Career Tips

Tips Mengendalikan Emosi di Tempat Kerja

Saat ditempat kerja dengan berbagai kondisi yang ada dan bahkan bisa sangat memicu emosi Anda maka Anda membutuhkan Tips Mengendalikan Emosi di Tempat KerjaSituasi di kantor yang terkadang menunjukan tingkat emosi yang tinggi membuat Anda bis terpancing emosi dengan mudahnya. Jika Anda hanya menuruti emosi tentu akan membuat suasana kerja tidak nyaman dan suasana kantor akan berubah menjadi situasi yang canggung dan bisa-bisa Anda tidak betah untuk berada di kantor tersebut.

Tips Mengendalikan Emosi di Tempat Kerja

Sponsored by: cream pemutih wajah

Apalagi jika masalah yang ditimbulkan sebenarnya merupakan masalah  yang biasa dan sangat sederhana maka tidak bagus jika kemudian menjadikan masalah tersebut menjadi masalah yang besar. Kondisi emosi yang tidka stabil juga akan membuat suasana hati orang sekantor menjadi tidak baik yang nantinya akan mempengaruhi tingkat produktifitas. Anda pun pasti juga akan terganggu karena tidak bisa lebih produktif lagi dalam bekerja dan justru hanya terkuras untuk emosi semata. Berikut ini cara untuk mengendalikan emosi di tempat kerja supaya tidak berlebihan.

  1. Tenangkan Diri

Saat Anda sudah  mulai terpancing dengan situasi atau kondisi seseorang maka yang perlu Anda lakukan adalah dengan menenangkan diri Anda terlebih dahulu. Jangan langsung mengeluarkan emosi begitu saja hanya karena masalah yang Anda hadapi, tetapi Anda bisa untuk menyimpannya terlebih dahulu sambil terus menenangkan diri. Cara untuk menenangkan diri disini bisa dengan menarik napas panjang, minum air putih ataupun pergi dari tempat yang membuat Anda emosi. Hal ini bisa membantu Anda untuk bisa lebih mengendalikan emosi dan menekan emosi Anda hingga Anda pun menjadi lebih tenang.

  1. Bersikap Besar Hati

Emosi yang tinggi dan sebagaimana pun besarnya jika Anda berusaha untuk membesarkan hati maka hawa dan ego untuk emosi itu pun akan hilang dengan sendirinya. Anda harus selalu bersiap untuk memiliki hati y ang besar sehingga ketika ada satu hal yang tidak sesuai dengan hati dan pikiran Anda, Anda tidak langsung terpancing untuk langsung emosi dan marah-marah. Dengan hati yang besar dan lapang ini akan membuat Anda juga lebih mudah untuk bisa meredakan emosi dengan lebih baik lagi.

  1. Kenali Diri Sendiri

Berada dilingkungan dimana tempat mempersatukan Anda dengan orang banyak membuat Anda harus berpikir dengan baik dan paham betul siapa diri Anda. Mengenal diri Anda sendiri akan membuat Anda tidak mudah tersinggung, kecewa dan merasa marah ketika ada orang lain yang berkomentar ataupun juga menilai diri Anda. Mengenali diri sendiri juga akan membuat Anda lebih tahu bagaimana meredakan emosi Anda. Dengan meredekan emosi menggunakan cara yang benar dan tepat maka Anda tidak akan mudah terpancing emosi saat di tempat kerja.

  1. Tahu Kapan Bicara

Saat orang lain menillai pekerjaan Anda dan bahkan memberikan komentar pada diri Anda pasti Anda ingin untuk langsung memberikan jawaban dan balasan dari setiap perkataan yang dilontarkan oleh teman Anda tersebut. Tetapi, sebaiknya demi mendapatkan emosi yang lebih tertata dan bisa lebih tenang maka sebaiknya Anda lebih tahu kapan waktu yang tepat bagi Anda untuk berbicara. Jangan hanya mudah untuk terpancing dan kemudian berkata yang tidak-tidak karena hal ini hanya akan membuat suasana kantor menjadi ramai dan bisa memicu konflik.

  1. Jangan Masukan Dalam Hati

Rekan-rekan yang ada di kantor Anda pasti akan memiliki watak dan juga karakter yang berbeda. Baik itu dari segi cara berbicara, tingkah aku ataupun hal yang lainnya. Saat Anda berada ditempat dimana ada banyak orang maka setiap perkataan tidak perlu untuk langsung Anda telan mentah-mentah. Tidak semua perkataan harus dimasukan dalam hati. Sebab, jika hal ini terjadi maka akan membuat Anda nantinya capek sendiri dengan kritikan ataupun perkataan yang kurang menyenangkan dihati.

  1. Siap Terima Kritikan

Berada di kantor berarti Anda harus menerima jika ada banyak gagasan dan ide dari orang banyak ditempat tersebut. Ketika mungkin ada orang yang berkomentar kepada Anda tentang ide-ide yang mereka miliki dan bahkan mengkritik dengan pedas maka jadikan hal itu sebagai saran yang membangun. Siapa tahu jika memang kritikan yang diberikan oleh teman Anda tersebut adalah kritikan yang bagus dan tidak seharusnya untuk Anda abaikan.

  1. Alihkan Pikiran

Saat Anda akan mulai untuk berpikir emosi dan tidak bisa meredamnya segera alihkan energi dan pikiran Anda untuk hal-hal yang lebih positif lagi. Misalnya saja hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan olahraga sepulang dari kantor ataupun langsung melakukna pekerjaan lain yang akan membuang Anda dari pikiran tersebut. Dengan menyalurkan pada hal-hal yang lebih positif maka Anda pun tidak akan memiliki waktu hanya untuk emosi dan berpikir yang tidak baik.

  1. Perbaiki Diri Sendiri

Bisa jadi hal yang kurang baik itu datang dari diri Anda sendiri sehingga Anda pun seharusnya juga melakukan evaluasi dari diri Anda sendiri. salah satu hal yang harus Anda perhatikan adalah perbaiki bagaimana cara Anda berkomunikasi dengan orang-orang yang ada dilingkungan kerja Anda. Dengan cara berkomunikasi yang baik maka Anda pun akan lebih bisa mendapatkan perilaku baik dari teman sekantor Anda.

Berbagai cara diatas bisa menjadi cara terbaik untuk Anda menghindari konflik karena bisa lebih mengendalikan emosi Anda. Jika hanya meladeni rasa emosi Anda maka Anda pun akan menjadi seseorang yang selalu mengalami masalah dan bisa jadi membuat Anda dikucilkan ditempat kerja Anda.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top