Tips dan Trik

Tips Mengetahui Kelayakan Kosmetik

Hobi berbelanja dan wanita adalah hal yang tidak dapat terpisahkan. Bukan hanya tas, sepatu, baju, namun berbagai kosmetik merupakan benda yang selalu ada dalam daftar belanja mereka. Kesaman yang cantik dengan warna-warna yang menarik memang selalu membuat para wanita tergoda untuk membelinya. Dengan banyaknya komsetik yang Anda miliki, apakah Anda mengerti bahwa kosmetik tidaklah dapat disimpan untuk selamanya. Sama halnya seperti obat, kosmetik juga memiliki tanggal kadaluarsa. Berikut tips mengetahui kelayakan kosmetik agar Anda tidak salah dalam memakai kosmetik selama ini.

Tips Mengetahui Kelayakan Kosmetik

sponsor: cream pemutih wajah.

Penyebab Kerusakan Kosmetik

Sebenarnya kosmetik yang masih tersegel dan disimpan di dalam suhu ruang dengan baik, dapat bertahan hingga bertahun-tahun. Namun ketika Anda telah membukanya dan kosmetik telah bersentuhan dengan udara luar, pada saat itu bahan-bahan yang ada di dalamnya akan teroksidasi dan mengalami penurunan kualitas. Maka dari itu Anda harus mengetahui kosmetik tersebut apakah masih dapat digunakan atau tidak. Simak tips mengetahui kelayakan kosmetik brikut ini:

  • Bakteri dan tangan

Setiap Anda menyentuh kosmetik, maka secara tidak kosmetik akan terjangkit dengan berbagai bakteri. Jadi pastikan Anda tidak menyentuh bagian dalam atau isi kosmetik dan segera menutupnya kembali setelah selesai menggunakan.

  • Temperatur udara

Tips mengetahui kelayakan kosmetik adalah dengan memperhatikan suhu udara. Udara lembap dan panas juga dapat memicu perkembang biakan jamur di dalam kosmetik. Karena itu, dianjurkan bagi Anda untuk tidak menyimpan kosmetik di kamar mandi. Simpanlah kosmetik di tempat kering dan tidak mendapatkan sinar matahari secara langsung.

  • Waktu yang Tepat untuk Membuang Kosmetik

Tidak semua kosmetik memberikan informasi mengenai tanggal kadaluarsa. Berikut tips mengetahui kelayakan kosmetik yang masih dapat Anda gunakan atau tidak.

  • Maskara dan eyeliner

Dua produk ini adalah kosmetik dengan daya tahan paling pendek jika dibandingkan dengan kosmetik lainnya. Gantilah dua produk ini setiap 4 bulan sekali. Namun untuk eyeliner pensil, karena berbentuk cair maka dapat bertahan lebih lama yaitu selama kurang lebih dua tahun.

  • Lipgloss dan lipstik

Sama halnya seperti maskara, lipgloss juga mudah sekali terekspos dengan bakteri. Gantilah lipgloss Anda paling tidak setiap enam bukan sekali atau ketika Anda telah mencium aroma yang aneh dari lipgloss tersebut, lipgloss telah berubah warna, atau lipgloss telah menjadi kering.

  • Kosmetik wajah

Bedak dan semoa kosmetik yang berbentuk bubuk seperti blush on dan eye shadow, dapat Anda gunakan selama 18 hingga 24 bulan. Namun jika kosmetik tersebut telah mengeluarkan aroma kimia atau aroma aneh lainnya dan telah berubah warna, maka sebaiknya Anda segera mengganti kosmetik tersebut walaupun kosmetik tersebut masih terbilang baru.

Untuk kosmetik wajah berbahan dasar cairseperti blus on, foundation cair, eye shadow creem, dan sejenisnya, kosmetik ini hanya mampu bertahan hingga enam bulan.

Demikian tips mengetahui kelayakan kosmetik secara mudah. Semoga dengan adanya informasi ini, Anda menjadi lebih mengerti untuk menentukan kosmetik mana yang masih dapat Anda gunakan atau sudah tidak layak pakai. Semoga bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top