menjadi menghilang. Untuk itu, cobalah kendalikan rasa gugup itu dengan mencoba menarik nafas panjang. Bisa juga dengan mengingat hal-hal yang akan membuat kita menjadi tenang.

  1. Jawab Pertanyaan Dengan Jelas

Tentunya tiap pewawancara menginginkan informasi penting dari kita. Sehingga nantinya mereka bisa memutuskan apakah kita mendapatkan pekerjaan di tempat tersebut atau malah sebaliknya. Namun pada banyak kasus, seringkali pewawancara menolak kandidat pekerja karena jawaban mereka yang kurang jelas. Hal tersebut biasanya karena kalimat yang menggumam dan dicampur dengan perasaan gugup. Membuat semua kalimat yang keluar menjadi berantakan dan tidak jelas. Untuk itulah, setiap ingin menjawab pertanyaan dari pewawancara usahakan untuk mengendalikan diri anda dan pikirkan tiap jawaban denagn baik-baik. Agar nantinya jawaban yang keluar bukan hanya baik namun juga jelas dan memberikan kesan bagi pewawancara.

  1. Menunggu Bola

Tips Menghadapi Wawancara Kerja Agar Berhasil

Kesalahan yang seringkali dilakukan oleh kandidat kerja ketika melakukan interview kerja adalah terlalu mengekspos kemampuan dirinya. Atau dalam bahasa lainnya adalah terlalu narsis untuk menunjukan rekam kerja ataupun kemampuannya. Padahal hal tersebut sama sekali tidak ditanyakan oleh pewawancara. Hal ini mungkin dimaksudkan agar bisa mengesankan pewawancara. Namun hal ini malah seringkali menjadi senjata makan tuan. Karena salah satu teknik dalam interview kerja adalah menunggu bola. Yang artinya kita hanya menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pewawancara selain itu kita tidak bisa mengatakan sesuatu yang diluar konteks. Karena hal tersebut hanya akan mencoreng diri kita sendiri.

Interview kerja memang sesuatu yang penting dan seringkali membuat gugup. Namun apabila dihadapi dengan percaya diri dan juga persiapan yang baik tentu tidak mungkin pekerjaan yang diinginkan bisa didapatkan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top