Makanan Kesehatan

Tips Menggunakan Minyak Zaitun Untuk Mengobati Sembelit

Tips Menggunakan Minyak Zaitun Untuk Mengobati Sembelit

Pencernaan manusia dapat diibaratkan sebagai mesin penggiling yang menghancurkan semua jenis makanan saat masuk ke dalam perut untuk diambil nutrisinya. Terkadang pola makan yang tidak sehat dapat menyebabkan berbagai masalah dalam pencernaan. Salah satu jenis masalah yang sering muncul adalah sembelit atau susah buang air besar. Sembelit bisa jadi masalah sangat serius dan apabila jika dibiarkan maka dapat mengganggu kesehatan lebih serius. Berbagai cara daat dilakukan untuk mengatasi masalah sembelit salah satunya dengan menggunakan minyak zaitun. Berikut ini tips menggunakan minyak zaitun untuk mengobati sembelit wajib Anda tahu supaya pencernaan tetap sehat.

Sponsor: perawatan wajah

Seputar Kandungan Nutrisi Minyak Zaitun:

Minyak Zaitun adalah salah satu minyak essensial alami yang banyak mengandung sejuta manfaat. Ramuan dari minyak zaitun ini mampu mengatasi masalah kesehatan serta obat alami untuk kecantikan dan kesehatan kulit dan rambut. Dari informasi nilai gizi, setiap satu sendok makan minyak zaitu mengandung kurang lebih 119 kkal kalori. Minyak ini mengandung unsur lemak 13.5 gram dan unsur lemak lainnya seperti lemak jenuh, lemak tak jenuh ganda, dan lemak tak jenuh tunggal. Meski mengandung lemak, namun minyak zaitun 0 mg kolesterol, tanpa protein, karbohidrat, gula, sodium dan tanpa kalium. Namun kandungan paling banyak berperan berupa:

  • Treigliserida yakni sedikit acits lemak bebas, pigmen, gliserol, senyawa aroma, sterol, fenol, tokoferol dan komponen resin.
  • Oleic Acod atau oleat tak jenus tunggal berupa asam lemak yang mampu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL).
  • Tokoferol yakni senyawa penting yng lebih dari minyak nabati yang bisa menghasilkan vitamin E untuk asam lemak tak jenuh.
  • Senyawa felonik yang berfungsi menstabilkan oksidatif dan peningkat rasa.
  • Kandungan lain paling umum seperti sumbr zat besi dan tembaga yang masing-masing mencapai 41% dan 28%. Kemudian diperkaya oleh serat pangan, vitamin A, potasium dan kalium.
  • Lengkap asam seperti asam hidroksisinamant, antosianidin, flavonol, asam hidroksibenzoik, asam hidroksifenilasetat, asam linoleat dan alfa linoleat.

Tips Menggunakan Minyak Zaitun Untuk Mengobati Sembelit

Manfaat Minyak Zatun Atasi Sembelit:

Minyak Zaitun dipercaya sangat ampuh untuk mengatasi sembelit karena mempunyai beberapa keunggulan dan juga manfaat di dalamnya antara lain,

  • Sebagai Pelumas Usus

Manfaat dari minyak zaitun yang pertama adalah sebagai pelumas pada usus. Usus berperan seperti selang air yaitu menghantarkan dan memproses inti sari makanan dan membuang sisa ampasnya menjadi kotoran.  Terkadang mengkonsumsi makanan yang kurang mengandung serat mengakibatkan saluran pada usus menjadi tersendat dan kurang lancar. Kondisi inilah yang mengakibatkan kotoran atau ampas susah untuk dibuang dan menyebabkan sembelit. Minyak zaitun berperan sebagai pencahar yang melumasi usus dan memudahkan makanan masuk ke dalam usus besar.

  • Memperkuat Lapisan Lendir Usus Besar

Minyak zaitun juga bermanfaat untuk memperkuat lapisan lendir pada usus besar. Hal ini terjadi karena minyak zaitun mempunyai kandungan lemak tak jenuh sehingga sangat bermanfaat untuk memperkuat lapisan lendir dalam usus besar. Selain memperkuat lapisan lendir kandungan lemak tak jenuh tersebut juga bermanfaat untuk meningkatkan kecepatan usus untuk memproses makanan dalam mengambil nutrisinya serta mencegah dari resiko terjadinya sembelit.

  • Merangsang Kontraksi Usus Besar

Minyak zaitun juga sangat ampuh dan bermanfaat untuk merangsang kontraksi pada usus besar sehingga membuat ampas sisa dari makanan yang berupa tinja menjadi mudah untuk dikeluarkan. Hal ini dikarenakan minyak zaitun mempunyai beberapa kandungan nutrisi di dalamnya diantaranya adalah Vitamin E, K, Antioksidan, dan Omega 3. Kandungan nutrisi tersebut yang membuat minyak zaitun sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan Anda.

  • Mencerna Makanan Lebih Cepat

Kandungan lemak tak jenuh pada minyak zaitun juga bermanfaat untuk mendorong kantong empedu untuk menghasilkan enzim pencernaan agar lebih cepat mencerna makanan yang masuk ke dalam pencernaan. Karena makanan menjadi lebih cepat untuk dicerna sehingga resiko mengalami gangguan pencernaan dapat diminimalisir.

  • Menyehatkan Hati

Selain bermanfaat mencerna makanan dengan lebih cepat, minyak zaitun juga sangat beranfaat menyehatkan empedu. Kandungan dalam minyak zaitun akan bekerja menghambat efek stres oksidatif yang dapat mempengaruhi produksi empedu dalam hati. Jika produksi empedu menjadi normal maka kesehatan hati akan terjaga.

  • Mencegah Kanker Usus

Manfaat dari minyak zaitun yang terakhir adalah mencegah kanker usus. Hal ini terjadi karena minyak zaitun bersifat stabil berada dalam sifat asamnya ketika di dalam pencernaan. Sifat keasaman tersebut dapat memicu tumbuhnya sel kanker serta bisul pada lapisan dinding perut. Karena minyak zaitun mempunyai sifat asam yang stabil maka resiko perkembangan sel kanker dapat dihindari.

Cara Menggunakan Minyak Zaitu Untuk Obat Sembelit:

Cara menggunakan dan mengkonsumsi minyak zaitun sebagai obat untuk sembelit dan menyehatkan pencernaan ada bermacam-macam salah satunya adalah dengan meminum minyak zaitun secara langsung ketika masih dalam keadaan mentah dengan menggunakan sendok makan. Apabila Anda sulit untuk mengkonsumsi secara langsung, Anda dapat mencampurkan minyak zaitun terhadap makanan atau minuman yang akan dikonsumsi seperti susu, kopi atau teh herbal, serta jus buah-buahan. Campuran tersebut akan menimbulkan rasa yang sedikit aneh bagi minuman Anda akan tetapi sangat bermanfaat bagi kesehatan badan terutama untuk mengatasi sembelit.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top